Brilio.net - Nyi Roro Kidul adalah sesosok roh atau dewi legendaris Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Tokoh ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudera Hindia) dan secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain.

Di Indonesia sendiri, kisah Nyi Roro Kidul tersebut banyak diangkat ke film layar lebar dan sinetron. Seringkali yang memerankan tokoh Nyi Roro Kidul tersebut adalah Suzzanna. Suzzanna Martha Frederika van Osch yang populer dengan nama Suzzanna adalah bintang film horor Indonesia yang berkecimpung di dunia layar perak sejak tahun 1950-an hingga 1990-an.

Wanita bergelar 'Ratu Film Horor Indonesia' ini terkenal lewat film-film panas dan mistik seperti Bernapas Dalam Lumpur (1970), film legendaris Beranak Dalam Kubur (1971), Pulau Cinta (1978), dan Ratu Ilmu Hitam (1981).

Tapi tahukah kamu, kalau ternyata banyak juga wanita cantik yang pernah memerankan tokoh Nyi Roro Kidul selain Suzzanna. Penasaran kan?

Berikut deretan wanita cantik yang pernah memerankan karakter Suzzanna, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/3).


1. Moudy Wilhemina.

Peran Nyi Roro Kidul Selain Suzzanna  © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Moudy Wilhelmina adalah seorang aktris dan model yang memulai karier lewat ajang GADIS Sampul 1989 sebagai juara favorit. Ia pernah berperan sebagai Nyi Roro Kidul dalam format sinetron kolosal produksi Genta Buana Paramita yang berjudul Nyi Roro Kidul yang ditayangkan di Indosiar pada tahun 2003.

Pemain utama di sinetron ini selain Moudy Wilhelmina adalah Revi Mariska, Choky Adriano, Jill Carissa, Afdhal Yusman, Errina GD, Lilis Suganda dan masih banyak lagi.


2. Julia Perez.

Peran Nyi Roro Kidul Selain Suzzanna  © 2017 brilio.net

foto: pinterest.com

Julia Perez atau sering disingkat Jupe adalah penyanyi dangdut, model, aktris, presenter dan television personality. Ia pernah memerankan sosok Nyi Roro Kidul dalam suatu proyek pemotretan.

Pameran foto tersebut menceritakan cerita rakyat bertajuk 'Alkisah'. Pada kesempatan itu, pelantun lagu 'Belah Duren' ini berpose layaknya 'Nyai Roro Kidul'.


3. Fifie Buntaran.

Peran Nyi Roro Kidul Selain Suzzanna  © 2017 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Fifie Buntaran dikenal sebagai bintang sinetron dan film layar lebar. Sebagai bintang sinetron, Fifie pernah membintangi sinetron 3 Cewek Bintang dan Dimanakah Cinta.

Ia juga pernah memerankan sosok Nyi Roro Kidul di film Pantai Selatan. Pantai Selatan adalah film horor Indonesia yang dirilis pada 26 September 2013. Film ini dibintangi oleh Fifie Buntaran, Dewi Perssik dan Ricky Perdana.


4. Tiffany Jane.

Peran Nyi Roro Kidul Selain Suzzanna  © 2017 brilio.net

foto: youtube.com

Tiffany Jane adalah aktris yang telah malang melintang di dunia sinetron laga. Ia pernah memerankan sosok Nyi Roro Kidul di sinetron berjudul Kutukan Ratu Pantai Selatan.

Selain itu, ia juga pernah berperan di sinetron Brama Kumbara, Damarwulan dan Angling Dharma.