Brilio.net - Indonesian Idol masih menunjukkan taringnya sebagai salah satu program pencarian bakat yang banyak difavoritkan. Setelah sukses melahirkan idola baru seperti Lyodra, Tiara Andini dan Ziva Magnolia, Indonesian Idol kini siap kembali dengan musim ke-11.

Berbeda dari musim-musim selanjutnya, Indonesian Idol untuk musim ke-11 ini diberi judul 'Special Season Indonesian Idol: A New Chapter'. Beberapa perubahan pun tampak menghiasi warna baru Indonesian Idol musim ini. Salah satunya format audisi yang dilakukan secara daring karena masa pandemi.

Tak hanya itu, formasi juri Indonesian Idol juga terlihat mengalami perubahan. Jika musim sebelumnya Bunga Citra Lestari menjadi bagian dari juri, maka kini Rossa dipercaya untuk bergabung bersama Ari Lasso, Maia Estianty, Anang Hermansyah dan Judika di kursi juri.

Perubahan tak hanya menghiasi jajaran juri, Daniel Mananta yang selama delapan musim juga tak lagi menjadi host Indonesian Idol. Dipercaya menjadi host sejak 2006, nama Daniel Mananta seolah sudah identik banget dengan Indonesian Idol.

Melalui akun Instagram pribadinya, presenter yang mengawali kariernya sebagai VJ MTV ini menuliskan kalimat perpisahan. Mengunggah potretnya bersama Bunga Citra Lestari saat berada di panggung, Daniel mengungkapkan perpisahan yang ia pilih terasa berat.

Loading...

Daniel Mananta pamit dari Indonesian Idol © Instagram

foto: Instagram/@vjdaniel

"To my beloved Indonesian Idol.. ada pertemuan pasti ada perpisahan, sayangnya perpisahan jadi sangat berat kalau rasa sayang itu sudah teramat dalam," tulis Daniel Mananta pada penggalan caption-nya, seperti dikutip brilio.net pada Senin (16/11).

Meski begitu, ayah dua anak tersebut sadar betul bahwa rasa sayang yang ia miliki tak bisa membuat dirinya terus memiliki. Sejak tayang pada 2004, Daniel Mananta menjadi host terlama Indonesian Idol. Daniel tercatat mengisi posisi host sejak 2006 hingga 2020.

"Suatu saat kita harus bisa rela melepaskannya, karena apa dan siapapun yang kita cintai hanya bisa kita punyai, namun tak bisa kita miliki. Semua kepunyaan kita hanyalah milik Tuhan," pungkasnya.

Sementara itu, melalui akun Instagram officialnya, Indonesian Idol mengumumkan bahwa Boy William bakal menjadi host baru menggantikan Daniel Mananta.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indonesian Idol (@indonesianidolid)

Unggahan yang berisi ungkapan perpisahannya tersebut pun mendulang beragam respons dari para pengguna media sosial. Meski banyak yang menyayangkan ketidakberadaan Daniel Mananta sebagai host, namun tak sedikit juga yang memberi dukungan penuh terhadap langkahnya tersebut.

"Indonesian Idol tanpa Daniel bagaikan ambulans tanpa uwing2," tulis akun @nitahasmantara.

"Ku menangis membayangkan betapa sedihnya dirikuu tanpa dirimuuu kak @vjdaniel di Indonesia idol.. siapa lgi yg beraniii usilinn juri yg usil ituu kecuali kk," ungkap akun @medinagumaisyah.

"bukan indonesian idol apabila tanpa daniel," tambah akun @rosaliamargareta.

"Thank you kak, udah jadi host yg gokil banget selama di idol, so proud of you," kata akun @reylaotong16.

"Kenapa bukan kak daniel lagi host nya?? Semangat buat kak daniel @vjdaniel Semangat buat kak unge @bclsinclair," imbuh akun @jeffsbstian.

RECOMMENDED BY EDITOR