Brilio.net - Belum lama ini, Irish Bella dan Ammar baru saja ikut dalam Kajian Musyawarah. Ya, belakangan ini pasangan yang menikah pada April 2019 itu terbilang cukup sering mengikuti kajian yang dihadiri oleh para selebriti Tanah Air tersebut.

Dalam kesempatan ini, Ustaz Abdul Somad yang menyampaikan ceramah dan materi kepada para peserta kajian. Melalui kanal YouTubenya Aish TV, Ammar dan Irish menceritakan bagaimana pengalamannya selama mengikuti kajian.

Rupanya di momen kali ini, Ammar Zoni membagikan pengalaman masa lalunya yang sempat terjerumus narkoba. Seperti diketahui, pada bulan Juli 2017 lalu Ammar Zoni harus berurusan dengan polisi karena kedapatan memiliki ganja.

ammar kajian © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@Aish TV

Loading...

Ammar tak menyia-nyiakan kesempatan bertanya dan meminta nasihat kepada Ustaz Abdul Somad agar bisa tetap istiqamah dan tak lagi terjerumus.

"Saya tertarik sekali dengan ceramah pak ustaz tentang merusak diri, fisik maupun mental fisik. Dan saya mengakui bahwa saya tidak berdalih dengan adiksi saya. Saya waktu itu belum pernah melihat, mendengar, dan salah pergaulan hingga saya tiba-tiba ditarik oleh pihak yang berwenang. Adakah ilmu atau aturan pak ustaz agar kita tetap bisa istiqamah di jalan yang benar dan baik menurut Islam?," kata Ammar bertanya kepada Ustaz Abdul Somad.

Mendengar pertanyaan itu, Ustaz Abdul Somad memberikan empat nasihat. Pertama, harus berilmu dulu. Menurut pria yang terkenal dengan nama UAS ini, Ammar harus banyak belajar kepada orang-orang yang sudah paham.

ammar kajian © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@Aish TV

"Sahabat nabi SAW yang sudah masuk islam itu apa yang mereka lakukan, itu mereka belajar. Berilmu. Harus berguru. Siapa yang tidak berguru, syaitan gurunya, Baca Alquran aja bisa salah keliru apalagi memahami isi Alquran. Oleh sebab itu yang pertama, belajar," kata Ustaz Abdul Somad.

Kedua, ia menekankan pentingnya berteman dengan orang-orang yang baik. Menurutnya, faktor lingkungan sangat memberikan pengaruh besar untuk kehidupan seseorang.

"Kedua komunitas. Karena lingkungan sangat berpengaruh terhadap kita. Kalau ada grup yang mengingatkan kita baca Alquran sudah berapa juz. Komunitas yang ngajak kita shalat berjamaah. Kira kira kalau keberadaan komunitas itu tidak mendukung iman kita maka keluar," sambungnya.

ammar kajian © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@Aish TV

Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga menyebut bahwa ilmu bisa diperoleh dari pandangan mata. Tidak hanya diperoleh lewat khutbah ataupun ceramah. Namun dari momen yang terjadi di depan mata. Dan yang terakhir, Ustaz Abdul Somad mengingatkan untuk jangan lupa berdoa.

"Jangan lupa mohon doa. Selesai pertemuan, doa. Ustaz mohon doanya, doakan juga saya. Karena kita tak tahu doa-doa mana yang menembus pintu-pintu langit," kata Ustaz Abdul Somad.

Ammar Zoni mengaku jika dirinya suka dengan ceramah-ceramah Ustaz Abdul Somad.

"Jujur aku suka banget sama ceramahnya UAS. Selain suka juga orang satu kampung," ungkapnya.

RECOMMENDED BY EDITOR