Brilio.net - Musibah tsunami yang terjadi di perairan Selat Sunda akhir Desember lalu masih menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia. Tak terkecuali, bagi keluarga grup band Seventeen yang turut menjadi korban tatkala mengisi acara di Pantai Tanjung Lesung, Minggu, 22 Desember 2018 lalu.

Akibat peristiwa ini, Seventeen kehilangan tiga personelnya dan beberapa kru yang menyertai aksi panggung mereka. Berbagai dukungan dan doa pun mengalir untuk keluarga besar grup band yang sudah 20 tahun berkarya di industri musik Tanah Air ini.

Salah satu bentuk dukungan untuk keluarga Seventeen ditunjukkan melalui konser sekaligus silaturahmi bertajuk 'Untukmu Sahabat: Tribute to Seventeen', Sabtu 28 Desember 2018 di Titik Nol Kilometer, Kota Yogyakarta. Acara tersebut diinisiasi oleh musisi-musisi asal Yogyakarta untuk memberikan dukungan mereka kepada keluarga Seventeen.

Dikemas dalam pertunjukan musik, acara ini sekaligus menjadi panggung reuni musisi dan seniman asal Yogyakarta seperti DGYK (Drummer Guyub YK), Cah Nyanyi YK, Dexter Band, Laf, Megahit, Shakey, Jikustik, JHF (Jogja Hiphop Foundation), Jasmine Elektrik, Istana Band featuring Doni Saputro & Yudhi Rus eks Seventeen. Tidak ketinggalan ada Eross Sheila On 7, Erix Soekamti, Tony Soekamti, Patub Letto dan beberapa musisi Jogja lainnya ikut meramaikan acara.

Ifan Seventeen, sang vokalis juga turut hadir dalam acara tersebut. Dirinya menyampaikan terimakasih dan meminta doa untuk para sahabatnya, Muhammad Bani (bassis), Herman Sikumbang (gitaris), Andi Darmawan (drummer) dan juga dua orang manajemen Seventeen yang telah berpulang akibat tragedi tsunami di Selat Sunda.

Loading...

penyerahan donasi seventeen © 2019 berbagai sumber

foto: istimewa

Acara Tribute to Seventeen ini sekaligus menjadi acara penggalangan dana untuk Keluarga Seventeen. Dana yang terkumpul sepanjang waktu penggalangan akan diserahkan kepada management dan keluarga Seventeen. Penggalangan dana inipun baru berakhir pada 2 Januari 2019. Hingga akhir periode penggalangan, dana yang terkumpul baik dari donasi di lokasi acara hingga donasi melalui rekening, totalnya mencapai kurang lebih Rp 47 juta rupiah.

BACA JUGA: Bukan Seventeen, ini sosok yang ternyata mengaransemen lagu 'Kemarin'

Hasil penggalangan dana inipun disampaikan oleh Yudhi Rus Harjanto, eks gitaris Seventeen melalui akun Instagram pribadinya, seperti dikutip brilio.net, Senin (7/1). Dirinya mengunggah rincian dana yang terkumpul untuk keluarga Seventeen.

penyerahan donasi seventeen © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@joddie_rose

Selain itu, Yudhi juga mengunggah momen penyerahan donasi kepada para keluarga Seventeen. Dalam video yang diunggahnya, donasi tersebut telah seluruhnya diberikan kepada keluarga anggota Seventeen yang menjadi korban tsunami Selat Sunda. Donasi tersebut telah disampaikan secara langsung oleh pihak Jogja Berbakti dan Istana Kepresidenan Yogyakarta kepada keluarga, dan sebagian lainnya disampaikan via rekening keluarga korban.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hari ini melalui @jogjaberbakti dan @istanakepresidenanyogyakarta yang di wakili oleh mas dadik, mas doni dll “ menyerahkan donasi UNTUKMU SAHABAT langsung ke keluarga @seventeenbandid . Matur nuwun ???? terima kasih ???? ?? . #untukmusahabat #jogjaberbakti #seventeenband

A post shared by ROCK N ROLL IS DAD (@joddie_rose) on

Suasana haru pun terlihat dalam momen penyerahan donasi tersebut. Di akhir videonya, ucapan terima kasih disampaikan untuk seluruh pihak yang membantu terlaksananya penggalangan dana sekaligus acara Tribute to Seventeen, serta dukungan yang diberikan untuk keluarga Seventeen yang menjadi korban tsunami di Selat Sunda.

RECOMMENDED BY EDITOR