Brilio.net - Membayar pajak tahunan merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Pajak tahunan dijatuhkan pada siapapun dan tak pandang bulu, tak boleh ada yang mangkir dari pembayaran kewajiban tahunan ini kepada negara.

Bagi para selebriti, kehidupan mewah yang mereka jalani membuat mereka juga harus merogoh kocek dalam untuk membayar pajak setiap tahunnya. Salah satunya adalah pajak kendaraan pribadi, seperti yang diketahui, seleb kerap mengoleksi sejumlah kendaraan pribadi seperti motor dan mobil mewah, tak heran jika mereka harus membayar pajak ditaksir hingga miliaran rupiah.

Sebut saja mobil dimiliki para seleb Tanah Air, seperti Lamborghini, Ferrari, Bentley, BMW hingga McLaren. Di balik mobil mewah yang dimiliki ada pajak yang harus dibayar.

Berikut ini ada beberapa seleb yang harus membayar pajak tahunan ditaksir mencapai miliaran rupiah, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (27/9).

1. Deddy Corbuzier.

Loading...

Pajak tahunan seleb © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mastercorbuzier

Belum lama ini Deddy Corbuzier mengungkapkan kepada Direktur Jenderal Pajak Indonesia Suryo Utomo, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membayar pajak.

Hal ini terungkap dari podcast milik Deddy Corbuzier yang saat itu sedang mengundang Direktur Jenderal Pajak Indonesia Suryo Utomo. Deddy mengungkapkan bahwa dirinya taat membayar pajak setiap tahunnya. Sebagai bukti, Deddy Corbuzier juga memperlihatkan kartu pajak miliknya.

Dalam kesempatan itu Deddy Corbuzier juga mengungkapkan total pajak yang harus dibayarnya. Bukan dalam jutaan, namun Deddy Corbuzier membayar mencapai angka miliaran rupiah. Yakni mencapai sekitar Rp 3,4 miliar.

"Saya kemarin bayar pajak tahun ini Rp 3,4 miliar pak," ungkap Deddy Corbuzier.

"Wah, Alhamdulillah. Kayanya saya doakan lebih lagi nih tahun ini," kata Dirjen Pajak RI bercanda.

2. Raffi Ahmad.

Pajak tahunan seleb © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@raffinagita1717

Rasanya sudah tidak heran bukan jika Raffi Ahmad harus mengeluarkan miliaran rupiah untuk membayar pajak. Yap, hal ini imbang dengan hobinya mengoleksi mobil-mobil mewah. Mobil Lamborghini Aventador LP-700 4 Roadster atau yang dikenal dengan Lamborghini 'Batman' merupakan salah satu mobil termahal yang dimiliki Raffi. Kabarnya mobil ini ditaksir harganya sekitar 13 miliar.

Dilansir dari merdeka.com, ada dua pajak yang harus dibayar pemilik mobil mewah termasuk Raffi yakni Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) dan kedua Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Untuk BBN KB besarnya 10 persen dari harga kendaraan (off the road). Sedangkan PKB jumlahnya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan.

Jika harga mobil Rp 13 miliar maka untuk BBN KB saja Raffi harus membayar Rp1,3 miliar. Sedangkan untuk PKB, Rp 13 miliar x 1,5 persen yaitu Rp 195 juta. Lalu ada lagi biaya tambahan SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan) yakni Rp 140.000. Maka besaran pajak Aventador milik Raffi bisa dihitung dengan Rp 1,3 miliar (BBN KB) ditambah Rp 195 juta (PKB) dan SWDKLLJ Rp 140.000, ditaksir mencapai Rp 1,495 miliar.

3. Atta Halilintar.

Pajak tahunan seleb © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@attahalilintar

Atta Halilintar merupakan salah satu YouTuber sukses yang mendapatkan penghasilan besar dari aksi kreatifnya di YouTube. Sebagai sosok yang sukses, tentun Atta juga tak jauh-jauh dari kemewahan, salah satu mobil termahal yang dimiliki Atta yakni BMW i8. Mobil ini kabarnya ditaksir memiliki harga sekitar Rp 3,4 Miliar.

Dilansir dari merdeka.com, Atta harus membayar BBN KB ditaksir sebesar Rp 340 juta. Adapun untuk PKB yakni Rp 51 juta. Sehingga total pajak yang harus dibayar berada di kisaran Rp 391 juta.

4. Hotman Paris.

Pajak tahunan seleb © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hotmanparisofficial

Siapa yang tak kenal dengan pengacara kondang, Hotman Paris. Sebagai salah satu pengacara dan juga selebriti Tanah Air, Hotman Paris dikenal kaya raya dan memiliki hobi mengoleksi mobil mewah.

Informasi dari merdeka.com, mobil mewah Hotman seharga sekitar Rp 14 miliar. Untuk biaya bea masuknya saja Hotman harus membayar Rp 3 miliar sampai Rp 5 miliar. Adapun untuk pajak STNK setiap tahunnya Hotman ditaksir membayar Rp 150 juta.

5. Kevin Aprilio.

Pajak tahunan seleb © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kevinaprilio

Kevin Aprilio diketahui memiliki mobil mewah yakni Ferrari 458 Italia warna kuning. Mobil ini belum lama dia pamerkan di akun instagramnya. Mobil yang diproduksi tahun 2011 itu menurut merdeka.com diketahui harganya sekitar Rp Rp 4,7 miliar.

Setiap tahunnya, Kevin Aprilio juga ditaksir membayar pajak (PKB) senilai Rp 97 jutaan untuk Ferrari 458 Italia miliknya.

RECOMMENDED BY EDITOR