Brilio.net - Benyamin Sueb merupakan salah satu seniman keturunan Betawi yang dikenal sebagai sosok multitalenta - aktor, pelawak, sutradara, penyanyi, dan pengisi acara di radio Betawi yang didirikannya, yakni Bens Radio. Meski sudah wafat pada 1995, namun karyanya masih dikenang hingga kini. Bahkan beberapa film, sinetron, dan lagunya masih diputar.

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal Benyamin Sueb dengan sebutan Babe, lantaran perannya di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Jauh sebelum itu, Benyamin sudah berkarya di sejumlah film sejak era 70-an - Banteng Betawi, Biang Kerok, Si Doel Anak Betawi, Intan Berduri, serta masih banyak lainnya.

Dalam setiap film yang diperankannya, tentu Benyamin memiliki lawan main termasuk pasangan kekasih dalam film. Sejumlah aktris lawas pernah menjadi pasangan ikonik Benyamin, salah satunya Ida Royani yang tidak hanya menjadi lawan mainnya di film namun juga teman duet Benyamin.

Setelah puluhan tahun berlalu, tentunya membuat banyak orang penasaran seperti apa penampilan terbaru para aktris lawas ini bukan? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Kamis (31/3).

1. Ida Royani.

Potret terbaru 6 pasangan ikonik Benyamin Sueb di film Berbagai sumber

foto: Instagram/@wahyuagung__serba_tempo_dullu; Instagram/@idaroyani

Ida Royani dikenal sebagai wanita berparas manis. Selain akting, perempuan kelahiran 1953 ini juga memiliki suara merdu dan khas. Bahkan beberapa lagunya bersama Benyamin Sueb sukses besar. Bahkan sekarang ini pun masih diputar, seperti Gambang Kromong, Disini Aje, dan Hujan Gerimis.

Ida beberapa kali tampil sebagai lawan main Benyamin dalam film Benyamin Biang Kerok (1972), Buaye Gile, Tarsan Kota, dan Ratu Amplop (1974), serta masih banyak film lainnya lagi.

Ida kini sudah tak lagi aktif di dunia akting dan tarik suara, dia fokus sebagai perancang busana. Meski begitu, Ida masih memiliki sejumlah penggemar, baik dari generasi lawas hingga anak muda. Menariknya, meski sudah tak muda lagi, Ida masih terlihat cantik, sehat, dan bugar.

2. Grace Simon.

Potret terbaru 6 pasangan ikonik Benyamin Sueb di film Berbagai sumber

foto: Instagram/@arahbaratmusikstore; Instagram/@thelost.cafe

Hampir semua lawan main Benyamin Sueb di film memiliki vokal indah, termasuk Grace Simon. Lagu Grace yang cukup populer adalah Bing, ciptaan Titiek Puspa.

Grace Simon bermain dalam film Benyamin Jatuh Cinta (1976). Kisah ikonik percintaan era 70-an begitu terasa. Film ini mengisahkan Benyamin yang tengah mengejar impiannya menjadi seorang penyanyi. Dia pun bertemu dengan Grace dan jatuh cinta. Namun kisah cinta mereka berakhir patah hati mendalam, karena Grace dijodohkan dengan pria lain.

Grace Simon memang sudah jarang tampil di layar kaca, namun beberapa kali dia hadir untuk menyaksikan pertunjukkan musik dan beberapa acara penting lainnya. Di usianya yang kini sudah memasuki 68 tahun Grace masih terlihat cantik.

3. Elvy Sukaesih.

Potret terbaru 6 pasangan ikonik Benyamin Sueb di film Berbagai sumber

foto: Istimewa; Instagram/@elvy_sukaesih

Lagi-lagi Benyamin Sueb dipasangkan dengan penyanyi ternama. Elvy Sukaesih sukses bersama Benyamin lewat film Betty Bencong Slebor (1978) dan menjadi film yang cukup sukses kala itu.

Elvy Sukaesih memang kerap bermain film di tengah ketenarannya sebagai penyanyi dangdut. Perempuan berusia 70 tahun ini masih eksis hingga kini di dunia tarik suara. Kemampuan vokalnya sukses membuat pencinta musik dangdut jatuh hati.

4. Rima Melati.

Potret terbaru 6 pasangan ikonik Benyamin Sueb di film Berbagai sumber

foto: Instagram/@timetunnel2; kapanlagi.com

Artis senior Rima Melati sempat beradu akting dengan Benyamin Sueb lewat film Intan Berduri (1972). Film ini menjadi film yang laris kala itu. Bahkan membawa Rima meraih penghargaan Citra sebagai Artis Wanita Terbaik.

Tak hanya aktif dalam dunia akting saja, Rima juga merupakan seorang penyanyi, sutradara, dan juga mantan peragawati Indonesia. Pada 1960-an Rima tergabung dalam personel grup wanita, Baby Dolls.

Hingga kini wanita berusia 82 tahun ini masih eksis. Dia beberapa kali tampil di acara-acara tertentu.

5. Aminah Cendrakasih.

Potret terbaru 6 pasangan ikonik Benyamin Sueb di film Berbagai sumber

foto: Instagram/@asianfashionarchive; Instagram/@si.rano

Pasangan Benyamin Sueb yang masih terus dikenang adalah Aminah Cendrakasih. Perempuan kelahiran 1938 ini begitu populer sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai istri Benyamin Sueb.

Sebelumnya, Aminah dan Benyamin sudah terlibat dalam sejumlah film - Benyamin Raja Lenong (1974) dan Betty Bencong Selebor (1978).

Aminah menjadi salah satu aktris yang cukup berpengaruh pada masanya, sekitar 101 film telah dibintanginya. Dedikasinya terhadap dunia seni peran membawa Aminah meraih Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional.

Kini Aminah sudah tidak bisa aktif seperti dulu, faktor usia membawanya harus terbaring di kasur. Terakhir Aminah hadir kembali ke dunia akting lewat film Si Doel The Movie (2018).

6. Nenny Triana.

Potret terbaru 6 pasangan ikonik Benyamin Sueb di film Berbagai sumber

foto: Instagram/@dedikjp; Instagram/@nennytrianareal

Nenny Triana sudah berkarier sejak usia kanak-kanak. Di beberapa kali hadir di film sebagai pemeran pendukung. Namun bersama Benyamin dalam film Duyung Ajaib (1978), Nenny menjadi pemeran utama.

Memasuki era 90-an, Nenny semakin sering tampil di layar kaca dalam sejumlah sinetron. Dia lebih sering memerankan tokoh antagonis, ibu, atau nenek. Di usianya yang sudah 66 tahun, Nenny masih aktif di dunia seni peran.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lin)