Brilio.net - Perjalanan rumah tangga menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pasangan yang telah membina keluarga. Momen naik turun emosi pun tentu mewarnai bahtera rumah tangga.

Tak jarang, tantangan dalam berkeluarga tersebut akan menguras banyak tenaga. Hingga, mengakhiri hubungan dengan bercerai pun dipilih menjadi solusi untuk mendapatkan jalan keluar.

Rupanya kondisi ini juga tengah dialami oleh artis sekaligus politikus, Zumi Zola. Zumi Zola menikah dengan Sherrin Tharia pada Maret 2012.

Mereka memutuskan bercerai setelah Sherrin melayangkan gugatan sejak 26 Maret 2020 lalu ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Dalam materi gugatannya, istri dari Zumi Zila ini mengaku ingin berpisah karena bahtera rumah tangga yang dijalaninnya sudah tak lagi harmonis.

Meski kedua belah pihak sudah melakukan mediasi untuk meyakinkan keputusannya, namun pasangan ini memilih untuk mengakhiri rumah tangga yang sudah dibangun sejak 8 tahun lalu. Setelah menjalani bebeapa kali persidangan secara online, Zumi Zola pun dinyatakan resmi bercerai dengan Sherrin Tharia pada 12 Agustus 2020.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber mengenai fakta peceraian Zumi Zola dan Sherrin Tharia pada Selasa (25/8)

 

1. Zumi Zola mengaku ikhlas.

fakta perceraian Zumi Zola dan Sherrin Tharia © 2020 Instagram/@stharia

foto: Instagram/@stharia

 

Perceraian yang dialami Zumi Zola tentu menjadi kondisi yang amat berat baginya. Terlebih, kini pria berusia 40 tahun ini tengah mendekam di Lapas Suamiskin, Bandung terkait kasus korupsi dan gratifikasi saat menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Meski begitu, ia mengaku menerima gugatan perceraian yang dilayangkan oleh Sherrin. Hal ini juga lantas dibenarkan oleh majelis hakim yang menangani persidangannya bahwa tergugat tidak keberatan dengan keputusan sang istri menceraikan dirinya.

"Ketika ditanyakan oleh ketua majelis hakim, pihak kuasa hukum dari tergugat (Zumi Zola) menyatakan bahwa tergugat itu tidak keberatan untuk berpisah dengan istrinya," kata Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Cece Rukmana dilansir dari Liputan6.com.

 

2. Sudah melakukan mediasi.

fakta perceraian Zumi Zola dan Sherrin Tharia © 2020 Instagram/@stharia

foto: Instagram/@stharia

 

Gugatan cerai yang dilakukan oleh Sherrin Tharia tentu bukan keputusan yang mudah dilakukan. Ia pun sudah mempertimbangkan berbagai hal mengenai keputusannya tersebut.

Saat sidang perdana yang digelar pada 17 Juni lalu yang beragendakan mediasi pun tidak mengubah keputusan Sherrin untuk tetap menggugat cerai sang suami. Mediasi yang berlangsung pun lantas membicarakan mengenai hak asuh anak dan biaya anak yang harus ditanggung kedua belah pihak.

"Nah, ternyata mereka bisa ditengahi tapi cerainya tetap. Cerainya dengan kesepakatan. Yang ditengahi mengenai hak asuh anak dan biaya untuk anaknya,” tutur Kadi, mediator nonhakim yang menangani perceraian Zumi Zola.

 

3. Nafkah untuk anak.

fakta perceraian Zumi Zola dan Sherrin Tharia © 2020 Instagram/@stharia

foto: Instagram/@stharia

 

Pasangan ini menikah pada Maret 2012 lalu. Dari pernikahannya tersebut, mereka telah dikaruniai 2 orang anak yang bernama Zameer Zahid Abyadh Zola dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola.

Setelah keduanya memutuskan bercerai, hak asuh kedua anaknya jatuh ke tangan Sherrin Tharia. Meski begitu, Zumi Zola sebagai ayah harus menafkahi kedua anaknya dengan mengeluarkan uang Rp 20 juta setiap bulan.

"Ya, sudah clear buat itu dan tinggal nunggu putusan aja nanti. Karena tadi sudah disepakati anak diasuh oleh ibunya dan biaya dari ayahnya. Biaya anaknya sekitar 20 juta rupiah seingat saya. Mereka sudah sepakat. Buat nanti tanggal 8 Juli itu urusan majelis hakim," jelas Kadi.

 

4. Tidak dijelaskan secara detail.

fakta perceraian Zumi Zola dan Sherrin Tharia © 2020 Instagram/@stharia

foto: Instagram/@stharia

 

Kendati demikian, pihak pengadilan tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai hasil putusan sidang cerai Zumi Zola dan Sherrin Tharia. Bahtera rumah tangga yang sudah dijalani selama 8 tahun lamanya pun harus berakhir di meja hijau dengan perceraian.

5. Tidak mempermasalahkan harta.

fakta perceraian Zumi Zola dan Sherrin Tharia © 2020 Instagram/@stharia

foto: Instagram/@stharia

Dalam kasus perceraian yang dialami oleh Zumi Zola dan Sherrin Tharia, mereka tak mempermasalahkan mengenai harta gono gini. Begitupun dengan mantan istri, Sherrin Tharia yang tak memiliki permintaan khusus kepada Zumi Zola.

"Tidak ada tuntutan khusus (Sherrin Tharia ke Zumi Zola)," kata Cece, Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan.