Brilio.net - "Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan! Waspadalah, waspadalah!"

Di era tahun 2000-an kamu pastinya sangat akrab dengan kalimat di atas. Yap, kalimat tersebut merupakan jargon khas yang kerap diucapkan oleh Arie Hendrosaputro atau yang dikenal sebagai Bang Napi.

Sosoknya sangat fenomenal ketika muncul di akhir acara 'Sergap' yang tayang di RCTI. Berbadan gempal, mengenakan rompi hitam, dan juga topeng berwarna putih.

Hari ini, Selasa (3/10), kabar duka datang dari Bang Napi. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Puri Cinere, Depok. Kabar meninggalnya Bang Napi bermula dari pesan singkat yang tersebar. Nah, untuk mengenang sosoknya, berikut 3 fakta menarik di balik sosok Bang Napi, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (3/10).

1. Profesi aslinya adalah sebagai editor.

Sosok Arie Hendrosaputro memang sangat dikenal sebagai Bang Napi dalam acara Sergap. Namun ternyata Arie juga mempunyai kerjaan lain selain menjadi karakter tersebut.

Sosok Bang Napi itu hanyalah side job Arie Hendrosaputro. Pekerjaan utamanya adalah seorang editor di RCTI. Ia bertugas mengedit materi-materi berita yang ditayangkan di program-program berita RCTI. Namun Belakangan, Arie Hendrosaputro dikabarkan telah pensiun dari pekerjaan tetapnya tersebut sebelum meninggal dunia.

2. Topengnya bukan topeng biasa.

Bang Napi yang diperankan oleh Arie Hendrosaputro memang sangat terkenal dengan penampilan bertopengnya. Ia selalu mengenakan topeng berwarna putih yang menutupi sebagian wajahnya. Ternyata topeng yang menutupi setengah wajah yang kerap dipakai Arie tersebut bukanlah topeng biasa, melainkan topeng yang dibeli dari Amerika Serikat. Hal tersebut diungkapkan oleh presenter Isyana Bagoes Oka lewat akun pribadinya.

"Selalu bertemu Bang Napi di ruang makeup saat saya hapus makeup usai siaran dan Bang Napi bersiap-siap dengan kostumnya. Jadi ingat juga saat topeng Bang Napi mulai dimakan usia, Mas @ariefsuditomo meminta saya yang kebetulan bertugas liputan ke New York untuk membeli topeng di Bang Napi yang ternyata adalah topeng Phantom of the Opera," ujar Isyana.

3. Wajah asli Bang Napi.

Bang Napi selalu mengenakan topeng berwarna putih setiap kali tampil di layar kaca. Topeng yang dibeli di Amerika Serikat itu menutupi sebagian wajahnya. Hal tersebut tentu membuat banyak orang penasaran. Banyak yang menduga sosok Bang Napi itu sangar. Namun ternyata, sosok di balik topeng itu tak seseram yang dibayangkan.

Fakta menarik di balik sosok Bang Napi © 2017 berbagai sumber

foto: istimewa

Arie Hendrosaputro yang memerankan sosok tersebut justru memilki wajah yang ramah. Ia bahkan dikenal sebagai pria yang murah senyum.

Fakta menarik di balik sosok Bang Napi © 2017 berbagai sumber

foto: twitter/@reporterjail

Selamat jalan Bang Napi. Terima kasih sudah menghibur selama ini.