Brilio.net - Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Tidak ada yang mengharapkan memiliki penyakit. Namun bagaimanapun, datangnya penyakit bukanlah sebuah musibah. Justru kondisi tersebut membuat kita mesti bangkit dari keterpurukan.

Seperti yang turut dirasakan oleh sederet selebriti Tanah Air ini. Didiagnosa mengidap kanker, mereka pun tak menyerah melawan penyakit yang menggerogotinya. Bahkan, mereka terus berjuang dengan menjalani serangkaian pengobatan, salah satunya kemoterapi.

Meski mengalami efek samping yang tidak mudah, mereka semangat untuk bisa sembuh. Begitupun yang terlihat dari sosok Ari Lasso. Juri Indonesian Idol ini harus melakukan pengobatan intensif usai didiagnosa kanker limpa.

Sebelum Ari Lasso, beberapa seleb pernah jalani kemoterapi demi kesembuhannya melawan penyakit kanker. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, perjuangan seleb jalani kemoterapi pada Rabu (17/11).

1. Ari Lasso.

perjuangan seleb jalani kemoterapi © berbagai sumber

foto: Instagram/@ari_lasso

Beberapa waktu yang lalu, Ari Lasso melakukan operasi pengangkatan kanker limpa dari tubuhnya. Kanker Diffuse large B-cell lymphoma (DLBCL) tersebut disebut Ari sebagai salah satu kanker langka.

Meski sudah menjalani operasi, namun ia harus terus melakukan terapi lanjutan dan observasi untuk menyembuhkan penyakit tumor pada limpa primer. Pada Selasa (16/11) kemarin, Ari Lasso mengungkapkan kondisi terbarunya lewat akun Instagram.

Dalam postingannya, Ari menyebut tengah menjalani masa kemoterapi usai dinyatakan mengidap kanker limpa beberapa waktu lalu. Demi pengobatan tersebut, ia memangkas habis rambutnya hingga botak.

"Memberanikan diri posting. Sudah chemo ke-3, sudah separuh jalan, bisa menjalani tentu karena penyertaan TUHAN dan doa serta suport kalian semua," tulis Ari Lasso.

2. Imel Putri Cahyati.

perjuangan seleb jalani kemoterapi © berbagai sumber

foto: Instagram/@imelpc

Hal serupa juga dirasakan oleh Imel Putri. Ia sempat menjalani perawatan intensif beberapa waktu lalu terkait penyakit kanker Liposarcoma. Disebutkan Imel, kanker jenis tersebut merupakan kanker ganas yang langka.

Demi mendapatkan kesembuhan, Imel pun harus menjalani serangkaian kemoterapi. Banyak hal yang harus dialami bintang film Penjaga Gunung Bromo selama menjalani pengobatan. Salah satunya, mengalami kerontokan rambut.

"Masih berjuang untuk kemo (kemoterapi), botak, berat badan naik drastis," tulisnya di akun Instagram.

3. Feby Febiola.

perjuangan seleb jalani kemoterapi © berbagai sumber

foto: Instagram/@febyfebiola_

Berjuang melawan kanker ovarium stadium 1C, Feby Febiola juga harus menjalani kemoterapi demi kesembuhan. Namun hal tersebut tidak mudah bagi Feby. Sebab, tubuhnya merasa kesakitan dan mual.

"Gue merasa kayak badmood, terus pegal-pegal, terus badan kayak ada semut tiba-tiba jalan di mana, sebelah mana terus kayak disetrum-setrum gitu," paparnya saat berbincang di kanal YouTube Maia Estianty.

Setelah 6 kali menjalani kemoterapi dan harus merasakan sakit di sekujur tubuhnya, kini Feby Febiola memetik hasil yang memuaskan. Dari hasil pemeriksaan, tidak ada lagi sel kanker ovarium yang bersarang di tubuhnya.

"Sebuah perjalanan yg tidak mudah..Akhirnya setelah menjalani chemotherapy selama 6X hasil tumor marker aku menunjukan hasil yg luar biasa..semuanya dibawah rata rata..artinya tidak ada sel yg aktif lagi," tulis Feby Febiola di Instagram.

4. Aldi Taher.

perjuangan seleb jalani kemoterapi © berbagai sumber

foto: Instagram/@alditaher.official

Sejak divonis menderita kanker getah bening stadium 2, Aldi Taher harus menjalani serangkaian kemoterapi di rumah sakit. Namun demikian, kemoterapi yang dijalani Aldi tidaklah mudah. Ia selalu merasa tegang saat menjalani kemoterapi karena efek samping yang dirasakan.

"Ada efek obat, suka pusing juga kalau habis kemo. Jadi harus tawakal," ucap pesinetron Emak Ijah Pengen ke Mekah ini, dilansir dari Liputan6.com.

Aldi bercerita bahwa dirinya harus menjalani kemoterapi hingga 8 bulan lamanya sebelum akhirnya dinyatakan sembuh. Dia harus diobservasi selama dua bulan untuk memastikan bahwa sel kanker yang bersarang di tubuhnya benar-benar bersih.

"Alhamdulillah berobat setahun, kurang lebih 8 bulan kemo dan dua bulan observasi," tulis Aldi di Instagram-nya.

5. Titiek Puspa.

perjuangan seleb jalani kemoterapi © berbagai sumber

foto: Instagram/@titiekpuspa_official

Di balik sosoknya yang ceria dan energik, bintang legendaris Titiek Puspa harus menjalani serangkaian pengobatan demi kesembuhan penyakitnya. Divonis kanker rahim stadium 2, ia pun melalui serangkaian kemotrerapi untuk memulihkan kondsisinya.

Jalani kemoterapi di Singapura, Titiek Puspa mengaku tak sanggup karena sakit yang ia rasakan. Bahkan, ini membuatnya ketakutan dan tak bisa tidur.

"Dulu waktu saya di Singapura, waktu saya sakit, 'Ya Tuhan, saya sudah tidak kuat. Ambil saja saya, di mana Tuhan mau naruh saya. Maksudnya mau di neraka atau di surga, sudah ambil saya. Tapi kalau saya masih harus di dunia, berilah saya isyarat," kenang Titiek Puspa dilansir dari Liputan6.com.

Akhirnya, penyanyi yang akrab disapa Eyang ini mencoba salah satu pengobatan alternatif dengan cara meditasi. Menjalani selama 13 hari dengan teknik pernafasan, dokter memberikan hasil kankernya sama sekali tak terdeteksi.

6. Rima Melati.

perjuangan seleb jalani kemoterapi © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Aktris senior yang turut menjalani kemoterapi, yakni Rima Melati. Didiagnosis kanker juga pernah didiagnosa menderita penyakit kanker payudara stadium 3B. Kanker yang menyerangnya ini disebabkan karena kebiasaan merokok sejak usia 16 tahun.

Tak ingin menyerah begitu saja, Rima Melati pergi ke Belanda untuk menjalani kemoterapi. Saat itu, Rima pun harus kehilangan rambutnya karena efek kemoterapi. Namun dengan pengobatan dan perjuangannya, ia berhasil sembuh dan tetap hidup di tengah cinta keluarga.

7. Randi Bachtiar.

perjuangan seleb jalani kemoterapi © berbagai sumber

foto: Instagram/@tasyakamila

Beberapa waktu yang lalu, lewat akun Instagram miliknya, Tasya Kamila mengungkap bahwa sang suami, Randi Bachtiar tengah melawan kanker Limfoma Hodgkin atau kanker getah bening stadium 2.

Rangkaian proses penyembuhan pun dijalani Randi Bachtiar. Seperti operasi, kemoterapi, dan mengikuti proses radiasi untuk mematikan jaringan yang masih menempel di bagian tubuhnya. Setelah berbagai pengobatan dijalani, ia pun dinyatakan sembuh dari penyakit kanker.

"Di tengah berita suram yang kita terima setiap hari, hari ini, kami mengumumkan kabar gembira untuk kalian. Randi secara resmi sudah terbebas dari kanker," dilansir brilio.net dari akun Instagram Tasya Kamila.