Brilio.net - Tak ada orang yang menginginkan menderita penyakit. Pola hidup sehat perlu dilakukan agar terhindar dari risiko penyakit yang bisa datang kapan saja.

Begitu pula para seleb, di tengah kesibukannya sebagai figur publik, tentu dibutuhkan badan yang fit agar aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Namun, sebagai manusia biasa, para seleb juga tak bisa lepas dari penyakit.

Mereka yang tengah sakit pun tentu berusaha sekuat tenaga agar penyakitnya segera sembuh. Namun, takdir Tuhan memang tidak ada yang tahu. Meski sempat dinyatakan sembuh dari penyakitnya, sejumlah seleb ternyata harus kembali berjuang melawan penyakitnya yang kambuh di kemudian hari.

Mau tidak mau mereka kembali harus menjalani perawatan medis. Seperti apa perjuangan mereka? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/9), yuk simak perjuangan 6 seleb melawan penyakitnya yang kembuh berikut ini.

1. Ria Irawan.

Loading...

penyakit seleb kambuh Istimewa

foto: Instagram/@riairawan

Sejak awal September 2019, aktris senior Ria Irawan harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Ia harus dirawat lantaran menderita penyakit kanker kelenjer getah bening stadium 3 yang kembali kambuh.

Penyakit tersebut telah dialami oleh Ria Irawan pada 2014 lalu. Ria Irawan bahkan sempat dinyatakan sembuh pada Maret 2019. Namun, takdir berkata lain, penyakit tersebut harus kembali ia lawan. Tak hanya itu, ada tumor di kepalanya yang kerap membuatnya pusing dan kesulitan bicara. Selama dirawat di RSCM, Ria Irawan telah menjalani sejumlah radioterapi.

Lewat akun Instagram pribadi, Ria Irawan kerap mengunggah momen dirinya ketika menjalani pengobatan. Di setiap postingan, Ria Irawan selalu menuliskan kata-kata bernada optimis. Kini, kondisinya telah membaik dan telah diizinkan untuk pulang ke rumah.

2. Dahlia, ibunda Kiki Farrel.

penyakit seleb kambuh Istimewa

foto: Instagram/@kikifarrel_

Perjuangan melawan penyakit yang kembali kambuh juga dialami oleh ibunda Kiki Farrel, Dahlia. Pada awal September 2019, Mama Dahlia harus kembali berjuang melawan kanker ususnya setelah sempat sembuh pada bulan April.

Kambuhnya penyakit tersebut pun cukup mengagetkan keluarga. Datangnya kembali penyakit tersebut pada mulanya disadari lewat sejumlah tanda, seperti kesulitan buang air besar yang dialami.

Dengan didampingi sang anak Kiki Farrel, Mama Dahlia langsung menjalani perawatan medis. Ia menjalani kemoterapi untuk melawan penyakitnya. Kondisi Mama Dahlia pun mulai membaik saat ini.

"Mama sudah bisa aktivitas di rumah, tapi untuk jalan-jalan keluar belum bisa," papar Kiki Farrel dikutip dari liputan6.com.

3. Olivia Newton.

penyakit seleb kambuh Istimewa

foto: forbes.com

Selain seleb Tanah Air, seleb luar negeri juga pernah berjuang melawan penyakit yang kembali kambuh, salah satunya yakni artis Australia bernama Olivia Newton. Penyanyi berusia 70 tahun itu menderita penyakit kanker payudara. Kanker tersebut pertama kali diderita Olivia pada tahun 1992 silam. Tak hanya sekali kambuh, kanker tersebut bahkan kembali muncul pada tahun 2013 dan 2018 lalu. Ia pun harus berjuang tiga kali untuk sembuh.

Pada tahun 2013, kanker payudaranya mulai menyebar ke bagian bahu. Ia pun terpaksa harus mengurangi jadwal konsernya. Sempat menyembunyikan penyakitnya di hadapan publik, pda September 2018, Olivia menyatakan dirinya kembali terkena kanker. Menderita kanker yang telah memasuki stadium 4, Olivia mengaku pasrah apabila sisa umurnya tidak lama lagi.

4. Jane Fonda.

penyakit seleb kambuh Istimewa

foto: people.com

Aktris senior Hollywood Jane Fonda juga pernah mengalami penyakit kanker. Pada tahun 2010, ia divonis mengidap penyakit kanker payudara dan akhirnya berhasil sembuh. Sel kanker payudaranya berhasil diangkat melalui operasi pada November 2010.

Namun, penyakit kanker kembali harus ia derita yakni di bagian bibir. Untuk mengatasinya, sebuah perban ditempelkan di bagian bibirnya untuk mencegah pertumbuhan kanker.

5. Kathy Bates.

penyakit seleb kambuh Istimewa

foto: hollywoodreporter.com

Aktris senior Hollywood lainnya yakni Kathy Bates juga hrus berjuang melawan dua penyakit kanker yang berbeda. Pada awal tahun 2003, ia berjuang melawan kanker yang menggerogoti bagan ovariumnya. Dengan ketekunan berobat, pertumbuhan kanker tersebut berhasil dicegah.

Pada tahun 2012, Kathy Bates harus kembali mengalami penyakit kanker. Kali ini, kanker tersebut menyerang bagian payudaranya. Lewat Twitter, Kathy Bates kemudian menceritakan dirinya berhasil menjalani double mastectomy atau operasi pengangkatan kanker setelah dua bulan didiagnosa. Risiko pertumbuhan kanker payudaranya pun jauh lebih kecil dari sebelumnya.

6. Ari Lasso.

penyakit seleb kambuh Istimewa

foto: Instagram/@ari_lasso

Perjuangan melawan penyakit yang kambuh juga dialami oleh penyanyi Tanah Air Ari Lasso. Pada akhir Oktober 2018, ia mengungkapkan penyakit back pain atau penyakit nyeri bagian punggungnya kembali kambuh.

Ia pun sampai harus menjalani opname di rumah sakit karena kambuhnya penyakit tersebut. Selain itu, akibat kondisi tersebut, Ari Lasso terpaksa membatalkan agenda konsernya.

Sebelumnya, penyakit tersebut diidap Ari Lasso di sekitar tahun 2015. Tiga tahun berlalu, panyakit tersebut kembali menyerang sehingga memaksa dirinya beristirahat total.

RECOMMENDED BY EDITOR