Brilio.net - Menikah dengan adat apapun akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi mempelai wanita maupun pria. Meski terkesan ribet dengan sederet ritual khusus, namun tetap saja momen ini menjadi yang begitu dikenang.

Seperti yang diketahui, setiap adat memiliki prosesi dan pakaian adat tersendiri. Tentu ini bukan hanya sekadar prosesi dan pakaian saja, ada makna di balik apapun yang dijalani menjelang dan ketika menikah.

Salah satunya adat Sunda, mereka yang memilih adat ini tentu saja sudah siap dengan segala prosesi dan pakaian adat yang dipilih, yakni kebaya Sunda. Terkesan simpel, namun memiliki makna mendalam dari setiap aksesori dan pernak-pernik yang dikenakan.

Pengantin Sunda memiliki keistimewaan tersendiri dari riasan dan busananya, misalnya mahkota yang disebut siger dari campuran logam seberat 1,5-2 kg. Bukan hanya aksesori, namun memiliki makna sebagai lambang kesempurnaan wanita. Kemudian juga ada kembang tanjung, ngeningan daun sirih, kembang goyang, untaian bunga, dan masih banyak lainnya lagi.

Seperti para selebriti ternama berikut ini, mereka memilih menikah dengan adat Sunda. Alhasil penampilannya pun disorot karena dianggap begitu elegan dan memesona.

Penasaran bagaimana pesona seleb dalam balutan kebaya Sunda? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Selasa (18/1).

1. Sheila Dara Aisha.

Pesona 5 penyanyi dalam balutan kebaya Sunda Instagram

foto: Instagram/@weddingootd

Sheila Dara baru saja melangsungkan pernikahannya dengan penyanyi Vidi Aldiano, pada 15 Januari 2022. Pada momen pernikahan ini Sheila mengenakan pakaian adat Sunda.

Jika biasanya pengantin memilih busana atau kebaya putih, Sheila justru tertarik tampil dengan kebaya warna gold yang kemudian dipadukan dengan jarik. Jelas saja pesona Sheila kian terpancarkan di momen pernikahannya.

2. Raisa.

Pesona 5 penyanyi dalam balutan kebaya Sunda Instagram

foto: Instagram/@verakebaya

Pada 3 September 2017 Raisa memutuskan menikah dengan pria berparas bule, Hamish Daud. Mereka juga memilih adat Sunda sebagai prosesi pernikahan.

Raisa tampil cantik dengan kebaya putih, dengan model panjang dan memiliki ekor. Ditambah dengan taburan mode, membuat Raisa terlihat bak perempuan ningrat.

3. Syahrini.

Pesona 5 penyanyi dalam balutan kebaya Sunda Instagram

foto: Instagram/@princessyahrini

Pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang berlangsung di Masjid Camii, Tokyo, pada 2019 mengenakan adat Sunda. Sebagai perempuan kelahiran Kota Sukabumi, Syahrini merasa patut mengusung adatnya di mana pun dia menggelar pernikahan.

Syahrini tampak begitu memukau dengan kebaya sunda putih dan lengkap dengan siger. Sosoknya yang selalu tampil elegan, ketika menikah tampak bak perempuan ningrat.

4. Audy Item.

Pesona 5 penyanyi dalam balutan kebaya Sunda Instagram

foto: Instagram/@audyitem

Audy Item dan Iko Uwais menikah pada 25 Juni 2012 di hotel Gran Mahakam, Jakarta. Kala itu pasangan ini mengusung adat Sunda dalam momen sakralnya.

Audy tampak begitu memesona dengan kebaya putih yang serasi dengan Iko Uwais. Pesonanya kian terpancarkan dengan pernak-pernik khas pengantin Sunda.

5. Siti Badriah.

Pesona 5 penyanyi dalam balutan kebaya Sunda Instagram

foto: Instagram/@thebridedept

Pedangdut Siti Badriah menikah dengan Krisjiana Baharudin pada 25 Juli 2019. Kala itu Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Indonesia, Prof Yusril Ihza Mahendra bertindak sebagai saksi pernikahan mereka.

Pasangan ini juga mengusung adat Sunda di pernikahannya. Siti Badriah terlihat sangat cantik dengan kebaya Sunda lengkap dengan siger dan bunga-bunga yang dipasangkan di kepalanya.