Brilio.net - Ketakutan merupakan hal yang wajar bagi manusia. Namun jika reaksi ketakutannya berlebihan dan dengan objek yang tidak biasa, maka bisa jadi seseorang mengidap fobia. Menurut istilah medis, fobia merupakan gangguan kecemasan yang menyebabkan seseorang mengalami ketakutan yang ekstrem dan tidak rasional.

Deretan selebriti pun ada yang memiliki fobia. Beberapa di antaranya bahkan mengidap fobia dengan buah. Padahal buah-buahan merupakan makanan yang menyehatkan dan sering dikonsumsi dalam keseharian. Para selebriti ini juga sempat mengungkapkan penyebab mengalami fobia. Mulai dari trauma masa kecil, hingga geli dengan bentuk buahnya.

Penasaran siapa saja? Berikut delapan seleb yang punya fobia dengan buah, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (18/9).


1. Raffi Ahmad sudah lama memiliki fobia dengan buah rambutan. Ketakutannya ini sempat menjadi bahan candaan di beberapa program televisi.

foto: Instagram/@raffinagita1717

Dalam sebuah talkshow yang dipandunya, Raffi Ahmad pernah mengatakan jika dirinya memang memiliki ketakutan terhadap rambutan. Bahkan suatu waktu dirinya sempat marah besar kepada Lucinta karena sengaja menaruh rambutan ke kepalanya.


2. Presenter sekaligus komedian, Desta ternyata punya fobia dengan buah pepaya. Menurut Desta, fobianya ini disebabkan karena saat kecil ia selalu disuapi pepaya oleh sang ibu dan harus menghabiskannya.

foto: Instagram/@desat80s

 

Seleb yang kerap menjadi host dalam beberapa acara talk show di televisi swasta ini ternyata memiliki fobia terhadap buah pepaya. Suami dari artis cantik Natasha Rizky ini takut melihat bentuk buah pepaya yang lonjong dan berwarna oranye.

Menurut pria yang hobi bermain BMX ini, mencium bau dari buah pepaya saja bisa bikin dirinya muntah.

"Trauma masa kecil mbah.. Ga bisa diceritain disini..," ujar Desta saat membalas cuitan Sudjiwo Tedjo di Twitter pada 2011 silam.



3. Nindy Ayunda mengalami trauma masa kecil hingga ia mengalami fobia dengan buah pisang. Ketakutannya ini bermula saat melihat ulat kecil di buah pisang yang hampir masuk ke hidungnya.

foto: Instagram/@nindyparasadyharsono



4. Sama dengan Nindy Ayunda, Pongki Barata juga memiliki fobia dengan pisang. Fobianya ini disebabkan oleh trauma saat dulu ia ditakut-takuti bahwa pisang sangat mirip dengan pocong.

foto: Instagram/@pongki_barata

"Saya ini haters pisang. Gk suka sama namanya pisang. Tapi gk pernah tuh saya kalo ketemu pisang saya kata katain..," cuit Pongki di Twitternya pada 2016 lalu. Namun menurutnya saat ini dia sudah mulai 'bersahabat' dengan pisang.




2 dari 2 halaman


5. Audi Marissa memiliki fobia dengan buah durian. Ketika mencium baunya saja, ia sudah merasa mual.

foto: Instagram/@audimarisa



6. Aktris cantik Bollywood, Katrina Kaif memiliki fobia dengan tomat. Ia bahkan pernah menolak tawaran 1 juta dolar untuk iklan saus tomat lho.

foto: Instagram/@katrinakaif



7. Tak terbiasa makan buah sedari kecil, Abhishek Bachchan, putra dari Amitabh Bachanchan ini pun merasa asing dengan buah-buahan. Hingga pada saat harus memakannya, Abishek merasa ketakutan dan mengidap fobia.

foto: Instagram/@bachchan



8. Martin Freeman aktor di film The Hobbit ini juga punya fobia dengan alpukat. Setiap kali disuruh makan alpukat, ia terbayang bahwa buah tersebut seperti batu yang akan masuk dalam tenggorokan.

foto: Instagram/@martin_.freeman