Brilio.net - Memiliki buah hati tentu idaman bagi setiap pasangan yang telah menikah. Tak terkecuali bagi pasangan selebriti Tanah Air. Namun, mempunyai anak kecil tentu harus menyiapkan banyak stok sabar. Kesabaran ini diperlukan untuk mengurus buah hati. Sebab bukan hal yang mudah menjadi orangtua karena sering kali merasa penat dan kesal.

Kondisi ini juga dialami oleh Alyssa Soebandono. Istri dari Dude Harlino itu mencurahkan isi hatinya lewat Instagram pribadi. Ia mengunggah foto kedua putranya dan menceritakan tentang tak mudahnya mengurus dua buah hati yang masih kecil.

Tak bisa dipungkiri kadang lelah dengan tingkah kedua buah hatinya yang sangat aktif. Keaktifan putranya pun terkadang membuat kondisi rumah Alyssa tak pernah rapi dan justru lebih mirip dengan kapal pecah.

ungkapan alyssa soebandono tak mudah urus dua putra instagram

foto: Instagram/@ichasoebandono

Loading...

"Sudah Sana, Peluk Mereka. Memiliki dua anak lelaki bukanlah perkara mudah. Kurasa begitu pula dengan anak perempuan. Jika ditanya lelah? Wah... tentu saja. Tak dapat dipungkiri. Penat sering melanda. Ruangan yang setiap saatnya hampir seperti kapal pecah, belum lagi jika ada ambekan karena hal yang mereka inginkan belum tercapai. Rasanya seperti ingin meledak, yah," tulis Alyssa.

Tak jarang aktris kelahiran 25 Desember ini ingin istirahat sejenak dari tugasnya. Hal tersebut dibutuhkan untuk meredam emosi yang kadang terjadi saat ia merasa kesal dengan kelakuan buah hatinya yang masih kecil.

"Aku pun tak jarang merasa ingin menarik diri sejenak, agar tak tersulut emosi, karena memang itulah anak-anak. Terkadang suka luput dari ingatan, bahwa anak-anak bukanlah orang dewasa. Fase yang sangatlah berbeda jika ingin disamaratakan," tambahnya.

Namun sebagai orang tua, kadang Alyssa sering lupa dan tak menyadari jika setiap anak lahir dan tumbuh dengan kemampuannya masing-masing. Perbedaan pola pikir dari kedua anaknya tentu juga tak bisa disamakan begitu saja.

"Terlebih, sering lupa dan tak sadar jika setiap anak adalah bibit unggul yang berbeda. Sama seperti orang dewasa, yang tak sama dalam cara berpikir; meskipun mereka saudara. Iya yah... aku salah jika memberikan pola asuh yang sama kepada mereka," terangnya lebih lanjut.

Di saat ia sedang rehat sejenak, aktris seni peran yang populer saat berperan sebagai Nadia dalam sinetron Inikah Rasanya ini pun merenung dengan memikirkan lebih jauh mengenai pola asuh terhadap anak.

ungkapan alyssa soebandono tak mudah urus dua putra instagram

foto: Instagram/@ichasoebandono

"Renungan ini menjadi semakin dalam. Pikiranku berlayar jauh. Apakah mereka tahu arti dari berantakan? Atau mungkin tentang berbagi dengan adik atau kakaknya? Kurasa tidak. Yang mereka tahu hanyalah bersenang gembira dengan dunianya; menganggap semua layak untuk dikerjakan," kata Alyssa.

Alyssa pun mengajak kepada seluruh bunda untuk tidak selalu menyalahkan anak ketika mereka melakukan kesalahan. Rasa penasaran anak kecil masih kepada sesuatu hal karena tahap pencarian jati diri. Orang tua pun perlu memberikan pengertian yang baik dan mendukung sang anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang potensial.

"Bukan... mereka tidak salah, jangan kau salahkan mereka, Bunda. Biarkan mereka tumbuh dengan baik dengan segala potensinya... adalah hal yang bisa kuberikan saat ini. Sembari memastikan, agar tak salah mengarahkan mereka; setidaknya memupuk dari sekarang perilaku baik, pemikiran baik," ungkapnya.

Meskipun tidak mudah namun Alyssa yakin bahwa para orangtua mampu melakukannya. Daripada terus menerus menyalahkan, ia pun menyampaikan bahwa ini saatnya untuk memeluk anak-anak dan mengasihi mereka sepenuh hati.

"Tak mudah... aku tahu. Tapi bukankah kamu juga yang menginginkan kehadiran mereka? Mengapa kau sia-siakan. Sekarang... sudah sana. Tunggu apalagi. Jika mereka didekatmu, peluk mereka dengan tulus dan katakan "Bunda sayang kalian". Selamat mengasihi, Bunda hebat," ucapnya di akhir cerita.

RECOMMENDED BY EDITOR