Brilio.net - Sinden merupakan penyanyi tradisional Jawa yang biasanya melengkapi pertunjukan wayang. Berbeda dengan penyanyi pada umumnya, pesinden menyanyikan sebuah lagu diikuti dengan alat musik tradisional.

Dengan cengkok dan suara yang khas, tak banyak orang yang bisa seperti sinden. Bahkan seorang penyanyi profesional pun belum tentu bisa menyanyikan dengan cengkok-cengkok khas sinden.

Tak banyak yang tahu, beberapa artis di Indonesia dulu pernah menjadi pesinden bahkan jauh sebelum dirinya tenar seperti saat ini. Namun, seiring berkembangnya zaman, sinden-sinden sekarang tak hanya mengisi acara-acara pertunjukan pewayangan saja, namun juga sudah tampil mengisi acara di televisi.

Karena selalu tampil dengan suara lembut dan cengkok khas Jawa, tak sembarang penyanyi bisa menjadi pesinden seperti sejumlah penyanyi dan artis-artis ini. Berikut 8 seleb cantik yang pernah jadi pesinden, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.


1. Soimah Pancawati.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@showimah

 

Sebelum terkenal dan menjadi juri di ajang pencarian bakat, Soimah dulunya dikenal sebagai sinden yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Suara Soimah saat nyinden memang sudah tidak bisa diragukan lagi.

Keahliannya dalam membawakan tembang Jawa dengan suara yang khas bisa bikin auto merinding. Ditambah lagi, sekarang Soimah selalu berpenampilan menawan dengan makeup-nya yang kekinian.


2. Dewi Gita.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dewigita01

 

Penyanyi pop sekaligus istri dari musisi Armand Maulana ini juga pernah menjadi pesinden. Dewi Gita pernah menjadi sinden di acara dalam acara komedi show di stasiun televisi swasta.

Selain suaranya yang merdu, parasnya yang cantik dengan balutan kebaya tradisional Jawa membuat Dewi Gita semakin anggun menjadi pesinden kala itu.


3. Gisella Anastasia.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com

 

Penyanyi jebolan Indonesian Idol ini juga pernah menjadi sinden. Berasal dari Surabaya, tak heran jika ia masih fasih dalam melantunkan lagu-lagu Jawa saat menjadi sinden. Saat itu, Gisella dipasangkan dengan Dewi Gita menjadi sinden di acara Opera Van Java.


4. Winda Viska.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@windaviska

 

Selain Gisella Anastasia, jebolan Indonesian Idol yang pernah menjadi pesinden yakni Winda Viska. Sebelum menjadi sinden, Winda lebih dulu tenar gara-gara penampilannya sebagai Sisca di sinetron komedi Office Boy (OB).

Ketika menjadi pesinden di Opera Van Java, banyak pemirsa yang tak menyangka bahwa Sisca yang culun bisa benar-benar berubah image-nya ketika bernyanyi.


5. Tata Janeeta.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tatajaneetaofficial

 

Penyanyi yang saat ini tengah mengandung anak pertamanya dengan Raden Brotoseno ini juga pernah menjadi pesinden. Namun, sebelum menjadi pesinden, Tata Janeeta dikenal sebagai personel grup musik Dewi Dewi. Suara Tata Janeeta yang cenderung nge-bass ternyata bisa berubah jadi lembut ketika menjadi seorang sinden.


6. Rina Nose.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rinanose16

 

Rina Nose adalah artis multitalenta. Selain memiliki keahlian membawakan acara dan melawak, Rina juga piawai dalam menyanyikan sebuah lagu. Rina sempat memamerkan suaranya saat masih menjadi sinden Opera Van Java (OVJ). Kini Rina justru sering menggunakan suaranya untuk membuat konten-konten impersonate atau menirukan suara orang lain.


7. Tiwi eks T2.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dewigita01

 

Pemilik nama Prastiwi Dwiarti ini merupakan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat AFI pada 2005. Namanya semakin dikenal oleh masyarakat sejak ia membentuk grup duo T2 bersama rekan yang juga peserta AFI, Tika Ramlan. Selain Gisella Anastasia, Tiwi juga ternyata pernah menjadi pesinden yang dipasangkan dengan Dewi Gita.


8. Memes Prameswari.

seleb pernah jadi sinden © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@memes_prameswari

 

Pemilik nama lengkap Citragama Prameswari ini merupakan penyanyi jebolan X Factor Indonesia tahun 2015. Usai dari X Factor Indonesia, gadis kelahiran 1996 ini menjadi sinden di Opera Van Java pada 2017.