Brilio.net - Di tengah persaingan industri hiburan yang ketat, saat ini makin banyak seleb yang mengasah kemampuannya di bidang lain. Tak hanya seleb, bahkan sederet musisi Tanah Air ini juga banyak yang melirik profesi lain sebagai sambilan.

Mereka menyadari bahwa keeksisan di dunia hiburan tidak selamanya akan dipegang. Sambilan yang sedang marak adalah bisnis kuliner milik artis.

Namun, ada juga musisi yang mencoba melakoni profesi lain. Salah satunya menjajal untuk menjadi sutradara. Pengalaman di industri hiburan Tanah Air yang sudah dimiliki tentunya bisa menjadi pegangan mereka. Belum lama ini musisi yang sedang banyak dibicarakan adalah Tompi. Pasalnya, Tompi menjajal debut sebagai sutradara di film Pretty Boys.

Tompi bisa dibilang sebagai orang yang serba bisa. Mengawali karier sebagai dokter bedah, Tompi lalu terjun ke dunia tarik suara sebagai penyanyi jazz. Tak lama setelah vakum dari industri musik, Tompi pun menemui bidang fotografi. Dan kini, ada satu lagi keahlian Tompi yang telah diakui publik, yakni menjadi sutradara.

Seperti diketahui, Pretty Boys adalah film debut Tompi sebagai seorang film maker. Di luar dugaan, film itu telah menyabet angka 500 ribu penonton setelah 11 hari tayang. Kesuksesan tersebut pastinya menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

Loading...

Namun demikian, selain Tompi ada juga musisi Tanah Air yang juga menjajal menjadi sutradara. Untuk kamu yang penasaran, berikut 5 musisi yang ternyata juga raih kesuksesan dengan menjadi sutradara, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/10).

1. Piyu Padi.

Musisi ini sukses jadi sutradara Instagram

foto: Liputan6.com

Tak ada yang meragukan kapasitas mantan gitaris band Padi, Piyu untuk urusan bermusik. Di dunia itulah, Piyu menjelma menjadi musisi besar karena melahirkan banyak karya berkelas dan diminati masyarakat. Tapi, apa jadinya jika Piyu yang dikenal sebagai musisi justru banting stir menjadi sutradara film?

Hal itulah yang terjadi dalam salah satu cerita berjudul Jernih yang terdapat dalam film Aku Cinta Kamu. Dalam film produksi Starvision tersebut, Piyu bertindak sebagai sutradara untuk cerita yang dimainkan oleh Gofar Hilman, Lukman Sardi, dan Manohara.

2. Afgan Syahreza.

Musisi ini sukses jadi sutradara Instagram

foto: Instagram/@afgansyah.reza

Dikutip dari Liputan6, Afgan Syahreza mengaku ketagihan duduk di bangku sutradara setelah pertama kali menyutradarai film layar lebar berjudul Gila Jiwa. Dunia perfilman sendiri sebenarnya bukan hal asing bagi Afgan. Ketika masih SMA ia dan teman-temannya sering membuat film pendek hingga ikut lomba.

Namun, karena lebih fokus ke musik maka Afgan tak melanjutkan hobinya itu. Baru ketika ada tawaran dari aktris Ria Irawan menjadi sutradara pada tahun 2013 lalu, pria berdarah Minangkabau ini pun mengiyakan.

3. Ariyo Wahab.

Musisi ini sukses jadi sutradara Instagram

foto: Instagram/@ariyowahab

Di tengah kesibukannya berkesenian, ternyata musisi sekaligus aktor Ariyo Wahab mempunyai obsesi untuk bekerja di balik layar sebagai sutradara. Karena itu, dia bersemangat sekali ketika sutradara kawakan Garin Nugroho mengajaknya untuk terlibat di program workshop LA Lights Indie Movie 2010-Bikin Film Bareng Artis.

Tak berselang lama setelah itu, Ariyo menyutradarai film pendek yang berjudul Nathalie's Instinct. Cerita itu diambil dari cerita pendek karya Rachmania Arunita yang kemudian ditulis ulang oleh penulis skenario Lintang Pramudya Wardani. Lintang sudah menulis beberapa skenario film populer, seperti Saus Kacang dan beberapa serial FTV.

4. Anggy Umbara.

Musisi ini sukses jadi sutradara Instagram

foto: Instagram/@anggy_umbara

Nama Anggy Umbara memang sudah tak asing lagi di telinga para penikmat film Indonesia. Ia dikenal sebagai sutradara yang bisa dibilang menjamin film arahannya akan menjadi film blockbuster. Udah terbukti kalau film arahannya berhasil memperoleh 1 juta penonton, seperti Comic 8 dan sekuelnya, Comic 8: Casino Kings, hingga film terbarunya yang berhasil memecahkan rekor sensasional sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1.

Dikenal sebagai sutradara dengan karier moncer, ternyata sebelumnya Anggy sempat menjadi seorang rock star dan bergabung dengan sebuah band beraliran metal dengan misi dakwah, Purgatory. Di band ini, Anggy berposisi sebagai disc jockey (DJ).

5. Tompi.

Musisi ini sukses jadi sutradara Instagram

foto: Instagram/@dr_tompi

Seperti diketahui, menjadi seorang sutradara adalah impian Tompi sedari dulu. Jadi tak heran, jika pria berusia 41 tahun ini sangat total saat menggarap Pretty Boys.

"Jadi nyanyi, bikin album, itu bukan mimpi saya. Saya nggak pernah ada cita-cita mau jadi penyanyi sebenarnya. Tapi saya tertarik dengan dunia teater. Saya juga tertarik sama puisi jaman SD, SMP, SMA," ujarnya.

Setelah Pretty Boys, ia sudah mendapat tawaran menyutradarai tiga judul film. Namun, ia belum memutuskan film apa yang akan ia pilih. "Saya lagi milih mau yang mana dulu, doain saja," imbuh Tompi mengakhiri.

RECOMMENDED BY EDITOR