Brilio.net - Ria Yunita atau yang lebih dikenal dengan Ria Ricis baru saja mengeluarkan karya terbarunya. Kali ini ia membuat buku berjudul 'Saya Pamit jilid 2'. Seperti yang diketahui, Ria Ricis merupakan wanita yang penuh kreativitas. Selain penulis ia juga merupakan YouTuber terkenal.

Di tengah rasa bahagianya telah mengeluarkan karya terbaru, Ria Ricis harus menghadapi protes dari Co Founder Mediaberkarya Livia Oktora. Protes tersebut diunggah langsung oleh Livia Oktora di akun Instagram pribadinya, Selasa (26/11)

Livia menuliskan pesan menohok pada unggahannya itu dan langsung ditujukan kepada Ria Ricis.

"Dear, Ria Ricis. Salam dari saya, plis jangan ambil lahan kami. Salam, Anak Indie," katanya, seperti dikutip brilio.net pada Kamis (28/11).

Loading...

Ria Ricis 'diserang' Livia Oktora Instagram

foto: Instagram/@liviaoktora

Livia Oktora juga mempertanyakan alasan Ria Ricis menulis buku. Apakah selama ini penghasilannya masih belum cukup sehingga mencari jalan lainnya dengan menulis buku?

"Saya tidak tahu apa niatmu menulis buku. Namun, yang ingin saya tanyakan hanya satu.

Apakah uangmu masih belum cukup banyak, hingga menjelajah begitu jauh ke dunia buku? @riaricis1795

#riaricis," tulis Livia Oktora sebagai keterangan.

Mendapatkan komentar tersebut Ria Ricis tak tinggal diam. Ia pun membalas pesan tersebut dengan bahasa yang tak kalah menohok.

"Assalamualaikum mba, saya sdh menulis sejak 2014 dengan judul buku RICIS. kedua, 2015an dengan jdul LOVE LIVE LAUGH. lalu kemarin, SAYA PAMIT. lalu sekrang SAYA PAMIT jilid 2. tentu tidak ada maksud utk mengambil lahan atau merebut rejeki karena smua dari Allah dan milik Allah. tujuan saya menulis? saya ingin milenial atau anak jaman skrg kmbali membaca buku," jelasnya.

Tak hanya itu saja, Ria Ricis juga memberi memberitahukan Livia bagaimana dirinya bisa menjadi kaya seperti sekarang ini.

"Hasil keuntungn saya ambil? TIDAK mba. didonasikan. bs ditanyakan oleh penerbit pertama, KMO. dan kedua loveable. jd itu sdh jd rejeki mereka. dan kunci saya menjadi kaya: SEDEKAH. saya sedekah lewat buku. terimakasih mba," jawab Ria Ricis di kolom komentar.

Ria Ricis 'diserang' Livia Oktora Instagram

foto: Instagram/@liviaoktora

Dalam unggahannya Ria Ricis menuliskan perjuangannya menuliskan buku 'Saya Pamit jilid 2'. "Saya persembahkan SAYA PAMIT jilid dua tengan jari saya sendiri dari pagi ke pagi menahan kantuk dan mencoba mengingat kejadian lampau," tulisnya.

Ria Ricis 'diserang' Livia Oktora Instagram

foto: Instagram/@riaricis1795

Ria Ricis juga mengungkapkan bahwa ada segelintir orang yang mengatakan bahwa buku yang ditulisnya adalah plagiat. Namun Ria Ricis tak mau ambil pusing mengenai hal itu.

"Dengan mudahnya orang blg itu plagiat dan buruk. buruk tidaknya dibuktikan dari seberapa banyak yg membaca bukan? semakin laris semakin baanyak milenial yg gemar membaca (kembali). karena hal besar akan datang kepada orang-orang yang bersabar - SAYA PAMIT jilid dua," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Livia Oktora merupakan Co Founder Mediaberkarya. Dari akun media sosialnya, tampak Livia Oktora sudah lama aktif dalam kegiatan kelas menulis. Pernyataan sindiran yang diberikan Livia ke Ria itu beralasan. Sebab beberapa waktu belakangan memang banyak penulis-penulis independen (kemudian masuk ke dalam anak indie) bermunculan dan berani menerbitkan buku yang temanya variatif.

RECOMMENDED BY EDITOR