Brilio.net - Setelah lama tak terdengar kabar, aktor sekaligus komedian Bopak Castello nampaknya sudah mulai syuting kembali. Beberapa waktu lalu pelawak satu ini memang sempat dikabarkan mengidap penyakit dan harus dirawat. Itu menjadi alasan sosoknya belakangan ini jarang terlihat di sinetron dan juga acara televisi.

Rupanya Bopak mengalami penyakit yang cukup serius. Satu paru-paru Bopak tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Namun menurutnya, kondisinya sekarang sudah mendingan dari pada beberapa waktu lalu. Meski demikian, Bopak harus membiasakan diri hidup dengan satu paru-parunya.

"Alhamdulillah kesehatan udah lumayan, istilah paru kan udah separo, tinggal kita yang jaga dengan baik, gitu aja lah," ujar Bopak saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, seperti brilio.net lansir dari kapanlagi.com pada Jumat (8/11).

Bopak mengakui pola hidup yang tak baik membuat kondisinya seperti saat ini. Kini Bopak harus hidup dengan paru-paru kanannya saja. "Namanya perjuangan hidup kan gitu, tidur di mana aja. Pas usia kepala 4 kena lah. (Susahnya) Paling di napas. Kalo napas paru satu kan yang bekerja sebelah kanan aje, kiri engga," ujar Bopak.

bopak satu paru-paru © berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

 

Lebih lanjut, Bopak menjelaskan bahwa kerusakan paru-paru ini terjadi cukup lama. Namun tuntutan pekerjaan membuat Bopak masih harus bekerja. Dijelaskan lebih rinci, kalau Bopak mengalami sakit saat ia sudah mulai teken kontrak dan sudah melakukan beberapa kali syuting. Sehingga kontrak yang sudah disepakati tersebut tidak bisa dibatalkan begitu saja.

Hingga saat ini Bopak masih menjalani pengobatan secara medis. Ia pun menerima konsekuensi harus lebih menjaga pola hidup yang baik. "Secara medis dengan dokter Budi di RS Bekasi. Dokternya enak, memberi semangat. Dia bilang 'Ini gak berfungsi ya Bopak, dijaga ini udah bersih, hati-hati'. Nggak boleh capek, hindari orang merokok," pungkasnya.