Brilio.net - Model dan aktris cantik Tamara Bleszynski baru saja membuat pengakuan yang mengejutkan publik. Lewat unggahannya di akun Instagram, Tamara Bleszynski mengaku dirinya mengidap disleksia. Ia mengalami kesulitan membaca dan mengingat urutan alfabet.

Disleksia merupakan gangguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, menulis atau mengeja. Penderita disleksia biasanya akan kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan serta mengubahnya menjadi huruf atau kalimat. Meskipun seseorang mengidap disleksia dalam belajar, penyakit ini tidak memengaruhi tingkat kecerdasannya.

Lewat Instagramnya, aktris cantik Tamara Bleszynski menjelaskan jika ia mengalami kesulitan membaca yang benar. Ia juga menambahkan kalau huruf-huruf yang ia lihat seolah menari.

Ternyata tak hanya wanita kelahiran 25 Desember 1974 ini saja yang mengidap disleksia. Beberapa aktris terkenal lainnya juga diketahui mengalami hal yang sama.

Siapa saja mereka? Brilio.net telah menghimpun dari berbagai sumber, Selasa (7/1), deretan seleb yang mengaku idap disleksia.

Loading...
2 dari 3 halaman

1. Tamara Bleszynski.

foto: Instagram/@tamarableszynskiofficial

Lewat unggahannya di Instagram pada Senin (6/1) malam, Tamara Bleszynski membagikan foto kala ia sedang berada di atas panggung sambil memegang kertas. Unggah foto tersebut, caption wanita berusia 45 tahun ini pun curi perhatian. Ia mengungkapkan jika dirinya pengidap disleksia.

"Aku dulu punya kesulitan utk membaca yg benar, karena huruf2 seperti menari2 bagiku. E menjadi G, A menjadi B dll..dan susah bagiku utk mengingat urutan alphabet yg simpel. Karena huruf2 menari2 dlm ingatanku, berbeda dgn tulisannya..walau sdh pakai kaca mata. Tapi semangatku utk mengingat semua naskah, lebih besar dari kekuranganku #dislexia #perjuangan #seniperan #tamarableszynski" tulisnya dikutip oleh Liputan6.com.

Meski demikian, Tamara memiliki semangat yang besar untuk mengingat semua naskah saat masih aktif dalam dunia seni peran dulu.

2. Deddy Corbuzier.

foto: Instagram/@mastercorbuzier

Sebelumnya, Deddy Corbuzier juga pernah mengungkapkan jika dirinya mengidap disleksia. Pengakuannya ini bahkan sempat mengagetkan publik. Menjadi pengidap disleksia, Deddy sempat merasa sulit belajar dan menghafal berbagai hal.

"Saya lahir dengan disleksia. Saya sempat tidak naik kelas dua kali berturut-turut karena saya enggak ngerti apa yang guru saya ajarkan," ucapnya dalam salah satu video di Channel YouTube-nya.

Bahkan Deddy sempat dianggap bodoh, sampai akhirnya ia baru tahu jika dirinya mengalami disleksia. Bahkan Azkanio Nikola Corbuzier juga mengalamai hal yang sama seperti ayahnya. Meski Azka mengidap disleksia, Deddy merasa bangga karena Azka berhasil lulus dan meraih gelar lulusan terbaik di sekolahnya.

3 dari 3 halaman

3. Tom Cruise.

foto: Instagram/@tomcruise

Sebagai aktor terkenal di Hollywood, Tom Cruise ternyata mengidap disleksia. Cruise menyadari jika dirinya mengidap disleksia sejak ia berusia tujuh tahun. Mengidap penyakit yang jarang diketahui, ia sempat mencoba menyembunyikan dari rekan-rekannya dan memberitahu jika dirinya sebagai orang yang 'buta huruf fungsional'.

Saat Cruise mulai gemar dunia akting di usia 19 tahun, Cruise menyadari jika ketidakmampuannya membaca menahan kariernya. Ia pun mengadopsi metode pembelajaran L. Ron Hubbard.

4. Keira Knightley.

foto: Instagram/@keiraknightley

Aktris cantik yang sudah membintangi belasan judul film, Keira Knightley, ternyata juga pengidap disleksia. Bintang film Pirates of the Caribbean ini didiagnosa mengidap disleksia saat usianya enam tahun.

Tahu mengidap disleksia, Keira justru menjadi lebih bersemangat. Ia bahkan berhasil mendapatkan nilai terbaik semasa sekolah.

"Saya mendorong diri saya untuk menghentikan disleksia dan ketika saya menyelesaikan sekolah, saya memiliki nilai tertinggi," tutur Keira Knightley, dikutip dari Telegraph.

5. Keanu Reeves.

foto: Kapanlagi.com

Tak banyak yang tahu jika Keanu Reeves tak berhasil menamatkan pendidikannya akibat disleksia yang ia idap.

"Karena saya memiliki masalah membaca, saya tidak bisa jadi murid yang baik. Saya tidak dapat menyelesaikan sekolah menengah atas. Saya banyak berpura-pura sebagai anak kecil. Itulah cara saya mengatasi kenyataan dalam diri saya sendiri," ucapnya, dikutip dari Psychology Degree.

RECOMMENDED BY EDITOR