Brilio.net - Kabar kurang baik datang keluarga The Hermansyah. Ashanty dikonfirmasi positif Covid-19. Diketahui, Ashanty dan keluarga baru saja kembali ke Indonesia pada Kamis (6/1) setelah berlibur di Turki. Ia pun langsung menjalani karantina di Hotel Sahid, Jakarta Pusat.

Setibanya di Tanah Air, hasil PCR menyatakan bahwa Ashanty positif Covid-19. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh istri Anang Hermansyah melalui akun Instagram pribadinya. "Begitu sampai di Indonesia saya PCR dan hasilnya positif," ungkap Ashanty dilansir brilio.net, Jumat (7/1).

Ashanty positif Covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@ashanty_ash

Ashanty menuturkan kronologinya. Sebelumnya, dia sudah PCR di Istanbul, Turki dua kali saat hendak pulang. Saat itu hasilnya masih negatif.

"Di hotel maupun di bandara negatif. Akhirnya sampai hotel karantina saya menunggu hasil PCR dari bandara dan ternyata positif," terangnya.

Ashanty positif Covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@ashanty_ash

Ashanty yang semula menjalani karantina di hotel sebagai syarat pelaku perjalanan luar negeri itu pun kemudian segera dievakuasi ke rumah sakit sesuai ketentuan.

"Langsung saya ke RS untuk karantina di RS yang sudah disetujui oleh timsatgas Covid. Dikarenakan saya punya penyakit autoimune dan demi keselamatan bersama, saya isolasi di RS," kata Ashanty.

Dilansir dari Liputan6.com, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menanggapi kabar terkait Ashanty tersebut. "Memang ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), salah satunya inisial A, saat entry test didapatkan hasil PCR positif COVID-19 dan saat ini, sedang menjalani karantina di hotel karantina," kata Nadia.

Pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan luar negeri dengan metode PCR S-Gene Target Failure (SGTF) untuk mendeteksi kemungkinan varian Omicron. Selanjutnya, dilakukan Whole Genome Sequencing (WGS), apakah benar Omicron atau tidak.

"Sesuai prosedur yang ada, semua kasus positif PPLN, kita lakukan pemeriksaan SGTF dan WGS untuk memastikan variannya," kata Nadia.

"Saat ini, sedang dalam proses pemeriksaan keduanya (SGTF dan WGS)," tuturnya.