Brilio.net - Fenomena menyanyikan ulang lagu atau memakai lagu yang diciptakan salah satu musisi Indonesia atau dunia menjadi hal yang umum dilakukan. Selain itu, mudahnya akses internet dengan teknologi yang canggih menjadikan semua orang dapat menciptakan karya yang kreatif.

Baru-baru ini nama Via Vallen kembali menjadi sorotan lantaran ia diketahui sempat membawakan lagu milik Superman Is Dead yang berjudul Sunset di Tanah Anarki. Selama ini Via memang terkenal sebagi penyanyi yang sering membawakan lagu dari band-band terkenal lainnya.

Tak disangka, Via mendapat teguran dari Jerinx yang merupakan drummer dari Superman Is Dead. Hal tersebut diketahui melalui cuitan Jarinx yang pada, Jumat (09/11/2018). Awalnya drummer dari SID tersebut membalas sebuah cuitan dari penggemarnya terkait dengan single terbaru.

Dalam cuitan menohok Jerinx tersebut dituliskan, "Ngefans tapi sama sekali ga pernah minta ijin bawain lagu SID. Dan lagu ini pesannya besar. Vallen paham gak apa yg ia nyanyikan? Ini bukan ttg nominal. She's DEGRADING the meaning of the song."

Dari cuitan Jerinx tersebut diketahui bahwa selama ini Via Vallen tak pernah meminta izin untuk membawakan lagu-lagu SID. Dalam komentarnya Jerinx mengaskan bahwa dirinya bukan mempermasalahkan soal untung-rugi semata, tetapi jauh lebih berharga dari hal tersebut.

Ternyata kasus serupa juga pernah menimpa beberapa penyanyi Indonesia lainnya. Berikut brilio.net merangkum untuk kamu, Minggu (11/11).

1. Hanin Dhiya.

Penyanyi Plagiat © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@hanindhiyaatys

Lagu berjudul Akad ciptaan Hohammad Istiqamah Djamad atau sering disapa Is ini sempat populer sehingga membuat banyak penyanyi yang meng-cover lagu tersebut. Hanin adalah salah satu penyanyi cover lagu Akad milik Payung Teduh itu. Hanin pernah diketahui menjual cover lagu tersebut di platfrom musik, meskipun kini sudah ditarik.

2. Isyana Sarasvati.

Penyanyi Plagiat © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@isyanasarasvati

Dalam sebuah acara televisi, Isyana Sarasvati membawakan lagu yang berjudul Persahabatan Bagai Kepompong milik Sindetosca. Hal tersebut dikeluhkan sang pemilik lagu melalui akun YouTube-nya sind3tosca. Ia sebagai pencipta lagu tidak menyalahkan Isyana, namun video tersebut sempat menjadi sorotan publik.

3. Inul Daratista.

Penyanyi Plagiat © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@inul.d

Usaha karaoke milik Inul Daratista pernah dituding oleh penyanyi jebolan KDI 2014, Ghivri Lou melakukan pelanggaran hak cipta. Lagu ciptaan Givri yang berjudul Disini Tuh Nggak Sakit masuk dalam daftar lagu karaoke milik Inul Daratista. Hal tersebut membuat Ghivri sebagi pencipta lagu merasa tidak dihargai.

4. Siti Badriyah.

Penyanyi Plagiat © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@sitibadriyah

Pelantun lagu Lagi Syantik ini juga pernah tersandung kasus dugaan plagiat oleh Syahrini. Sayhrini mengatakan, jargon syantik miliknya dipakai oleh Siti Badriyah atau Sibad untuk mendapatkan uang. Ia mengaku kecewa dan menyayangkan perlakukan Sibad tersebut karena tidak mengakui Syhrini sebagai sumber inspirasinya.