Brilio.net - Will Smith dinobatkan sebagai "Aktor Terbaik" pada Academy Awards ke-94 atau Oscar 2022 yang dihelat di Dolby Theatre Los Angeles, AS, Senin (28/3) waktu Indonesia. Hal ini berhasil dilakukan Smith berkat perannya sebagai Richard Williams yang merupakan pelatih tenis sekaligus ayah dari atlet tenis Venus dan Serena Williams dalam film biopik King Richard (2021).

Will Smith berhasil mengalahkan aktor hebat lain seperti Javier Bardem (Being the Ricardos), Benedict Cumberbatch (The Power of The Dog), Andrew Garfield (tick, tick...BOOM!), dan Denzel Washington (The Tragedy of Macbeth).

Will Smith menang Oscar © berbagai sumber

foto: Instagram/@TheAcademy

Kemenangan ini menjadi pertama kalinya bagi Will Smith sepanjang kariernya sebagai aktor sejak 1986. Namun, sebelumnya ia sudah dua kali mendapatkan nominasi dalam ajang Oscar sebagai "Aktor Terbaik". Menariknya, seluruh nominasi yang didapat Smith adalah berkat film biopik, seperti Ali (2001) dan The Pursuit of Happyness (2006).

Diiringi tepuk tangan penonton, Will Smith menangis haru saat menerima piala Oscar. Ia merefleksikan kariernya dengan apa yang telah dilakukan Richard William. Bagi Will Smith, perannya sebagai kepala keluarga juga suami adalah menjaga apa yang terbaik bagi keluarganya sama seperti yang dilakukan Richard William.

"Richard Williams adalah seorang pembela keluarga yang luar biasa. Di waktu ini, dalam momen ini, aku merasa bahagia menyadari apa yang Tuhan ingin aku lakukan untuk dunia. Aku dipanggil untuk mencintai dan melindungi orang-orang yang kucintai," ungkap Will Smith.

"Aku tahu untuk berada di titik ini aku harus bisa menahan perundungan, mendengar orang-orang yang bicara gila tentangmu. Mendengar orang-orang berlaku tidak sopan kepadamu kemudian bisa tersenyum seakan semua tidak pernah terjadi," lanjutnya.

Pernyataan Will Smith bersinggungan dengan momen tak menyenangkan yang dilakukannya di panggung Oscar beberapa saat lalu. Aktor 53 tahun ini menampar keras presenter Chris Rock karena dinilai melecehkan istrinya, Jada Pinkett Smith.

Will Smith menang Oscar © berbagai sumber

foto: Instagram/@willsmith

Dalam pidato panjang tersebut, ia juga mengucapkan permintaan maaf kepada Oscar juga para aktor yang hadir di tempat tersebut. Di akhir ucapannya, Will Smith mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga Richard Williams.

"Aku ingin minta maaf kepada The Academy, kepada aktor-aktor yang dinominasikan di sini. Ini adalah sebuah momen yang luar biasa, tapi aku tidak menangis karena memenangkan penghargaan. Ini semua tentang bagaimana bisa memberikan sinar kepada tim kami yang luar biasa, kepada para aktor dan kru," jelas Will Smith.

"Aku sekarang pasti terlihat seperti ayah yang gila seperti apa yang mereka bilang. Cinta memang bisa membuat kalian melakukan hal-hal gila," tutupnya.

Selain Oscar 2022, Will Smith juga sudah mengantongi beberapa penghargaan lainnya sebagai "Aktor Terbaik" berkat aktingnya dalam film King Richard. Mulai dari BAFTA Awards, Golden Globe Awards, Critics' Choice Movie Awards, dan masih banyak lagi.