Brilio.net - Menjadi istri sekaligus seorang ibu bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih bagi mereka yang memutuskan untuk tetap aktif bekerja dan tidak memiliki baby sitter guna membantu mengasuh anak-anaknya. Hal tersebut pun turut dirasakan oleh model sekaligus istri pesepak bola Irfan Bachdim, yakni Jennifer Bachdim.

"Kita sebagai seorang ibu adalah tumpuan dari keluarga, kita menjadi orang yang menjaga keutuhan dan kebahagiaan dalam keluarga! Tapi selain itu, kita juga memiliki banyak tanggung jawab lain seperti memasak, mencuci baju, bekerja, dan lain sebagainya. Saya tahu sangat sulit untuk melakukan segalanya sendiri dan dalam satu waktu," tulis Jennifer Bachdim dalam sebuah unggahan di Instagram Story-nya.

Menariknya, kondisi tersebut tak menjadi masalah besar bagi Jennifer. Nyatanya, di tengah kesibukan dalam bekerja, ia tetap bisa dan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk merawat dan mendidik ketiga anaknya, Kiyomi, Kenji, dan Kiyoji.

Lebih jauh, dalam sebuah kesempatan tanya-jawab di media sosialnya, Jennifer juga menuturkan bahwa ia tak pernah marah kepada buah hatinya meski dirinya sedang kelelahan. Di saat yang bersamaan, perempuan kelahiran 1987 ini lantas membagikan sejumlah cara bagaimana ia mengasuh ketiga anaknya.

Nah, lalu seperti apa ya tips parenting dari Jennifer Bachdim ini? Yuk, simak selengkapnya 6 cara Jennifer Bachdim asuh buah hati, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (5/6).

1. Mencintai diri sendiri.

tips parenting Jennifer Bachdim © Instagram

foto: Instagram/@jenniferbachdim

Meski kerap dianggap sebelah mata, tips yang satu ini nyatanya sangat penting bagi Jennifer. Pasalnya, jika kita tidak peduli dan tak menyayangi diri sendiri, maka bukan tidak mungkin jika kita akan mengalami kesulitan saat merawat anak.

Lebih jauh, dengan menyayangi diri sendiri, maka suasana hati pun menjadi lebih positif, sehingga orang-orang di sekitar dapat lebih merasa senang dan nyaman.

"Everything starts with selflove, love yourself, find your happiness. If you're happy you'll spread and attract happiness," tulis Jennifer.

2. Mengajak anak bermain dan mengandalkan kreativitas.

tips parenting Jennifer Bachdim © Instagram

foto: Instagram/@jenniferbachdim

Cara parenting Jennifer yang selanjutnya ialah memperbanyak waktu untuk menemani anak bermain. Di saat yang sama, Jennifer juga menekankan bahwa sebagai seorang ibu, kita harus kreatif saat berkegiatan bersama anak-anak.

"Berusaha kreatif lah bersama anak-anak, banyak ngobrol, main games. Selama weekday aku akan mengajak mereka main, membaca, dan bikin prakarya," ungkap Jennifer.

3. Membatasi penggunaan gadget.

tips parenting Jennifer Bachdim © Instagram

foto: Instagram/@jenniferbachdim

Poin selanjutnya yang tak kalah penting ialah membatas penggunaan gawai. Dalam hal ini, Jennifer hanya memperbolehkan anak-anaknya memakai gadget dan menonton TV saat akhir pekan.

"Kami tak memperbolehkan mereka memakai gadget ataupun nonton TV saat weekday. Namun di akhir pekan mereka diperbolehkan nonton film dan main iPad selama 1 jam," tulis Jennifer.

4. Mendongeng.

tips parenting Jennifer Bachdim © Instagram

foto: Instagram/@jenniferbachdim

Di samping menemani dan anak-anaknya bermain, kakak dari pesepak bola Kim Kurniawan ini juga rutin mengajak buah hatinya untuk mendongeng. Hal tersebut penting dilakukan guna mengasah imajinasi anak-anaknya.

"Teddy Bear Storytelling Time. To me it’s so important to educate your kids through books, toys, playing together rather than gadgets like iPad, phone or TV!" ungkap istri Irfan Bachdim.

5. Sabar dan memberi pengertian.

tips parenting Jennifer Bachdim © Instagram

foto: Instagram/@jenniferbachdim

Meski terkadang anak-anaknya bertingkah kurang menyenangkan, Jennifer mengaku bahwa ia tak pernah memarahi mereka. Alih-alih berbicara dengan nada tinggi, Jennifer tetap berusaha tenang.

"Betul, aku sabar dan aku tidak suka berteriak. Pasti kalau anak-anakku tidak mendengarkan aku tetap tenang. Tapi I'll still make sure they'll know this isn't right and they must have to listen to Mama," tulis Jennifer.

6. Memberi contoh yang baik.

tips parenting Jennifer Bachdim © Instagram

foto: Instagram/@jenniferbachdim

Jennifer menyadari bahwa pada dasarnya anak-anak belum sepenuhnya mengerti mana yang benar maupun yang salah. Oleh karenanya, alih-alih terlalu banyak memberi nasihat, istri Irfan Bachdim ini lebih memilih untuk memberikan contoh yang baik. Selain lebih efektif, hal tersebut juga dipandang sebagai sesuatu yang lebih mudah dipahami oleh sang anak.

"You are their biggest role model, be a good example," tulisnya.

(brl/gib)

RECOMMENDED BY EDITOR