Brilio.net - Bjah pada tahun 2000an terkenal berkat kiprahnya bersama band The Fly. Single hits Terbang membuat nama Bjah sebagai vokalis terkenal. Sayangnya, pada tahun 2005, pria bernama lengkap Muhammad Hamzah ini hengkang dari The Fly. Saat itu, dia beralasan ingin meneruskan studinya S1 Hukum.

Bjah hijrah fly © 2017 brilio.net

foto: liriklaguindonesia.net

Setelah keluar dari group band, Bjah semakin terpuruk. Bjah sempat bercerai dua kali dan pernah tertangkap polisi karena kasus narkoba. Rumah produksi bikinannya bernama Pangeran Matahari juga mempunyai banyak masalah. "Kan dulu saya baru sadar ketika hidup saya hancur setelah saya keluar dari The Fly tahun 2005. Apa yang saya bikin hancur berantakan," ujarnya dikutip dari Kapanlagi, Selasa (28/11).

Penampilan Bjah sekarang sudah berubah total. Pria berdarah Minangkabau itu sekarang sudah hijrah dari musik dan mendalami agama Islam. Dia mengaku mendapatkan inspirasi dari seorang driver taksi online. "Oktober sih, tahun lalu (mulai hijrah)," ujarnya.

Bjah hijrah fly © 2017 brilio.net

foto: Kapanlagi

Waktu itu, sopir taksii online tersebut sedang memutar video kajian seorang ustaz bernama Hasan Basri. Bjah setelah ikut menonton menjadi sadar bahwa perjalanan hidupnya penuh dengan dosa. "Di situ saya kayak ditampar. Ya, nggak akan nyampe lah doa gua," kenangnya.

Setelah berhijrah, Bjah sekarang tak pernah melupakan kewajibannya sebagai muslim. Salat dan puasa sunnah menjadi rutinitas. Tak lupa, Bjah juga selalu melakukan zikir saat ada kesempatan. "Siapa lagi yang bisa nolong? Ya udah, akhirnya saya kerjain semua. Bukan hanya yang wajib saya kerjakan tapi semua sunah juga. Banyak sekali pelajaran," tegasnya.