Brilio.net - Berkarier di industri musik memang tidak bisa ditebak. Sejumlah penyanyi pun akhirnya memutuskan untuk mengubah format penampilan mereka. Dari yang awalnya tergabung dalam sebuah band, mereka lantas memutuskan untuk bersolo karier.

Kendati begitu, ada pula yang memutuskan untuk hengkang dari band karena alasan personal. Mulai dari ketidakcocokan dengan partner kerja hingga orientasi atau visi-misi yang berbeda seiring berjalannya waktu.

Berkaitan dengan itu, berikut telah brilio.net himpun, Senin (21/6), sejumlah penyanyi Indonesia yang sempat bergabung dalam grup band sebelum bersolo karier. Siapa saja, ya?

1. Raisa.

penyanyi solo © berbagai sumber
foto: Instagram/@raisa6690

Sebelum menjadi solois, Raisa diketahui pernah menajdi vokalis band yang digawangi oleh Kevin Aprilio. Namun pada akhirnya ia memilih keluar dan bersolo karier karena merasa kurang cocok.

"Jadi tuh dulu gue ngeband, berdua doang, gue sama Kevin. Jadi piano dan vokal, itu setting yang sempurna buat gue, karena emang penyanyi ballad gitu ya sejatinya. (Tapi) pada akhirnya tuh, kayak gue banyak disalahkan karena mungkin kita nggak instan sukses. Atau kita kasih ke label, terus kayak (dibilang) masih kurang ini, kurang itu. (Akhirnya) gue membuat keputusan yang benar (keluar), ini bukan genre buat gue, ini bukan arahan gue, kalau gue tetap di sana, gue bakal sedih," ujar Raisa dikutip dari channel YouTube Boy William.

2. Rendy Pandugo.

penyanyi solo © berbagai sumber
foto: Instagram/@rendypandugo

Pada awal tahun 2000-an, musisi yang dijuluki sebagai John Mayer Indonesia ini sempat terlibat sebuah proyek duo bernama Di-Da Band. Bersama dengan rekannya, kala itu ia membawakan lagu-lagu bergenre blues dan folk rock. Mereka pun sempat merilis album berjudul ‘Duography’ pada 2011. Lagu Takkan Berakhir menjadi salah satu single andalannya.

Namun pada tahun 2016, Rendy akhirnya memilih bersolo karier. Pada tahun itu, ia pun bergabung dengan label musik Sony Music Entertainment Indonesia dan merilis singel pertama Sebuah Kisah Klasik yang merupakan cover lagu dari Sheila on 7.

3. Pamungkas.

penyanyi solo © berbagai sumber
foto: Instagram/@pamunqkas

Banyak orang pasti tak asing lagi dengan sosok solois yang satu ini. Ya, minimal mereka mengetahui bahwa ia adalah pelantun lagu To The Bone. Akan tetapi, tahukah kamu, sebelum menjadi solois Pamungkas rupanya sempat tergabung dalam sebuah band, lho?

Dilansir dari AntaraNews, Pamungkas sempat menjadi gitaris sekaligus penyanyi latar dalam band Potenzio. Namun pada 2014, ia akhirnya memilih menjadi penyanyi solo karena personel Potenzio yang lain tak ingin tampil di media.

4. Melly Goeslaw.

penyanyi solo © berbagai sumber
foto: Instagram/@melly_goeslaw

Bagi penikmat musik era 90-an, sosok Melly Goeslaw mungkin lebih dikenal sebagai vokalis band Potret. Band yang dibentuk pada tahun 1995 ini digawangi oleh Melly, Anto Hoed, Aksan Sjuman, Nikita Dompas dan Merry Kasiman. Sayang, pada tahun 2015 silam, band tersebut memutuskan untuk bubar.