Brilio.net - Setiap pasangan yang sudah menikah pastinya mendambakan kehadiran anak di dalam rumah tangga mereka. Namun demikian, dalam proses kehamilan tentu bukan hal mudah. Membutuhkan perhatian dan tenaga ekstra untuk menjaganya agar tetap sehat dan baik-baik saja. Tak jarang, beberapa dari mereka harus rela kehilangan jabang bayi yang masih berada di dalam kandungan.

Kondisi ini pun tampaknya pernah dirasakan oleh sederet selebriti Indonesia. Momen kehamilan pertama yang mereka nantikan rupanya berujung pada kesedihan. Mereka harus menjalani kuretase karena mengalami keguguran.

Pengalaman kurang menyenangkan ini pastinya berat, terlebih harus menerima bahwa janin yang pernah tumbuh dan hidup di perutnya kini telah tiada. Namun, pasangan seleb ini mencoba ikhlas dan tabah untuk menghadapinya.

Seperti apa saja kisah perjuangan mereka? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net di bawah ini, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (25/1).

1. Nathalie Holscher.

Loading...

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@nathalieholscher

Begitu bahagia menantikan kehadiran buah hati di tengah keluarga barunya, pasangan Nathalie dan Sule tampak antusias menunjukkan hasil USG calon bayinya. Namun sayang, kebahagiaan tersebut tergantikan dengan perasaan sedih. Pasalnya, melalui Instagram Story Nathalie, ia mengungkapkan jika mengalami keguguran.

Ibu sambung dari Rizky Febian ini menceritakan bahwa kemarin Jumat (23/1), ia mengalami pendarahan hebat. Pendarahan tersebut membuat Nathalie mengalami keguguran.

"Sebenernya sedih tapi harus semangat! Hmm.. oke aku mulai deh, bismillah. Jadi dari hasil USG dan akupun positif alhamdulillah. Kemaren tiba2 pendarahan byk bgt dan akhirnya gakjadi hehe tapi gapapa aku tetep semangat kok!" tulis Nathalie Holscher.

Diakui Nathalie, yang membuat dirinya merasa terpukul karena takut mengecewakan sang suami. Namun, Sule sebagai suami Nathalie justru selalu memberikan semangat dan dukungan kepadanya. Begitupun dengan keempat anak sambungnya. Hal tersebut yang membuat Nathalie selalu bersyukur kendati kondisi tersebut tak mudah baginya.

"bunda harus semangat!! dan trimakasih buat anak2 bunda yang selalu sayang dan perhatian sama bunda, dan suamiku tercinta yang selalu kasih support ke bunda," imbuhnya.

2. Adiezty Fersa.

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@adieztyfersa

Pasangan selebriti yang menikah pada 18 September 2016 ini dirundung duka setelah kepergian janin yang dikandung Adiezty Fersa mengalami keguguran. Istri dari Gilang Dirga ini harus mengikhlaskan buah hatinya di usia kehamilan 22 minggu karena kelainan jantung berat bawaannya.

"Tapi ternyata memang belum rezeki..kami harus mengikhlaskan bayi kami di usia kehamilan 22 minggu karena kelainan jantung berat bawaan si bayi. Penyebabnya lagi-lagi 'pembuahan yang tidak sempurna'," jelas Adiezty dan Gilang Dirga.

Keguguran Adiezty bukanlah kali pertama. Sebelumnya, pada 2016 lalu, ia harus menjalani proses kuretase karena kehilangan buah hatinya. Meski kondisi tersebut tak mudah, Adiez dan Gilang mencoba menerima dan mengikhlaskan. Pasangan ini pun berupaya mengikuti program hamil dengan bayi tabung atau in vitro fertilisation (IVF).

"Mudah-mudahan setelah ini Allah segera memberikan kepercayaan lagi kepada kami. Mohon doanya juga ya, teman-teman semuanya. Sekali lagi terima kasih atas semua supportnya," pungkas Adiez dan Gilang.

3. Atiqah Hasiholan.

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@atiqahhasiholan

Menikah pada 2013 dengan aktor Rio Dewanto, rupanya Atiqah Hasiholan sempat mengalami keguguran di kehamilan pertamanya. Saat itu, kandungan model keturunan Batak ini berusia 4 bulan. Rio Dewanto mengungkapkan kesibukan sang istri menjadi salah satu alasan Atiqah alami keguguran.

"Belum rezekinya kali ya, dibilang kecapekan kali ya," dilansir dari Liputan6.

Sebagai suami, Rio Dewanto pun membesarkan hati istrinya dan mencoba mengikhlaskan. Ia pun terus menyemangati sang istri, agar tidak larut dalam kesedihan karena harus kehilangan calon anak pertamanya.

"Pengen bikin happy terus, menyemangati terus. Pengen buat dia senyum," tandasnya.

Sejak saat itu, pasangan ini menunggu waktu cukup lama hingga akhirnya hamil lagi. Kini, pasangan yang dekat karena cinta lokasi ini telah dikaruniai anak setelah tiga tahun menanti. Anak pertamanya bernama Salma Jihane, lahir pada Mei 2017 lalu.

4. Chua Kotak.

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@chuakotak

Swasti Sabdastantri alias Chua Kotak disebut memiliki rumah tangga sempurna. Dari pernikahannya dengan Firmansyah Mahidin Putra, pada 7 September 2014, Chua Kotak dikaruniai dua momongan.

Namun, siapa yang menyangka jika untuk mendapat momongan, ia harus melalui proses panjang dan penuh drama. Sebelum anak pertamanya lahir, Chua Kotak sempat mengalami keguguran selama dua kali. Kondisi tersebut bahkan membuat mentalnya sempat drop.

"Yang pertama karena kecapekan kemudian muncul flek akhirnya keguguran di usia kandungan 3 bulan. Kali pertama keguguran syok banget. Kala itu habis tampil di acara televisi, belanja bulanan, dan pulang naik mobil menyetir sendiri," cerita Chua Kotak dilansir dari Liputan6.

Chua Kotak pun diliputi rasa bersalah. Saking merasa bersalah, ia kerap menangis saat berada di rumah sakit untuk menjalani kuretase. Beruntung, keluarga dan sahabatnya tak membiarkan musikus kelahiran 3 April 1988 ini larut dalam kesedihan. Mereka selalu menyemangati Chua agar ikhlas.

"Dukungan suami, keluarga, dan sahabat sangat penting. Suami saya berkali-kali mengingatkan dan menenangkan. Dia bilang, 'Sudah nggak apa-apa, nggak usah dipikirkan'," kenang Chua Kotak.

5. Bella Shofie.

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@bellashofie_rigan

Artis cantik Bella Shofie rupanya pernah mengalami hal serupa. Di kehamilan pertamanya, istri Daniel Rigan ini harus ikhlas merelakan kepergian calon buah hatinya karena keguguran. Bella bahkan harus vakum dari industri hiburan untuk menjalani proses penyembuhannya.

"Kemarin pertama waktu hamil aku program ceritanya. Jadi yang pertama itu aku keguguran. Jadi setelah itu dokter bilang jangan terlalu stres jadi kaya kurangin aja. Kurangi dunia entertain, kurangi main Instagram, kan kadang Instagram ada komen negatif, jadi kepikiran," kata Bella dilansir dari Dream.co.

Setelah dinyatakan hamil kembali, Bella pun menjaga betul kondisi janinnya hingga melahirkan. Kini, putranya yang diberi nama Danilo Prince Rigan sudah berusia 2 tahun.

6. Andrea Dian.

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@andreadianbimo

Sebelum akhirnya menjalani proses bayi tabung, rupanya Andrea Dian pernah mengandung calon buah hati. Namun sayang, Tuhan berkehendak lain. Sebab, istri dari Ganindra Bimo ini mengalami keguguran. Kondisi tersebut membuat dokter harus mengangkat saluran telur Andrea Dian bagian kanan dan kiri.

"Tapi ternyata Andrea saluran telurnya kanan kiri harus diangkat. Dan itu kejadian waktu siang-siang. Tiba-tiba Andrea di kamar mandi lama banget. 'Kok nggak keluar-keluar dari kamar mandi ya?'. Pas gue buka, ternyata udah duduk diem gini di toilet. Terus matanya sudah putih," terang Ganindra Bimo lewat channel YouTube-nya.

Pasangan ini pun berusaha ikhlas menerima kenyataan pahit yang dialaminya. Bahwasanya segala sesuatunya dalam hidup sudah direncanakan oleh Tuhan, baik ataupun buruk.

"Namun, kami selalu percaya, rancangan dan rencana-Nya jauh lbh indah dibandingkan kami manusia," paparnya.

7. Ashanty.

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@ashanty_ash

Rumah tangga Ashanty dan Anang Hermansyah yang dibangun sejak Mei 2012 melewati sejumlah romantika. Ashanty bercerita, dua bulan setelah menikah, ia mengalami keguguran. Dalam video yang dipublikasikan di kanal YouTube Daniel Mananta Network, ia menceritakan kronologinya.

Sempat terpeleset dan mengalami pendarahan, rupanya kegugurannya bukan disebabkan faktor tersebut. Namun karena, lemah kandungan.

"Tapi katanya bukan kepelesetnya sih, tapi karena lemah kandungannya," terangnya, dilansir dari Liputan6.

Ketika mengalami pendarahan di kehamilan ketiganya, Ashanty baru mengetahui bahwa ia mengalami gangguan kekentalan darah. Ia pun baru menyadari penyebab kegugurannya hingga dua kali karena kekentalan darah. Hingga akhirnya, ia menjalani pengobatan di Singapura dan kini sudah memiliki 2 orang anak.

8. Paula Verhoeven.

seleb alami keguguran kehamilan pertama © Instagram

foto: Instagram/@paula_verhoeven

Sebelum memiliki buah hati Kiano Tiger Wong, rupanya Paula Verhoeven pernah mengalami kejadian yang cukup berat baginya. Istri Baim Wong ini sebelumnya pernah mengandung, namun sayang kandungannya tidak bertahan lama.

Baim Wong menduga sang istri mengalami keguguran karena kelelahan menempuh perjalanan jauh menggunakan pesawat. Sebab, beberapa waktu lalu keduanya sempat kembali menjalani bulan madu ke beberapa negara.

"Pas kita honeymoon deh, kita kan naik pesawat terus. Honeymoon keliling terus ya nggak berhenti-berhenti, jadi naik pesawat lagi, pesawat lagi, jadi keguguran," ungkap Baim Wong dilansir dari Liputan6.

RECOMMENDED BY EDITOR