Brilio.net - Tahun 2020 baru berjalan setengah waktu, namun sudah banyak meninggalkan cerita duka. Paling terlihat di dunia hiburan Tanah Air yang banyak kehilangan selebriti, mulai aktor, pemain sinetron, hingga musisi.

Kematian memang menjadi sebuah perpisahan yang menyisakan luka mendalam bagi orang-orang terdekat yang ditinggalkan. Tak ada seorang pun yang tahu kapan kematian itu akan datang.

Tak hanya merenggut nyawa dari orang-orang yang telah lanjut usia, beberapa selebriti muda juga telah mengembuskan napas terakhir, seperti Ashraf Sinclair yang kematiannya sungguh tak tertebak. Pada usia yang masih muda, hidup dengan pola yang sehat, tak mampu membuatnya terhindar dari ajal.

Selain Ashraf, dua musisi Tanah Air juga telah berpulang kepada Sang Pencipta, seperti Glenn Fredly dan Didi Kempot. Keduanya terkenal dengan tembang-tembang cinta yang menggema ke seantero Nusantara.

Lalu siapa saja selebriti yang telah meninggalkan dunia hiburan Tanah Air? Berikut deretan seleb meninggal pada tahun 2020 yang menyisakan kisah duka untuk Tanah Air, seperti brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (22/5).

Loading...

1. Lina Jubaedah.

foto: Instagram/@rizkyfbian

Lina merupakan mantan istri komedian Sule sekaligus Ibu dari penyanyi Rizky Febian meninggal pada 4 Januari 2020. Ia meninggal karena sakit lambung yang dideritanya.

Kepergian yang mendadak itu membuat Rizky Febian menggelar otopsi pada jenazah Lina. Namun, hasil otopsi pun mengesahkan bahwa mendiang meninggal akibat komplikasi beberapa penyakit seperti hipertensi, luka selaput lambung, dan pembengkakan rongga jantung.

2. Ria Irawan.

foto: Instagram/@riairawan

Menderita penyakit kanker getah bening selama bertahun-tahun, membuat Ria Irawan mengembuskan napas terakhir pada 6 Januari 2020 di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

Sebelumnya Ria sempat dinyatakan sembuh dari kanker pada 2017 lalu. Namun ia kembali dirawat di rumah sakit sejak November 2019 karena kanker tersebut kambuh dan merenggut nyawanya.

3. Ade Irawan.

foto: Instagram/@desyratnasari_holic

Dua minggu selang kepergian Ria Irawan, sang ibunda Ade Irawan menyusul kepergian anaknya pada 17 Januari 2020. Aktris senior itu meninggal pada usia 82 tahun di RS Fatmawati, Jakarta.

4. Allan Wangsa.

foto: Instagram/@allanwangsa

Seorang presenter dan pemain film TUYUL yang sekaligus berprofesi sebagai YouTuber ini meninggal dunia pada 4 Februari 2020 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Diketahui, Allan meninggal di usia 31 tahun karena mengidap penyakit gagal ginjal.

5. Ashraf Sinclair.

foto: Instagram/@ashrafsinclair

Aktor sekaligus suami penyanyi Bunga Citra Lestari ini meninggal secara mendadak karena serangan jantung. Ia mengembuskan napas terakhir di usia 40 tahun pada 18 Februari 2020. Banyak yang merasa kehilangan karena kepergiannya yang mendadak dan sebelumnya tidak menunjukkan suatu penyakit pada dirinya.

2 dari 3 halaman

6. Oding Nasution.

foto: Instagram/@inrocknesia

Musisi senior, Oding Nasution merupakan seorang gitaris andal yang telah membidani kelahiran sejumlah band terkenal di Tanah Air seperti God Bless, Gipsy Band, Cockpit, dan Prambors Band. Oding meninggal di usia 65 tahun pada 27 Februari 2020 di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan karena penyakit ginjal.

7. Rama Aiphama.

foto: Instagram/@billboard_ina

Seorang penyanyi Tanah Air dengan aliran musik dangdut, melayu, dan keroncong ini meninggal di usia 61 pada 11 Maret 2020 karena penyakit lambung yang ia rasakan secara tiba-tiba.

8. Purwaniatun.

foto: Instagram/@stemat

Aktris senior yang sering berperan menjadi seorang asisten rumah tangga, Purwaniatun meninggal pada 23 Maret 2020 di usia 66 tahun. Ia meninggal setelah sebelumnya melakukan operasi kanker rahim yang ia derita.

9. Glenn Fredly.

foto: Instagram/@glennfredly309

Musisi ternama, Glenn Fredly meninggal pada 8 April 2020 karena terserang penyakit meningitis. Kepergiannya menyisakan luka mendalam untuk istri dan anaknya yang saat itu baru berumur satu bulan.

10. Andy Ayunir.

foto: Instagram/@ekyparatama

Musisi Andy Ayunir meninggal dunia pada 23 April 2020 di RSPB, Jakarta karena penyakit stroke yang sudah satu tahun terakhir ia derita.

3 dari 3 halaman

11. Erwin Prasetya.

foto: Instagram/@stanleytulung

Mantan bassist band Dewa 19 ini meninggal dunia pada 2 Mei 2020 akibat mengalami pendarahan pada bagian lambungnya. Hal ini membuatnya sempat mengalami penurunan kesadaran dan akhirnya meninggal. Jenazah Erwin dikebumikan di Keputih, Surabaya.

12. Didi Kempot.

foto: Instagram/@didikempot_official

Penyanyi legendaris yang tengah naik daun dan digandrungi kaum millenial ini meninggal secara mendadak pada 5 Mei 2020. Didi Kempot mengalami henti jantung yang membuatnya mengembuskan napas pada usia 53 tahun di RS Kasih Ibu, Solo.

13. Adi Kurdi.

foto: Instagram/@pluralidn

Aktris senior, Adi Kurdi yang menjadi pemeran Abah dalam sinetron Keluarga Cemara meninggal di usia 71 tahun pada 8 Mei 2020 di RS Pusat Otak Nasional Cawang, Jakarta Timur.

14. Stan Isakh.

foto: Instagram/@stantheman.official

Penyanyi muda sekaligus penulis lagu, Stan Isakh meninggal pada 10 Mei 2020 akibat penyakit Pneumonia duplek. Sebelumnya ia menjalani isolasi di rumah sakit karena PDP virus corona.

Stan Isakh sempat mengikuti tes swap. Namun sebelum hasilnya keluar, Stan Isakh sudah kembali ke pangkuan Tuhan YME.

15. Henky Solaiman.

foto: Instagram/@opahenky

Aktor senior Henky Solaiman tutup usia di umur 78 tahun pada 15 Mei 2020. Dia meninggal karena mengidap kanker usus yang menggerogoti tubuhnya beberapa bulan terakhir ini.

RECOMMENDED BY EDITOR