Brilio.net - Kabar kepergian Mbah Minto meninggalkan rasa kehilangan bagi warganet. YouTuber asal Klaten itu dikenal memiliki banyak penggemar sejak viral di dunia maya. Mbah Minto meninggal dunia di usia 85 tahun. Mendiang sempat mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Islam Klaten. Kabar duka tersebut disampaikan oleh video creator rekan mbah Minto, melalui akun Instagram @herman_hadi_basuki, pada hari ini Kamis (23/12).

"Innalillahi wa inaillaihi rojiun, Sugeng Tindak Mbah Minto, Karyamu abadi. Mugi Gusti Allah paring pangapunten sedoyo kalepatan lan nglebur sedaya dosa2nipun, Amin, (Innalillahi wa innaillaihi rojiun, selamat jalan mbah Minto, Karyamu abadi. Semoga Allah SWT memmberikan ampunan untuk segala kesalahan dan menghapus segala dosa-dosa, aamiin)," tulisnya.

Kenangan Ganjar Pranowo dan Mbah Minto © Instagram

foto: Instagram/@ucup_jbsklaten

Kepergian Mbah Minto pun lantas membuat keluarga dan para penggemar merasa kehilangan. Tak terkecuali bagi sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pemimpin itu menjadi salah satu pihak yang pernah berbincang dengan Mbah Minto. Dalam satu kesempatan, Ganjar Pranowo pernah berinteraksi santai dengan Mbah Minto melalui fitur live Instagram. Mbah Minto yang saat itu ditemani rekan YouTubernya, Ucup, saling melontarkan candaan dengan Ganjar, bahkan saat itu Ganjar Pranowo memberikan THR sebesar Rp 1 juta kepada Mbah Minto.

Pertemuan secara virtual itu tampaknya meninggalkan kesan tersendiri bagi Ganjar. Pasalnya, usai mendengar kabar kepergian Mbah Minto, ia pun ikut mengungkapkan rasa dukanya. Melalui unggahan di akun Instagram, Ganjar Pranowo juga mengungkapkan sosok Mbah Minto sebagai inspirasi bagi dirinya. Ganjar juga menilai YouTuber itu merupakan sosok orang yang baik.

"Ya Allah. Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Selamat jalan Mbah Minto. Saya bersaksi, panjenengan adl orang baik. InsyaAllah husnul khotimah. Terimakasih mbah, sudah jadi inspirasi dan penguat kami di kala pandemi," tulis Ganjar.

Kenangan Ganjar Pranowo dan Mbah Minto © Instagram

foto: Instagram/@ganjarpranowo

Rasa kehilangan Ganjar Pranowo akan mbah Minto pun dirasakan oleh banyak pengikut di Instagram. Tak sedikit yang ikut mendoakan kepergian nenek itu agar mendapatkan ketenangan.

"Nderek belo sungkowo (Turut bela sungkawa)," kata @wardialvaro_33.

"Innalilahi wa innailaihi rojiun semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT," respons @chilmiy_husada.

"Suwargi langgeng Mbok (surga abadi mbok)," tutur @bg_zaen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo)

 

Sosok mbah Minto semakin dikenal publik saat memparodikan video gagal mudik yang diunggah dalam YouTube. Bersama YouTuber, Muhammad Sofyan atau Ucup Klaten, Mbah Minto memparodikan sosok orang tua yang melarang anaknya mudik agar tidak menyebarluaskan virus. Sosok Mbah Minto yang sederhana dan humoris, rupanya berhasil mendapatkan hati para warganet. Banyak video yang kemudian dibuat oleh Mbah Minto dan rekannya selama masa pandemi corona. Hal itu pun turut mendapatkan banyak respons positif di media sosial.