Brilio.net - Sebagian latar belakang dari film 99 Nama Cinta merupakan kehidupan pesantren. Nuansa religi sangat terasa dalam film yang dibintangi Acha Septriasa dan Deva Mahenra. Apalagi Kiblat yang diperankan Deva, selalu berusaha menyampaikan ilmu dan pengetahuan tentang agama dengan cara yang ringan.

Danial Rifki sang sutradara mengaku harus memperhatikan detail dialog dan adegan dalam film yang disutradarainya agar tak muncul polemik baru di masyarakat.

Film 99 Nama Cinta secara garis besar mengisahkan tentang kehidupan seorang produser bernama Talia dan Ustaz muda bernama Kiblat. Keduanya berteman sejak kecil dan bertemu saat dewasa.

Kehidupan Kiblat dan Talia sangat bertolak belakang. Kiblat lulusan sekolah agama ternama dan berusaha membagikan ilmu agama di pesantren yang dikelola ayahnya, sementara Talia adalah seorang produser acara gosip yang memiliki banyak masalah kehidupan.

Mereka kemudian kembali bertemu lantaran Kiblat harus menjalankan amanat orangtuanya mengajarkan ilmu agama pada Talia. Namun rupanya, membujuk Talia untuk belajar ilmu agama bukan hal mudah.

"Film 99 Nama Cinta merupakan kisah cinta dua dunia yang sangat berbeda, malah saling bersebrangan," ujar Danial Rifki saat berbincang dengan wartawan belum lama ini.

Danial menambahkan, "satunya berasal dari dunia entertaiment yang kerjanya bergosip sebagai profesi, sebagai presenter gosip dan satunya lagi anak kiayi yang sejak kecil sudah dididik secara agama hingga besar untuk menjadi penerus, mengelola pesantren."

Banyak inspirasi kehidupan yang diusung dari film yang dibintangi Acha Septriasa dan Deva Mahenra. Hal itu membuat Danial tak berpikir panjang untuk menerima tawaran menjadi sutradara film 99 Nama Cinta.

"Jadi, kisah cinta yang saling bertabrakan ini menjadi kisah cinta yang menarik untuk diikuti," ujar Danial.

Perihal adanya unsur religi pun dirasakan penonton yang sudah menyaksikan film 99 Nama Cinta.

"Seperti sedang belajar ilmu agama sambil nonton film. Baru sadar pas selesai filmnya," ujar akun instagram aa_teddy79 seperti yang dikutip di kolom komentar akun instagram @film_99namacinta.

Bukan sekadar nuansa religi, namun film 99 Nama Cinta juga memberikan hiburan dan beberapa kelucuan yang dikemas melalui dialog-dialog jenaka para karakternya.

"Filmnya bagus, kemarin sudah nonton. Kocak sama Ustaz Bambu, sampai ini pipi sakit karena ketawa," tulis akun @kantie_507 seperti ditulis melalui kolom komentar akun @film_99namacinta.

Film 99 Nama Cinta dibintangi Acha Septriasa, Deva Mahenra, Adinda Thomas, Susan Sameh dan sejumlah bintang lainnya. Film yang diproduksi MNC Pictures itu saat ini sedang tayang di bioskop Tanah Air.