Brilio.net - Masih ingat dengan Aliando Syarief? Artis yang pernah main sinetron Ganteng-ganteng Serigala (GGS). Dalam sinetron GGS, Aliando Syarief dipasangkan dengan Prilly Latuconsina.

Setelah lama tak terlihat sosoknya, Aliando Syarief baru-baru ini kembali muncul. Lewat live di Instagram pribadinya, Aliando mengaku telah mengidap gangguan mental OCD atau obsessive compulsive disorder.

"Gue kena musibah, didiagnosis kena OCD yang ekstrem," kata Aliando dalam video Live Instagram, Kamis (27/1).

Kisah perjuangan Aliando sembuh dari OCD © Instagram

foto: Instagram/@aliandooo

Obsessive compulsive disorder atau OCD merupakan gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Apabila hal itu tak dilakukan pengidap OCD akan merasa cemas, khawatir, dan ketakutan.

Ia pun mengaku kini sedang melakukan serangkaian terapi untuk memperbaiki kondisi mentalnya tersebut.

"Jadi, gue berjuang untuk bersih. Doain, ya, teman-teman semoga OCD gua cepat selesai dan bisa balik lagi ke layar kaca," pintanya.

Aliando Syarief menjelaskan bahwa dirinya terkena OCD ekstrem ini pada 2019 akhir. Namun, ternyata dirinya juga sudah pernah kena OCD sejak masih kecil.

Pria kelahiran 26 Oktober 1996 tersebut menjelaskan bahwa pada kelas 2 SD sudah ada gangguan OCD yang harus diselesaikan. Kemudian kondisi membaik sampai akhirnya di usia 25 tahun sekarang ini OCD tersebut muncul kembali.

"Itu dulu pernah kena kelas 2 SD, tapi balik lagi umur 25 sekarang. Waktu SD tuh udah selesai OCD-nya, habis itu kena OCD lagi baru 2019 akhir kemarin," kata Aliando.

Kisah perjuangan Aliando sembuh dari OCD © Instagram

foto: Instagram/@aliandooo

Gangguan OCD tersebut membuat Aliando kesulitan melakukan aktivitas. Sekadar untuk mandi pun, dia membutuhkan perjuangan yang sangat besar.

"Enggak bisa liburan, untuk mandi aja gue gak bisa lho. Mandi itu susah, kayak mau jalan naik mobil atau ngambil barang itu sulit," ucap Aliando.

"Mandi si mandi tetap, tapi mandinya bayangin butuh perjuangan. Kayak gue lagi mandi tiba-tiba lu garuk kepala sampai tengkorak gitu," sambungnya.

Ali mengungkap kalau kondisinya masih butuh pemulihan. Sebelum menutup live di Instagramnya, Ali membeberkan kalau ia akan melakukan terapi. Demi menjaga mentalnya, Ali juga mengaku kalau bermain musik menjadi salah satu metode pengobatan.

*

INFOGRAFIK ALIANDO SYARIEF OCD © 2022 brilio.net

INFOGRAFIK ALIANDO SYARIEF OCD-© 2022 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/far)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/far)