Brilio.net - Film Bollywood memang tak bisa lepas dari nyanyian dan tarian. Seorang aktor atau aktris biasanya turut menjadi penari yang tampil paling depan. Namun jarang di antara aktor itu yang menjadi pengisi lagunya.

Kebanyakan lagu di film-film Bollywood diisi oleh para playback singer. Posisi ini sangat penting bagi dunia perfilman Bollywood. Satu lagu ada yang lamanya bervariasi, ada yang 5 menit, 6 menit, hingga 7 menit.

Beberapa aktor dan aktris ini menyumbang suara alias menyanyi sendiri di film yang dibintanginya. Berikut di antaranya, seperti yang dilansir brilio.net dari filmynuts, Rabu (23/11).

1. Priyanka Chopra.

nyanyi ost  - foto: filmynuts.com

Dalam film Ventilator (2016) yang dia produseri, Chopra tampil dalam film sebagai dirinya sendiri. Ia juga menyumbang tembang berbahasa Marathi berjudul Baba... Film ini menggunakan bahasa Marathi.

2. Amitabh Bachchan.

nyanyi ost  - foto: Bollywood Bubble

Dalam film Silsila (1981) Bachchan menyumbang suara lewat lagu Rang Barse... Di film Te3n (2016) aktor senior ini juga menyanyikan sebuah lagu, judulnya Kyun...

3. Farhan Akhtar.

nyanyi ost  - foto: Magna Publishing

Rock On!! (2008) adalah debut Akhtar di dunia perfilman, dimana menjadikannya Best Male Debut versi 54th Filmfare Awards.

Di film ini Akhtar menyanyikan 6 dari total 11 lagu yang menjadi soundtrack. Lagu tersebut masuk dalam album berjudul sama.

4. Salman Khan.

nyanyi ost  - foto: YouTube

Menyanyi bukanlah hal baru bagi sang raja box office Bollywood. Lagu Chaandi Ki Daal Par... di film Hello Brother (1999) adalah lagu pertamanya sebagai penyanyi. Ada pula Hangover... di film Kick (2014) dan Main Hoon Hero Tera... dalam Hero (2015).

5. Aamir Khan.

nyanyi ost  - foto: metrovaartha.com

Lagu epik Aati Kya Khandala... di film Ghulam (1998) dibawakan oleh Aamir Khan. Ia juga membuat kagum penggemarnya dengan menyanyikan sendiri lagu Holi Re mengiringi beberapa playback singer Udit Narayan, Madhushree, Srinivas, dan Chinmayee. Dalam film Taree Zamen Par dia juga menyanyikan lagu Bum Bum Bole berduet dengan Shaan.

6. Ayushmann Khurrana.

nyanyi ost  - foto: SantaBanta

Vicky Donor (2012) adalag debutnya di film, dimana dia menyanyikan Paani Da Rang... Dari situ Khurrana meraih penghargaan Best Male Debut sekaligus Best Male Playback Singer dari Filmfare Awards 2013.

Bahkan Star Guild Awards 2013 pun mengganjarnya dengan dua penghargaan yang sama. Di film Nautanki Saala! (2013) Khurrana menyumbang empat dari tiga belas lagu OST, ada yang solo ada yang duet.

Di film Bewakoofiyaan (2014), dia menyumbang lagu berjudul Khamakhaan dan O Heeriye. Di film Hawaizaada (2015) ia menyumbang 3 dari 10 lagu.

7. Hrithik Roshan.

nyanyi ost  - foto: YouTube

Lagu Kites in the Sky... dari film Kites (2010) membuatnya terkenal sebagai penyanyi. Roshan juga menyanyikan SENORITA... di film Zindagi Na Milegi Dobara (2011).

8. Kamal Hassan.

nyanyi ost  - foto: cineforest.com

Dalam film berbahasa Tamil Antharangam (1975), Hassan menyanyikan lagu Nyayiru Oli Mazhaiyi.

9. Shah Rukh Khan.

nyanyi ost  - foto: Deccan Chronicle

Dalam Josh (2000), Khan berduet dengan Hema Sardesai bernyanyi Apun Bola Tu Meri Laila... Di film Don (2006), Khan berduet dengan Udit Narayan menyanyikan lagu Khaike Paan Banaraswala.

Di film Jab Tak Hai Jaan (2012) menyumbang Jab Tak Hai Jaan sedangkan di Happy New Year (2014) menyumbang World Dance Medley.

10. Sanjay Dutt.

nyanyi ost  - foto: Films of India

Lagu fenomenal Aye Shivani... dari film Khoobsurat (1999) dinyanyikan oleh Dutt.