Brilio.net - Memiliki buah hati tentu menjadi kebahagiaan yang tak terkira bagi setiap pasangan yang telah menikah. Momen mengandung selama 9 bulan bagi seorang ibu pun menjadi hal yang tak pernah terlupakan. Hal tersebut makin lengkap jika sang buah hati yang telah dinanti mampu lahir ke dunia dalam keadaan selamat tanpa penyakit apapun.

Namun, tak semua orang dapat merasakannya. Beberapa selebriti Tanah Air ini bahkan sempat dilanda khawatir dan kepanikan lantaran buah hatinya yang baru lahir mengalami bilirubin. Kondisi ini membuat sang bayi mengalami warna kuning di kulitnya. Penyakit kuning pada bayi adalah penyakit yang paling sering ditemui, sebab sebagian besar bayi yang baru lahir akan berwarna kekuningan untuk sementara waktu.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, penyakit kuning atau juga dikenal juga dengan jaundis disebabkan oleh adanya perubahan pada warna kulit, sclera (bagian putih pada mata) dan juga kelenjar ludah yang dipicu oleh peningkatan bilirubin pada tubuh manusia.

Beberapa selebriti ini pun harus bolak balik ke rumah sakit untuk memeriksakan bayinya. Bahkan diantara mereka ada yang menjalankan pengobatan sendiri di rumah atas saran dari dokter.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber perjuangan seleb saat bayi alami bilirubin, Rabu (3/5)

Loading...

1. Mona Ratuliu.

perjuangan seleb saat bayi alami biliburin instagram

foto: Instagram/@monaratuliu

Keluarga Mona Ratuliu tengah berbahagia dengan kehadiran putri bungsunya yang bernama Numa pada Kamis (21/5) lalu. Sayangnya, kabar bahagia menjadi kesedihan lantaran kondisi bayinya yang mengalami bilirubin tinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh Mona lewat unggahan di Instagramnya.

Bilirubin yang tinggi juga mengakibatkan kulit Numa menjadi kuning. Situasi ini membuatnya semakin khawatir dan panik karena harus pergi ke rumah sakit di tengah pandemi corona. Untuk mengatasi hal ini, rupanya Mona nggak kehabisan akal.

Sebagai ibu, Mona mencari solusi untuk melindungi anaknya ketika harus pergi ke rumah sakit. Face shield atau pelindung wajah untuk bayi menjadi solusi yang dipilih Mona untuk menjaga Numa.

"Musti bolak balik ke RS krn numa bilirubinnya agak tinggi, makanya keliatan kuning tuh. Kadar hormon trigliserin dlm darahnya jg tinggi. Deg2an tiap bawa numa ke RS, Krn numa nggak bisa pake masker, jadi dibeliin face shield buat baby deh. Untung sekarang face shield buat baby, buat anak, dengan berbagai bentuk udh bertebaran di marketplace, jadi gampang carinya," tulisnya.

2. Kartika Putri.

perjuangan seleb saat bayi alami biliburin instagram

foto: Instagram/@kartikaputriworld

Kebahagiaan Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya rasanya harus dipendam sejenak. Pasalnya, anak pertama Kartika Putri, Khalisa Aghnia Bahira yang lahir pada 2019 lalu harus dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan intensif karena alami bilirubin.

Sang anak pun harus menjalani terapi sinar atau biasa disebut fototerapi untuk mengurangi kadar bilirubin yang naik. Lewat unggahan Instagram pribadinya, Kartika Putri meminta doa untuk kesembuhan sang anak.

3. Tantri Kotak.

perjuangan seleb saat bayi alami biliburin instagram

foto: Instagram/@tantrisyalindri

Hal serupa juga pernah dialami oleh penyanyi cantik Tantri Kotak. Lewat unggahan di Instagram Storiesnya, pemilik nama lengkap Tantri Syalindri Ichlasari ini membagikan seputar pengalamannya kala sang bayi mengalami bilirubin tinggi. Istri dari Arda Naff ini kemudian melakukan terapi di rumah dengan lampu hal ini disarankan oleh dokter.

Lalu ibu dua anak ini browsing di Internet dan akhirnya terapi sinar di rumah menggunakan lampu. Istri dari Arda Naff ini pun senang karena hasilnya terlihat seminggu kemudian, bilirubin Arka turun menjadi 11 setelah sebelumnya mencapai angka 14.

4. Ryana Dea.

perjuangan seleb saat bayi alami biliburin instagram

foto: Instagram/@ryana_dea

Empat hari setelah lahir, anak kedua Ryana Dea dan Puadin Redi, Qiandra Rynayra Redi alami kenaikan bilirubin. Hal ini membuat Ryana sempat mengalami drama lantaran Qiandra disinar di ruangan lain untuk menurunkan kadar bilirubin sang anak yang naik. Ryana pun merasakan pengalaman pertama payudaranya membengkak karena tak bisa menyusui bayinya yang sedang disinar.

RECOMMENDED BY EDITOR