Brilio.net - Karier pesepak bola bisa dikatakan sangat singkat. Banyak pemain sepak bola akan pensiun di rentang usia 30-35 tahun. Ada beberapa pemain sepak bola yang memang masih bermain sampai usia 40 tahun, tetapi sangat jarang ditemui.

Hal ini tak hanya berlaku bagi pesepak bola top dunia, termasuk juga pemain Timnas Indonesia. Maka dari itu banyak pesepak bola yang harus memikirkan apa yang akan dilakukan setelah pensiun dari dunia sepak bola, akankah memulai usaha atau lanjut bekerja seperti pegawai kantoran pada umumnya.

Di Indonesia sendiri, banyak pemain sepak bola yang memilih bekerja, dan salah satunya adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mau tahu bagaimana potret terbaru pemain sepak bola yang pernah membela Timnas Indonesia dan kini jadi PNS setelah pensiun?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (19/5), ini dia potret terbaru kumpulan pemain sepak bola yang kini jadi PNS.

1. Ricardo Salampessy jadi bagian dari PNS Kota Jayapura, dan bekerja di bagian Dinas Pemuda dan Olahraga.

Pemain sepak bola yang jadi PNS Instagram

foto: Instagram/@ricardosalampessy

2. Zaenal Arief, mantan ujung tombak Persib Bandung ini kini bekerja sebagai PNS di Pemkot Bandung.

Pemain sepak bola yang jadi PNS Instagram

foto: Instagram/@zaenalarief96

3. Boaz Solossa, salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Indonesia ini sebenarnya sudah menjadi PNS sejak tahun 2013, yaitu tak lama setelah dia lulus kuliah di Universitas Cenderawasih.

Pemain sepak bola yang jadi PNS Instagram

foto: Instagram/@boazsolossa

4. Ilham Jaya Kesuma, sosok idola pecinta sepak bola Tangerang ini kini memang kembali terjun ke dunia sepak bola sebagai staf pelatih, namun Ilham juga sudah menjadi PNS Pemkab Tangerang sejak tahun 2016 lalu.

Pemain sepak bola yang jadi PNS Instagram

foto: Instagram/@persita.official

5. Ortizan Solossa, kakak kandung dari Boaz Solossa. Pernah menjadi salah satu bek sayap untuk Timnas Indonesia, setelah pensiun Ortizan Solossa juga memilih menjadi PNS. Perlu diketahui, Ortizan kuliah di tempat yang sama dengan sang adik.

Pemain sepak bola yang jadi PNS Instagram

foto: Instagram/@solossaortizan

6. Eduard Ivakdalam, adalah salah satu gelandang serang terbaik timnas. Setelah pensiun, Eduard Ivakdalam memilih menjadi PNS di Pemprov Papua.

Pemain sepak bola yang jadi PNS Instagram

foto: Instagram/@eduardivakdalam10

7. Cecep Supriatna, adalah sosok kiper yang sangat kental dengan tim Persib Bandung, dan setelah pensiun dia tetap mengabdi pada kota Bandung, dengan menjadi bagian PNS UPT Bandung Tengah, dan bertugas di Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung.

Pemain sepak bola yang jadi PNS Instagram

foto: Instagram/@adriansatreea