Brilio.net - Kepergian Ashraf Sinclair, suami penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), Selasa (18/2) pagi mengguncang dunia hiburan Indonesia. Kalangan selebriti maupun awam banyak yang tak percaya aktor 40 tahun itu meninggal akibat serangan jantung.

Ungkapan duka dari kerabat, selebriti, dan khalayak pun mengalir untuk BCL dan keluarga. Pun para pelayat datang silih berganti ke kediaman BCL, termasuk kalangan selebriti seperti Rossa, Maia Estianty, Marini Zumarnis, Nia Ramadhani, dan lain-lain.

Bukan hanya publik Indonesia yang turut merasa kehilangan atas kepergian pria bernama lengkap Ashraf Daniel Mohammed Sinclair itu, melainkan juga publik Malaysia. Seperti diketahui, Ashraf merupakan aktor berkebangsaan Malaysia. Ashraf lahir dari ayah asal Inggris, sedangkan sang ibu berkebangsaan Malaysia. Namanya mulai dikenal publik negara asalnya melalui peran sebagai Eddy dalam film Gol & Gincu (2005).

Meninggalnya pria kelahiran Inggris itu diketahui lewat postingan fotografer keluarga Bunga Citra Lestari, Jodie Octo. Dia mengunggah di Instagram Story tulisan ucapan belasungkawa dalam sebuah foto yang pernah dia ambil.

Dilansir Brilio.net dari Liputan6.com berita meninggalnya suami BCL ini juga kemudian dikonfirmasi manager BCL, Doddy. Dia mengungkapkan jika meninggalnya Ashraf lantaran serangan jantung. Hal tersebut dia sampaikan melalui pesan broadcast kepada para media.

"Innallilahi wainalillahi rojiun telah meninggal dunia Ananda Ashraf Sinclair pada pagi ini pukul 04.00 wib dalam usia 40 tahun, jenazah saat ini berada di mmc. mengenai detail pemakaman akan kami informasikan kembali," tulis Doddy. Kabar ini diperbarui bahwa Ashraf mengembuskan napas terakhir pada pukul 04.51 WIB.

Semasa hidupnya, ayah Noah Sinclair tersebut dikenal dengan gaya hidup sehatnya. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Ashraf diketahui sempat pergi untuk fitnes pada malam hari. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang sumber.

"Berangkat fitnes di daerah Pejaten dengan cara jogging. Pulang sampai rumah dan sempat makan," kata salah satu sumber yang tak mau disebutkan namanya seperti dikutip Brilio.net dari merdeka.com, Selasa (18/2).

Setelah itu Ashraf langsung makan malam dan masuk ke dalam kamarnya. "Biasanya makan nggak habis, tumben malam itu habis. Sampe rumah langsung masuk ke kamar," katanya.

Sementara itu, BCL yang baru saja mengisi acara sebagai juri Indonesia Idol baru sampai di rumah menjelang subuh. Setelah itu, BCL sempat beristirahat di depan kolam. Kemudian dia naik ke atas menuju kamarnya bersama Ashraf.

"Sempat istirahat di depan kolam, tak lama naik ke atas dan terdengar Bunga berteriak minta tolong," tambah sumber tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, media sosial dibanjiri ucapan belasungkawa atas kepergian aktor yang sudah membintangi banyak sinetron Indonesia itu. Tak terkecuali juga dari selebriti Malaysia yang pernah bekerjasama dengan Ashraf dalam film.

Berikut rangkuman Brilio.net, Selasa (18/2), deretan selebriti Negeri Jiran yang turut mengungkapkan duka mendalam atas kepergian saudara ipar Yuna, penyanyi tersohor Malaysia itu.

1. Hisyam Hamid.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@hisyamhamid7

Aktor asal Singapura yang kerap membintangi sinetron dan film Malaysia ini pernah satu film dengan Ashraf Sinclair. Dalam film bertajuk Do(s)a ( 2018) karya sineas Indonesia, Ifa Isfansyah, Hisyam dan Ashraf beradu akting.

Dikisahkan Hisyam sebagai Fahad dan Ashraf sebagai Fuad adalah kakak-beradik. Saudara mereka yang lain adalah Remy Ishak sebagai Farid dan Shenty Feliziana sebagai Fara. Disebutkan bahwa film ini merupakan impian Ashraf bermain film action.

Diketahui dari akun Instagram-nya, Hisyam turut berduka atas kepergian sang kawan sekaligus rekan kerja.

"Innalillahiwainnailaihirojiun. Mari kita sama-sama hadiahkan Al-Fatihah kepada Allahyarham Ashraf Daniel Mohd Sinclair, semoga Rohnya dicucuri Rahmat & ditempatkan dikalangan yg beriman, InShaAllah Aamiin

Sending my deepest condolences to the whole family, wife & son @bclsinclair & Noah & manager @paperdaysz," ujarnya dalam unggahan foto bersama Ashraf.

2. Que Haidar.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@the_haidars

Aktor Malaysia, Que Haidar yang pernah bekerjasama dengan Ashraf dalam Gol & Gincu The Series juga turut mengungkapkan kesedihan. Tak lupa teriring doa untuk sang sahabat.

"Al fatihah.. sama2 terlibat dalam goal Dan gincu.. seorg lagi Sahabat pergi @ashrafsinclair," ujar aktor berusia 40 tahun itu.

3. Siti Saleha.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@sallywho

Aktris Malaysia Siti Saleha juga turut merasa kehilangan Ashraf Sinclair. Sebagai informasi, kedua seleb ini menjadi lawan main dalam film bertajuk Proksi.

Dikutip dari thestar.com.my, Proksi disebutkan masih dalam tahap produksi atau akan tayang. Selain Siti Saleha dan Ashraf Sinclair, film yang bercerita tentang peretas atau hacker itu juga dibintangi aktor Malaysia Remy Ishak dan Bront Palarae, seperti dilansir malaymail.com.

"innalillahiwainnailaihirojiun Alfatihah Deepest condolences to @ashrafsinclair family @bclsinclair @aishahjennifer," tulis aktris sinetron Melayu 7 Hari Mencintaiku itu di unggahan akun Instagram.

4. Bront Palarae.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@bront_palarae

Aktor Malaysia yang sudah malang melintang membintangi berbagai film di Indonesia ini juga sempat beradu akting dengan Ashraf. Disebutkan sebelumnya, Bront beradu akting dengan Ashraf dalam film Proksi yang belum rilis. Melalui unggahan Instagram Story-nya, Bront menunjukkan ucapan belasungkawa dan doa untuk mendiang Ashraf Sinclair.

5. Fasha Sandha.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@fashasandha

Lawan main Ashraf dalam film SH3, Fasha Sandha turut mengalirkan doa atas kepergian sang kawan. Melalui unggahan foto keluarga Ashraf di Instagram pribadinya, bintang film Cicak Man (2006), Evolusi KL Drift (2008), hingga Badang (2018) itu mengutarakan rasa kehilangan.

"Hanya Ajal memisahkan mereka.
Kesayanganku, mohon ambil masa seketika untuk sedekahkan Al Fatihah buat sahabat kita semua dari seberang yang baru meninggal pagi tadi kerana serangan Jantung.
Al Fatihah
Semoga ditempatkan dikalangan orang2 yang beriman.
Salam Takziah buat BCL dan keluarga.," tulis Fasha.

6. Zul Ariffin.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@zul_ariffin

Aktor langganan sinetron Malaysia ini dikenal cukup akrab dengan Ashraf. Bintang film Sangkar (2019) itu pernah mengunggah rasa gembiranya bertemu sang sahabat di Instagram pada 2018 lalu. Tampak Zul Ariffin menuliskan selamat menikmati liburan pada Ashraf dan keluarga.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@zul_ariffin

Mereka juga pernah terlibat dalam film J Retribusi, lanjutan dari J Revolusi (2017) yang mengisahkan tokoh bernama Jay Zulkarnain (Zul Ariffin), seorang pemimpin penyerang untuk Malaysia Unit Tindakhas.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@zul_ariffin

Ditelusuri di akun Instagram, Zul Ariffin tak banyak mengumbar kata atas kehilangan sang sahabat. Hanya unggahan Instagram Story yang menunjukkan dia siap pergi ke Jakarta dan sampai di pemakaman Ashraf beberapa jam lalu. Sebagai informasi, Ashraf meninggal di RS MMC Kuningan, Jakarta dan dikebumikan Selasa sore di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

7. Nur Fazura.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@missfazura

Aktris Malaysia yang sudah merambah dunia film Indonesia ini juga turut kehilangan atas meninggalnya Ashraf Sinclair. Bintang film Warkop DKI Reborn (2017) dan Ayat-ayat Cinta 2 (2017) itu turut berbelasungkawa di unggahan Instagram Story meskipun tak menyebutkan nama Ashraf maupun BCL. Namun kuat dugaan ucapan duka itu bertuju pada Ashraf.

Fazura pernah menjadi lawan main Ashraf dalam film Gol & Gincu (2005). Selain mereka, film yang akhirnya memiliki serial ini turut dibintangi Mohd Pierre Andre dan Sazzy Falak.

Selain ketujuh seleb yang pernah bekerjasama dengan Ashraf di atas, masih ada seleb Malaysia lain yang ikut berduka. Di antaranya Nora Danish yang pernah main film Surga yang Tak Dirindukan 2 (2017), juga ikut menunjukkan rasa kehilangan.

"My fav couple innalilahiwainnalilahirojiun , Salam takziah buat keluarga @ashrafsinclair , Mari kita sedekahkan Al Fatihah buat arwah. Semoga rohnya dicucuri rahmat Dan ditempatkan dalam golongan org Yg beriman. Amin. InsyaAllah. Noah & @bclsinclair , we are all here for u. Love u Yg pasti Allah lebih menyayanginya.," tulisnya dalam unggahan Instagram.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@noradanish

Doa juga mengalir dari aktor laga Malaysia, Hairul Azreen. Dia tak menyangka kepergian Ashraf begitu cepat.

"Tak sangka , baru je sangat lagi jumpa @ashrafsinclair , semoga dia di tempatkan dgn orang2 yg beriman
Al-fatihah," tulis aktor yang kerja sama dengan Yayan Ruhian dalam film terbaru berjudul Wira itu sebagai caption unggahan fotonya bersama Ashraf di Instagram.

Pernah satu film, 7 seleb Malaysia berduka untuk Ashraf Sinclair berbagai sumber

foto: screenshot via Instagram/@hairulazreen