Brilio.net - Dampak pandemi Covid-19 sangat besar terhadap perekonomian. Banyak perusahaan yang terpaksa tutup dan mem-PHK karyawan karena tak ada pemasukan selama pandemi. Hal ini menjadi momok berat terutama bagi sektor retail, restoran, dan manufaktur. Padahal, perusahaan dari sektor tersebut mempekerjakan banyak sekali karyawan. Belum lagi sektor informal yang semakin terjepit karena perekonomian yang menurun.

Penyandang disabilitas juga harus gigit jari selama pandemi ini. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2019, tepatnya sebelum pandemi, menyebutkan ada 9,91 juta orang penyandang disabilitas yang bekerja. Kebanyakan mereka bekerja di sektor informal dengan pendapatan yang tidak tetap. Angka ini diperkirakan turun drastis karena pandemi sangat memukul sektor informal dan pekerja disabilitas.

Kondisi memprihatinkan ini menggerakkan berbagai pihak untuk merapatkan barisan membantu sesama. Termasuk brand bumbu ternama SASA yang hadir dengan gerakan #SasaGotYourBack. Pada awal tahun ini, SASA membagikan care kit berupa hand sanitizer, masker, dan produk SASA. Care kit ini diberikan pada mereka yang terpaksa harus bekerja di luar rumah atau kantor saat pemerintah menghimbau work from home atau WFH. Mereka yang menerima care kit dari #SasaGotYourBack juga bisa mengirimkan tiga care kit lain kepada orang terkasih disertai postcard yang telah disediakan.

Tak berhenti sampai di situ. Kini SASA kembali hadir dengan #SasaGotYourBack. Bertajuk #SasaGotYourBack Vol. 2, pada 12-30 Oktober lalu, SASA mengajak audiens di luar sana untuk submisi data diri lewat sasagotyourback.com. Audiens yang beruntung berhak mendapatkan care kit spesial dari SASA berisi disinfectant, hand sanitizer, special pouch, shopper bag, Biore sabun cuci tangan, MEG Cheddar, serta aneka produk SASA.

Aksi submisi itu menjadi lambang bahwa para audiens bergerak bersama SASA untuk turut membantu kawan-kawan disabilitas yang terkena PHK. Secara tidak langsung mereka telah membantu SASA memberikan donasi kepada Ratusan Disabilitas yang terkena PHK via kitabisa.com.

Loading...

Kampanye #SasaGotYourBack Vol. 2 juga menggaet deretan seleb Tanah Air untuk berkontribusi meringankan beban penyandang disabilitas. Deretan seleb di bawah ini mengajak fansnya turut berbagi dengan sesama, terutama penyandang disabilitas korban PHK. Siapa saja mereka? Mari kita simak ulasan brilio.net berikut bersama-sama!

1. Hamish Daud.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hamish Daud Wyllie (@hamishdw) on

Suami dari Raisa ini mengajak follower Instagram-nya membantu penyandang disabilitas korban PHK lewat kampanye #SasaGotYourBack.

"Situasi pandemi saat ini sangat menyita perhatian kita semua. Tidak sedikit dari teman-teman kita yang kehilangan pekerjaan," ujarnya membuka video tersebut.

Hamish menegaskan bahwa sedikit partisipasimu bisa memberikan perubahan yang besar bagi mereka yang terdampak pandemi. Tak lupa, pemeran Paul di film Trinity Traveler ini juga mengingatkan followernya untuk mengajak teman-teman sekitar mengikuti #SasaGotYourBack Vol 2.

2. Chef Norman Ismail.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chef Norman (@chefnormanismail) on

Chef seleb ini terkenal sebagai host sejumlah program TV. Wajahnya sudah lama malang melintang di dunia kuliner Tanah Air. Norman mengatakan bahwa pada masa seperti sekarang, saling berbagi akan menjadi modal kuat untuk melewati pandemi.

Dia mengatakan bahwa karena pandemi, banyak dari kita yang merasa bosan, jenuh, malah ada juga yang harus terkena PHK. Kini saatnya untuk kita berbagi agar bisa meringankan beban bersama.

"Yuk, kita bantu mereka para disabilitas PHK melalui aksi SasaGotYourback :)," ajaknya.

3. Aurelie Moeremans.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aurelie Moeremans (@aurelie) on

Aurelie mengatakan bahwa sudah banyak PHK yang terjadi pada masa pandemi ini. Pemain film Menunggu Pagi ini mengatakan, sudah saatnya kita bergerak dan mengulurkan tangan pada sesama.

"Yang bikin aku sedih, orang disabilitas juga banyak yang kena PHK," ucapnya saat membuka video di atas.

"Meski langkah ini terlihat kecil, namun dampaknya begitu besar untuk mereka, lho. Ulurkan tanganmu untuk para disabilitas PHK melalui aksi SasaGotYourBack :D," ajak Aurelie.

4. Alyssa Daguise.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Alyssa Daguise (@alyssadaguise) on

Pacar musisi Al Ghazali ini mengajak fansnya berbagi dengan sesama lewat #SasaGotYourBack Vol 2. Dengan berbagi, kita bisa meringankan beban bersama melawan pandemi ini.

"Sebagian dari kita mungkin beruntung karena masih ada pekerjaan tapi banyak juga dari teman-teman kita yang harus kehilangan mata pencahariannya," ujar Alyssa.

"Saat ini yang dibutuhkan oleh Indonesia adalah menguatkan satu sama lain. Dengan berbagi antarsesama, kita bisa meringankan beban satu sama lain. Yuk, bantu para disabilitas PHK melalui aksi SasaGotYourBack," ajaknya.

Kepedulian Hamish Daud, Chef Norman Ismail, Aurelie Moeremans, dan Alyssa Daguise serta aksi mereka bersama SASA, menjadi inspirasi bagi siapa pun untuk tak ragu membantu sesama di tengah kondisi sulit seperti sekarang. Bentuk bantuan yang diberikan bisa berupa apa pun dan lewat media mana pun. Sama seperti SASA sebagai brand bumbu pionir yang melakukan langkah nyata membantu sesama. Lewat #SasaGotYourBack, SASA bukan hanya memberi bantuan langsung kepada pihak yang membutuhkan, namun juga menggerakkan orang lain untuk sama-sama peduli dengan lingkungan.

RECOMMENDED BY EDITOR