Brilio.net - Tahun 2017 hingga 2019 mendatang menjadi tahun politik bagi Indonesia. Tahun 2018 akan terselenggara pemilu kepala daerah (pilkada) serentak di beberapa wilayah. Sementara itu, tahun 2019 mendatang akan ada pesta demokrasi pemilu presiden.

Beberapa selebriti Tanah Air ternyata juga ikut dalam gegap gempita tahun politik. Mereka mulai melebarkan sayap bergabung dengan partai politik. Ada yang menjadi kader hingga pengurus partai.

Keterlibatan selebriti di dunia politik sebenarnya sudah menjadi hal lumrah. Jauh sebelumnya telah banyak seleb yang ikut memeriahkan pesta demokrasi dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Siapa saja mereka? Berikut brilio.net telah menghimpun dari berbagai sumber, Sabtu (3/2). Ini deretan selebriti yang terjun ke dunia politik. Ada yang mencalonkan jadi kepala daerah lho!

1. Giring Ganesha

 seleb parpol © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@giring

Vokalis band Nidji pada September 2017 lalu memutuskan untuk bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Giring Ganesha ini mengungkapkan kemantapan hatinya terjun ke dunia politik lewat postingan di Instagramnya.

"Dengan kerendahan hati yang paling dalam, aku mengucapkan terima kasih atas semua doa dan dukungan keluarga, sahabat, nidjiholic dan Netizen yang sampai sekarang masih membanjiri lini masa aku.

Memang agak mencengangkan dan mengagetkan untuk beberapa pihak tapi keputusan untuk terjun ke medan politik dan mencoba menjadi seorang NEGARAWAN untuk Nusa dan Bangsa adalah keputusan besar dalam hidup aku dan keluargaku.

Mengapa PSI ? Karena aku dan teman teman PSI memiliki kesamaan Visi dan Misi mengenai masa depan Indonesia...
Kita ingin Indonesia bebas dari INTOLERANSI, DISKRIMINASI DAN PERSEKUSI. Kita ingin Negara melakukan tugasnya dengan baik karena roda roda pemerintahan dan sistemnya BEBAS DARI KARAT BUSUK KORUPSI yang bisa membunuh BANGSA ini perlahan-lahan. Bersama teman teman PSI aku menemukan sekumpulan anak muda yang perduli, cinta tanah air dan rela berjuang untuk masa Depan Indonesia lebih baik... kami berpolitik bukan untuk memperkaya diri dan partai kami.
Aku ingin cerita Petuah bijak dari ibuku saat aku meminta pendapat dan dukungan dari beliau, "Bila kamu berpolitik hanya untuk menambah kaya dan hartamu maka ibu tidak akan merestui. Tapi bila kamu siap MELAYANI BANGSA DAN MEMPERJUANGKAN KESEJAHTERAAN INDONESIA maka ibu restui dan doakan terus." InsyaAllah pesan dan doa ibu akan aku pegang terus.

Bismillah !! Aku siap menjadi negarawan yang akan memperjuangkan KESEJAHTERAAN BANGSA dan MEMAJUKAN NEGARA KITA TERCINTA, INDONESIA RAYA !! INDONESIA JAYA !" ungkap Giring pada akun Instagramnya.

2. Vicky Shu

 seleb parpol © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@vickyshu

Penyanyi Vicky Shu memutuskan untuk terjun ke dunia politik bergabung dengan Partai Demokrat. Pelantun tembang 'Mari Bercinta 2' ini masuk menjadi pengurus partai di bagian Departemen Budaya dan Pariwisata. Sementara itu, Vicky memang memiliki track record pernah berkuliah di jurusan Ilmu Politik, Universitas Parahyangan, Bandung.

3. Jane Shalimar

 seleb parpol © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@jshaz26

Jane Shalimar memutuskan untuk terjun ke dunia politik bergabung dengan Partai Demokrat. Ia tergabung menjadi pengurus dan memutuskan untuk berhenti dari dunia hiburan Tanah Air. Kini ia sepenuhnya berkarier di dunia politik.

4. Hengky Kurniawan

 seleb parpol © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@hengkykurniawan

Hengky Kurniawan maju menjadi calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat bersama pasangannya Aa Umbara. Hengky Kurniawan telah menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN) sejak 2011. Tak hanya itu Hengky Kurniawan juga pernah mengenyam pendidikan di jurusan politik. Komitmennya berkarier di dunia politik membuatnya perlahan mundur dari dunia hiburan yang telah membesarkan namanya.

5. Andika eks Kangen Band

 seleb parpol © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@andikangenband

Sama halnya dengan Vicky Shu, Andika eks Kangen Band memutuskan untuk masuk Partai Demokrat. Pemilik nama lengkap Maesa Andika Setiawan ini menjabat Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Lampung. Andika bergabung dalam Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono karena memiliki pengalaman di bidang seni dan budaya. Andika dilantik pada Maret 2017 silam.

6. Dina Lorenza

 seleb parpol © 2018 brilio.net

foto: Instgaram/@dinalorenza1975

Aktris Dina Lorenza tak hanya dikenal sebagai pesinetron yang kerap tampil di layar kaca. Wanita 42 tahun ini tengah disibukan dengan kegiatan sebagai pengurus Partai Demokrat. Dina Lorenza turut hadir dalam verifikasi faktual Partai Demokrat pada akhir Januari lalu.