Brilio.net - Momen detik-detik kebakaran kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat, viral di media sosial. Banyak warganet mengunggah video detik-detik terjadinya kebakaran di kilang minyak tersebut. Selain terlihat kobaran api yang begitu besar, terdengar pula ledakan yang menimbulkan suara keras sehingga membuat suasana semakin mencekam.

Hal ini rupanya juga dirasakan oleh artis Lucky Hakim yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu. Lucky mengaku mendengar suara ledakan yang keras sekitar jam 12 malam.

Kejadian tersebut terjadi pada Senin (29/3). Akibat ledakan yang dahsyat itu, si jago merah pun melahap areal kilang Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan.

Dilansir dari kapanlagi.com pada Selasa (30/3), Lucky Hakim selaku Wakil Bupati Indramayu pun turut buka suara terkait insiden ini.

Lucky Hakim cerita kebakaran kilang minyak © 2021 brilio.net

foto: kapanlagi.com/dok.pribadi


"Setahu saya, mungkin sudah lebih dari lima kali. Waktu saya kecil di Cilacap pernah terjadi, mungkin awal tahun 90an dan 1996, kira-kira sebesar ini juga," kata Lucky.

Kejadian tersebut tentu membuat Lucky kaget. Terlebih ia mengaku sempat melewati lokasi kebakaran beberapa saat sebelum insiden terjadi.

"Saya dengar ledakannya sekitar jam 12 malam, pintu dan jendela kaca bergetar, saya pikir itu petir, karena memang semalam hujan lebat. Malah saya beberapa menit sebelumnya sempat lewat situ, jam 11 malam dari arah Cirebon," jelasnya.

Menurutnya, suara ledakan keras sempat terdengar beberapa kali hingga menimbulkan getaran hebat. Saking besarnya kobaran api, langit di atas lokasi kejadian terbilang sangat terang dengan warna memerah disertai kepulan asap hitam pekat.

Lucky Hakim cerita kebakaran kilang minyak © 2021 brilio.net

foto: kapanlagi.com/dok.pribadi

Akibat insiden tersebut, ratusan warga di sekitar lokasi kejadian diungsikan ke tempat yang lebih aman, salah satunya yakni di Pendopo Bupati Indramayu.

Lucky menjelaskan bahwa warga banyak yang panik dan mengungsi. Beberapa dari mereka yang mengungsi ke pendopo sudah ada yang kembali ke rumah, setelah pihak berwenang meyakinkan bahwa kobaran api sudah dalam penanganan dan dilokalisir, sehingga tidak menyebar sampai ke luar.

"Saya mohon doanya agar semuanya baik-baik saja dan menjadi pelajaran bagi kita semua, terutama pihak Pertamina agar meningkatkan kewaspadaan terhadap masalah-masalah tak terduga," pungkas Lucky.