Brilio.net - Pecinta sitkom Friends tentunya sudah tidak asing lagi dengan James Michael Tyler. Yap dia adalah manajer di kedai kopi, Gunther di sitkom tersebut. Michael meninggal dunia pada Minggu (24/10) di rumahnya, Los Angeles, pada usia 59 tahun. Hal itu disampaikan langsung perwakilan keluarga Michael, Toni Benson.

"Dunia mengenalnya sebagai Gunther ("Friends" ketujuh), dari serial hit Friends, tetapi orang-orang yang dicintai Michael mengenalnya sebagai aktor, musisi, advokat kesadaran kanker, dan suami yang penyayang," kata Beson.

"Michael menyukai musik live, menyemangati Clemson Tigers-nya, dan sering menemukan dirinya dalam petualangan yang menyenangkan dan tidak direncanakan. Jika Anda bertemu dengannya setelah Anda mendapatkan teman seumur hidup," ungkap Toni Beson.

Menurut informasi yang dilansir brilio.net dari edition.cnn.com, Selasa (26/10), Michael ternyata selama ini tengah berjuang melawan kanker prostat stadium 4. Menurut Beson, Michael didiagnosa penyakit tersebut pada 2018.

Kabar duka ini pun turut membuat bintang Friends lainnya bersedih, seperti Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, Margaret Emily Wheeler, Matt LeBlanc dan keluarga besar Friends lainnya.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: Instagram/@jenniferaniston

"Friends tidak pernah sama tanpamu. Terima kasih atas tawa yang kamu berikan untuk acara ini dan untuk kami semua. Kamu akan sangat dirindukan," tulis Jennifer Aniston, pada unggahan Instagram-nya.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: Instagram/@courteneycoxofficial

"Rasa terima kasih yang kamu bawa dan tunjukkan setiap hari di lokasi syuting adalah rasa syukur yang sama seperti saya miliki bisa mengenalmu. Beristirahatlah dengan damai, James," ujar Courteney.

"James Michael Tyler, kami akan merindukanmu. Terima kasih selalu ada untuk kami semua," tulis Lisa Kudrow.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: Instagram/@mleblanc

"Kita banyak tertawa, teman. Kamu akan kami rindukan. Beristirahatlah sahabat," tulis Matt LeBlanc.

Berikut fakta James Michael Tyler yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/10).

1. Sudah menjadi yatim piatu sejak usia 12 tahun.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: Instagram/@friends

Perjalanan hidup James Michael Tyler tidaklah mudah, aktor kelahiran 28 Mei 1962 ini sudah menjadi yatim piatu sejak usia 12 tahun. Dia pun menghabiskan masa kecilnya bersama saudara perempuannya.

2. Berpendidikan tinggi.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: Instagram/@mleblanc

Michael merupakan sosok yang cerdas dan berpendidikan tinggi. Dia merupakan Sarjana di bidang Geologi dan Master di bidang Seni. Kecintaan Michael pada akting, membawanya menjadi seorang aktor dengan bermain di sitkom Friends. Kemudian pada 1988, Michael mengepakkan sayapnya menjadi seorang asisten produksi dan asisten editor film.

3. Terkenal lewat sitkom Friends.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: ew.com

Friends merupakan serial atau sitkom Amerika yang sangat terkenal sejak 1994 hingga 2004. Serial yang memiliki 10 musim ini menampilkan sosok James Michael Tyler sebagai manajer coffee shop bernama, Gunther. Michael membintangi serial tersebut sebanyak 150 episode.

Pada acara khusus yang dibuat sebagai reuni Friends, Michael hanya tampil singkat lewat zoom, lantaran kondisi kesehatannya. Tidak hanya Friends, Michael juga membintangi serial televisi terkenal lain seperti Scrubs (2001) dan Episodes (2012) bersama Matt LeBlanc.

4. Menikah dua kali.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: express.co.uk

Michael menikah dengan Barbara Chadsey pada 1995. Menurut beberapa sumber, pasangan ini kemudian dikabarkan berpisah pada 2003. Namun baru pada 2014 pasangan ini resmi menggugat cerai, dengan alasan adanya perbedaan dari keduanya, sehingga tidak dapat disatukan lagi.

Pada 2017, Michael menikah lagi dengan Jennifer Carno. Hingga akhir hayatnya, Michael tetap bersama Jennifer Carno.

5. Divonis kanker prostat.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: gmanetwork.com

James Michael Tyler selama ini melawan kanker prostat yang sudah dideritanya sejak 2018. Michael pun sempat menceritakan kondisi kesehatannya pada sebuah wawancara pada Juni 2021 setelah Friends: The Reunion tayang.

Michael menyebutkan, dia baru mengetahui penyakitnya pada 2018. Hal itu sudah terlambat, sehingga kanker tersebut telah sampai ke stadium akhir dan menyebar ke tulang.

6. Sempat kemo dan mulai membaik.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: bay.com.mt

Selama melawan penyakitnya, Michael sempat melakukan kemoterapi dan memberikan hasil yang cukup baik. Menurut beberapa sumber, kondisi Michael semakin memburuk di tengah pandemi. Dimana kanker prostat yang dideritanya, bermutasi dan semakin berkembang di tubuhnya. Sejak saat itulah Michael mengalami kelumpuhan pada bagian bawah tubuhnya.

7. Kepergian James Michael Tyler memberikan duka mendalam.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: Instagram/@mleblanc

Kepergian salah satu bintang Friends ini menyisakan duka mendalam bagi keluarga, penggemar, teman, dan juga bintang Friends lainnya. Diketahui, beberapa bintang Friends seperti Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, Margaret Emily Wheeler, dan Matt LeBlanc, menyampaikan pesan duka mendalam atas kepergian Michael.

Bahkan Warner Bros Television pun turut berduka atas kepergian Michael.

Fakta James Michael Tyler Berbagai sumber

foto: Instagram/@friends

"warner Bros. Television berduka atas meninggalnya James Michael Tyler, aktor tercinta dan bagian integral dari keluarga FRIENDS kami. Pikiran kami bersama keluarga, teman, kolega, dan penggemarnya. ," tulis Warner Bros Television di Instagram @friends.