Brilio.net - Joker atau Clown Prince of Darkness adalah tokoh yang sangat membekas di hati penggemarnya. Bukan superhero, Joker adalah seorang tokoh penjahat. Kali ini, filmnya tayang pada Rabu (2/10). Film ini sempat dikritisi karena memungkinkan masyarakat awam yang mentalnya kurang stabil mengikuti jejak Joker seperti di filmnya.

Film ini sendirinya terpisah dari DC Extended Universe seperti Justice League, Man of Steel, Suicide Squad, dan lainnya. Walaupun begitu, film Joker berhasil mendapatkan skor 9.1/10 di IMDb. Joker juga meraup pendapatan sebesar USD 40 juta pada debutnya.

Tokoh Joker adalah karakter penjahat yang dibuat oleh Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson di dunia DC Comics. Tokoh ini juga menjadi musuh utama dari Batman. Kepribadiannya yang gila dan tak terduga sering membuat Batman kewalahan.

Dari debut awalnya pada 1940, sudah banyak aktor lain yang menjadi tokoh Joker. Hampir semuanya mempunyai pengalaman menyeramkan selama memerankannya. Bahkan, ada yang akhirnya jatuh sakit dan mati muda karenanya.

Penasaran bagaimana kisahnya? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (7/10), berikut 5 kisah seram aktor saat memerankan Joker.

Loading...

1. Mark Hamill.

joker tokoh seram  istimewa

foto: Looper.com

Karier Mark Hamill berubah drastis saat menjadi pengisi suara Joker. Saking terobsesinya, dia tak rela tokoh tersebut diberikan ke orang lain. Obsesinya ini menjadi menyeramkan ketika dirinya rela dibayar rendah.

"Aku sudah memerankan tokoh Joker dari 1992 hingga 2004. Hampir semua peran dari film ke mainan pernah kukerjakan," jawabnya seperti dilansir dari IGN.

2. Jared Leto.

joker tokoh seram  istimewa

foto: Looper.com

Jared Leto sangat serius dengan perannya sebagai Joker. Bahkan, anggota film Suicide Squad yang lainnya pernah mengalami 'keusilannya'. Dilansir dari Looper, Jared pernag mengirim hadiah berisi tikus hidup dan babi mati ke aktor lainnya. Dirinya juga sering menghabiskan waktu sendirian saat sedang shooting film tersebut.

 

3. Heath Ledger.

joker tokoh seram  istimewa

foto: Looper.com

Heath Ledger memerankan tokoh Joker dalam The Dark Knight pada 2008. Tragisnya, film itu menjadi yang terakhir baginya karena Heath meninggal pada tahun yang sama.

Heath sangat serius dalam perannya. Dirinya bahkan hanya tidur dua jam sehari untuk memahami kepribadian seorang Joker. Terbawa hingga selesai syuting, Heath akhirnya meninggal karena overdosis obat.

4. Jacqouin Phoenix.

joker tokoh seram  istimewa

foto: IMDb.com

Joker yang tayang mulai Rabu (2/10) ini membawa perubahan besar bagi pemerannya, Jacqouin Phoenix. Aktor ini mengaku sempat mengalami permasalahan psikologis akibat memerankan Joker.

"Berdampak secara psikologis, saya nyaris gila ketika kehilangan berat badan turun banyak dalam waktu singkat," jawabnya seperti dilansir dari People. Demi totalitas peran, dirinya juga menurunkan berat badan hingga 23 kg demi peran ini.

5. Jack Nicholson.

joker tokoh seram  istimewa

foto: Looper.com

Jack Nicholson memerankan tokoh Joker pada 1989. Tokoh dengan senyuman mengerikan ini sangat melekat di dirinya. Dilansir dari ladbible, Jack sebenarnya sudah memperingatkan Heath Ledger saat hendak memerankan tokoh Joker. Tokoh yang satu ini memang membutuhkan kegilaan yang benar-benar hebat.

"Aku sudah memperingatkan dia," ujarnya kepada awak media.

Sayangnya, peringatan ini diabaikan dan akhirya Heath Ledger meninggal dalam usia muda.

RECOMMENDED BY EDITOR