Brilio.net - Perjuangan setiap orang untuk meraih kesuksesan pasti memiliki cerita yang berbeda-beda. Ada yang benar-benar harus memulainya dari bawah hingga menjajal semua profesi atau mereka yang sudah dibukakan jalan berkat kesuksesan kedua orangtuanya. Sama halnya perjuangan yang dialami para selebriti Tanah Air sebelum meraih puncak kepopularitasan mereka.

Sebagian dari para seleb ini bahkan tak segan untuk melakoni profesi sebagai tukang cuci piring. Meskipun beberapa dari mereka melakukan pekerjaan tersebut sembari menempuh pendidikannya di luar negeri, namun perjuangan mereka untuk hidup mandiri patut diacungi jempol. Perjuangan hidup mereka itulah yang turut mengiringi kisah sukses mereka sebagai publik figur hingga sekarang.

Penasaran siapa saja? Yuk simak 5 seleb yang pernah menjadi tukang cuci piring sebelum tenar seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/1).


1. Christian Sugiono.

Seleb pernah kerja cuci piring © 2018 berbagai sumber
foto: kapanlagi.com

Aktor ganteng sekaligus suami Titi Kamal ini pernah tinggal di Jerman selama beberapa tahun yang mengharuskannya hidup mandiri. Kehidupannya di Jerman membuatnya merasakan bagaimana rasanya berjuang dari bawah. Tian bekerja di sebuah restoran selama 3 tahun dengan menjadi tukang cuci piring untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disana. Tak hanya satu pekerjaan, dirinya juga pernah menjadi kasir hingga koki. Sekarang, Tian sudah sukses sebagai publik figur dan seorang pebisnis.


2. Daniel Mananta.

Seleb pernah kerja cuci piring © 2018 berbagai sumber
foto: Instagram/@vjdaniel

Sama seperti Christian Sugiono, mantan VJ MTV, Daniel Mananta juga pernah merasakan hidup mandiri di negeri orang. Sebelum terkenal sebagai VJ, Daniel pernah tinggal di Australia sebelum akhirnya kembali ke Indonesia pada tahun 2002. Selama di Negeri Kanguru tersebut, Daniel benar-benar merasakan perjuangan hidup dengan bekerja sebagai tukang cuci piring hingga tukang cuci WC di sebuah restoran. Hal tersebut dijadikannya sebagai pengalaman yang bisa membentuk dirinya hingga sukses sebagai MC dan enterprenuer.


3. Ario Bayu.

Seleb pernah kerja cuci piring © 2018 berbagai sumber
foto: kapanlagi.com

Aktor yang baru saja menikah beberapa bulan lalu ini juga pernah bekerja sebagai tukang cuci piring. Dia adalah Ario Bayu. Pria berkulit cokelat tersebut memiliki pengalaman bekerja sebagai tukang cuci piring dan membersihkan lantai di sebuah restoran di Australia. Hal tersebut tak membuat aktor berusia 32 tahun malu, ia justru merasa bangga dengan perjuangannya karena membuatnya bisa memiliki penghasilan sendiri sejak usia belia.


4. Dede Sunandar.

Seleb pernah kerja cuci piring © 2018 berbagai sumber
foto: Instagram/@dede_sunandar

Sebelum menjadi tenar seperti sekarang ini, Dede Sunandar hanyalah seorang petugas kebersihan di sebuah stasiun TV nasional. Kariernya melejit setelah muncul pada sebuah program acara yang juga tayang di stasiun TV tempatnya bekerja. Pekerjaannya sebagai petugas kebersihan, membuatnya juga harus melakukan pekerjaan sebagai tukang cuci piring. Dede bahkan mengaku tak keberatan jika harus mengambil pekerjaan tersebut lagi saat tak ada jobs di dunia hiburan. Hal tersebut dilakukan Dede demi memenuhi kebutuhan keluarganya. Salut banget sama Dede Sunandar!


5. Chef Arnold.

Seleb pernah kerja cuci piring © 2018 berbagai sumber
foto: Instagram/@arnoldpo

Pernah bekerja sebagai tukang cuci piring juga mewarnai perjalanan karier Arnold Poernomo hingga menjadi seorang chef ternama. Meskipun ia tinggal di Australia bersama keluarganya, namun Chef Arnold tak mau menjadi remaja yang manja. Ia sudah merasakan hidup mandiri dengan bekerja sebagai tukang cuci piring, kasir dan koki di sebuah restoran. Pengalaman tersebut lah yang menjadi bekal dirinya hingga menjadi seorang chef serta mendirikan restoran terbaik di Sydney bersama saudaranya. Kerja kerasnya pun diganjar dengan masuk jajaran pemuda terkaya versi Forbes Asia.