Brilio.net - Duta vokalis band Sheila on 7 merupakan sosok yang populer pada era 1990-an. Berkarier sejak 1996, pemilik nama Akhdiyat Duta Mojo ini masih tetap eksis hingga saat ini bersama Sheila on 7. Meski sudah jarang tampil di layar kaca, namun ketenaran band asal Yogyakarta ini tak lekang oleh waktu.

Bertahun-tahun itu pula Duta menjaga kualitas suara. Sebagai vokalis, ia sadar suara modal utamanya dalam menghibur Sheilagank (sebutan untuk penggemar Sheila On 7). Namun siapa sangka, Duta rupanya sempat kehilangan suara hingga mengancam kelangsungan kariernya.

Penyakit Tuberculosis (TBC) yang dialami, berimbas pada rusaknya pita suara pelantun lagu Lapang Dada itu. Suami Adelia Lontoh menjelaskan peristiwa kehilangan suara itu terjadi pada 2011. Kisahnya tersebut Duta ungkapkan saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Ustaz Salim A Fillah baru-baru ini.

Kisah haru Duta Mojo nangis © berbagai sumber

foto: YouTube/Salim A. Fillah

Saat itu, Duta berpikir penyakit yang dirasakannya adalah radang biasa. Dia pun mengonsumsi obat yang biasa dia makan ketika radang muncul.

"Kalau kayak penyanyi itu kan biasa ya. Turnya kan berbulan-bulan 25 kota, 30 kota, kalau terforsir biasanya radang, efeknya suaranya parau atau serak atau yang paling parah habis," ungkap Duta dikutip brilio.net dari YouTube Salim A Fillah, Senin (15/5).