Brilio.net - Nama politisi Partai Gerindra Fadli Zon kerap menjadi perbincangan publik. Fadli Zon dikenal sebagai salah satu politisi yang berpengaruh di Indonesia. Sebagai seorang politisi, Fadli Zon memiliki kemampuan public speaking yang baik. Ternyata hal ini sudah terlihat sejak dirinya masih menjadi seorang mahasiswa.

Pada Selasa (28/4) kemarin, Fadli Zon mengunggah videonya saat masih menjadi aktivis mahasiswa Universitas Indonesia. Video tersebut lantas dikomentari oleh banyak warganet. Melalui akun Instagram pribadinya @fadlizon, Fadli Zon mengunggah potret lawas saat dirinya masih berusia 21 tahun. Video tersebut diambil di tahun 1993.

Unggahan tersebut lantas dikomentari oleh warganet. Bahkan, unggahannya telah disukai ribuan pengguna Instagram. Dalam unggahan video tersebut pula, Fadli Zon tampak mengenakan batik dan kacamata. Video tersebut diambil ketika dirinya masih menjadi aktivis mahasiswa Universitas Indonesia.

"Nemu file lawas saat jadi pembicara di RCTI Feb 1993 bersama Marzuki Darusman, Theo Sambuaga n Dewi Fortuna Anwar. Tentang "Arah Politik Luar Negeri Indonesia". Sy berusia 21 thn," tulis @fadlizon.

"Kalau kita berbicara mengenai politik luar negeri yang bebas dan aktif, kita harus melakukan sedikit refleksi bagaimana politik luar negeri bebas dan aktif itu lahir. Referensi yang paling baik untuk mengacu pada politik luar negeri bebas aktif itu adalah pidato Bung Hatta," ujar Fadli Zon.

"Ketika dia mengatakan mendayung antara dua pulau artinya kemudian yang diacu bebas dan aktif politik ini lahir dalam suatu suasana bipolaritas, lalu mengalami berbagai interpretasi hingga kemudian terpakai sekarang," lanjutnya.

"Sekarang cenderung untuk bersikap chief, dan tidak melakukan manuver-manuver yang mengandung risiko yang tinggi. Di satu sisi ini merupakan satu ambivalensi terhadap pelaksanaan politik luar negeri Indonesia tapi di sisi lain juga mau mengamankan kepentingan nasional, karena sudah menjadi satu yang dirumuskan sejak awal bahwa politik luar negeri Indonesia bertujuan untuk kepentingan nasional," pungkasnya.

Unggahan video tersebut lantas membuat warganet kagum. Beberapa di antara mereka bahkan memuji Fadli Zon yang kala itu masih berusia 21 tahun.

"Duh saat itu sy lagi nonton Ksatria Baja Hitam Pak, TV saat itu kan udh mulai banyak channel. Sayang gk bisa nonton..mungkin punya link video lengkapnya?," tulis @so_chen.

"Mudanya ganteng bgt ya pak @fadlizon....," kata @olavaika.

"Wah, masih imut banget ya?!," timpal @joezenzie.

"Lebih dari kata salut!!! umur 21 tahun tapi pembahasannya udah luar biasa. @fadlizon," cuit @KenangPakdhe.