Brilio.net - Jago mengolah komedi di atas panggung, siapa sangka kalau deretan komedian Tanah Air ini justru dikira punya background pendidikan di bidang seni pertunjukan. Saat kuliah, mereka justru mengambil jurusan yang bertolak belakang.

Meski kini menekuni karier yang melenceng jauh dari riwayat pendidikannya, tapi bukan berarti ilmu yang mereka dapat semasa kuliah nggak berguna. Sebaliknya, hampir sebagian dari mereka berpendapat kalau apa yang mereka dapatkan di bangku kuliah tidak sia-sia.

Hal tersebut pernah diungkapkan Denny Cagur dalam channel YouTube Helmy Yahya. Dalam salah satu video, anggota grup lawak Cagur ini berpendapat kalau ilmu saat kuliah yang dia dapatkan punya peran besar dalam perjalanan kariernya di dunia hiburan.

"Oh, sangat (berperan penting ilmu kuliah di dunia hiburan). Orang bilang percuma sekolah tinggi-tinggi jadi pelawak, itu sama sekali salah. Tidak ada yang percuma untuk belajar, karena pendidikan itu kan membentuk pola pikir," ungkap Denny Cagur.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Para komedian ini pun membuktikan kalau jalan menuju kesuksesan bisa datang dari mana saja. Nah, ternyata selain Denny Cagur masih ada beberapa komedian top Indonesia yang bukan lulusan seni pertunjukan.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (17/3), berikut 10 komedian terkenal tersebut.

1. Siapa sangka, kalau Cak Lontong ternyata merupakan lulusan Teknik Elektro dari Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@caklontong

2. Dikenal dengan image kocak dan anak rumahan, Raditya Dika menyelesaikan pendidikan S1-nya di jurusan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI).

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@raditya_dika

3. Tahu nggak sih, kalau Komeng menyandang gelar Sarjana Ekonomi dari Indonesia Banking School?

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@komeng.original

4. Kini dikenal sebagai stand up comedian dan jago main biola, Dodit Mulyanto ternyata bukan lulusan jurusan seni. Ia merupakan lulusan Pendidikan Geografi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@dodit_mul

5. Menempuh pendidikan S1-nya di Universitas Negeri Jakarta, Denny Cagur ternyata merupakan lulusan jurusan Pendidikan Ekonomi.

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@dennycagur

6. Berkarier di dunia seni sejak kecil, Okky Lukman justru tertarik untuk menyelesaikan pendidikan S1-nya di Universitas Nasional (UNAS) jurusan Hukum dan S2 Hukum Pidana Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.  

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@okidatanglagi

7. Nggak punya background pendidikan di bidang seni teater, Pandji Pragiwaksono menyelesaikan pendidikan S1-nya di jurusan Desain Produk Industri Institut Teknologi Bandung (ITB).

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@pandji.pragiwaksono

8. Jago jadi standup comedian, penulis skenario dan sutradara, Ernest Prakasa ternyata merupakan lulusan Hubungan Internasional Unpad.

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@ernestprakasa

9. Satu lagi nih, standup comedian yang juga alumni Unpad. Bukan dari jurusan seni, Uus ternyata merupakan lulusan S1 Sastra Inggris.

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@uusbiasaaja

10. Sama seperti Denny Cagur, Kiky Saputri juga merupakan alumni UNJ. Ia merupakan lulusan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Sebelum terkenal, Kiky bahkan sempat merasakan jadi guru honorer.

Komedian bukan lulusan seni © Instagram

foto: Instagram/@kikysaputrii

RECOMMENDED BY EDITOR