Brilio.net - Akshay Kumar tak hanya familiar di kalangan publik India. Namanya telah melejit dalam skala internasional, termasuk pula di Indonesia. Dia selama ini identik dengan film-film action. Di kehidupan nyata, dia ternyata seorang pelatih martial arts, sehingga wajar jika aktingnya di film action tampak mantap.

Kumar adalah sosok aktor yang tenar bukan karena mendompleng nama besar keluarga atau kerabat. Ketenaran didapatnya dari kerja keras mandiri. Berikut kisah perjalanan hidupnya hingga menjadi salah satu aktor dengan bayaran termahal dunia pada 2016 dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (2/1).

hidup kumar  groundzeroweb.com

Kumar lahir dengan nama asli Rajiv Hari Om Bhatia pada 9 September 1967. Dia menghabiskan hari-harinya di Chandni Chowk, Delhi sebelum sekeluarga pindah ke Mumbai. Kumar sempat mengenyam pendidikan tinggi namun tak sampai lulus. Dia memutuskan pergi ke Bangkok, Thailand untuk belajar martial arts, khususnya Muay Thai.

Dia terpaksa menetap di Negeri Gajah Putih cukup lama karena alasan ekonomi tak memungkinkan untuk kembali ke India. Untuk bertahan hidup dia bekerja sebagai pelayan restoran juga sebagai juru masak. Di sini Kumar mencoba menemukan passionnya. Dia memulai berdagang perhiasan kulakan di Bangkok untuk dijual ke India. Setelah cukup uang dan bisa kembali di India, Kumar segera membuka kelas martial arts.

hidup kumar  groundzeroweb.com

Salah satu muridnya bernama Seth adalah seorang fotografer. Seth memperkenalkannya pada dunia modelling. Kumar juga tercatat pernah bekerja sebagai asisten fotografer selama 18 bulan tanpa dibayar untuk mendapat pengalaman. Tak dinyana, penghasilannya dari modelling selama 2 hari sama dengan penghasilan selama satu bulan penuh.

hidup kumar  groundzeroweb.com

Tak cuma itu, Kumar beberapa kali menjadi penari latar di beberapa film. Suatu kali dia melewatkan kesempatan photoshoot iklan di Bangalore. Dia mencoba membawa portofolio ke sebuah studio film yang langsung disambut baik oleh Produser Pramod Chakravarthy menjadi pemeran di film Deedar (1992). Peran di dunia perfilman dimulai sebagai instruktur karate untuk film Aaj (1987).

Khiladi (1992) adalah film pertamanya yang meledak. Beberapa film yang dibintangi Kumar tenar, misalnya Hera Pheri (2000). Sementara beberapa film terakhir yang tenar adalah Special 26 (2013), Holiday (2014), Baby (2015), Airlift (2016).