Brilio.net - Diabetes dikenal sebagai salah satu penyakit yang cukup mematikan di dunia, selain stroke dan jantung. Berdasarkan data dari International Deabetes Federation (IDF), Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia, yakni sekitar 10 juta orang pada tahun 2015 lalu.

Penyakit diabetes atau nama lengkapnya diabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolisme menahun akibat pankreas yang tak mampu memproduksi insulin secara cukup atau tak mampu menggunakan insulin yang telah diproduksi secara efektif. Insulin merupakan hormon yang berfungsi mengatur keseimbangan darah dalam tubuh.

Tak peduli status sosial maupun latar belakang lainnya, penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali kalangan seleb. Sejumlah seleb di Indonesia ternyata diketahui pernah menderita penyakit yang bisa memicu berbagai komplikasi itu. Meski ada yang berhasil sembuh, sejumlah seleb Tanah Air diketahui meninggal dunia usai berjuang melawan diabetes.

Siapa saja? Berikut kisah 7 seleb yang meninggal dunia karena diabetes yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (3/7).

1. Jacky Zimah.

Loading...

seleb meninggal diabetes © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Salah satu pedangdut legendaris Indonesia yang terkenal pada tahun 1980-an, Jacky Zimah menghembuskan nafas terakhir pada Selasa (2/7) lalu. Jacky meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit diabetes yang telah memicu komplikasi infeksi paru-paru. Sebelumnya, Jacky Zimah sempat dirawat selama 10 hari di rumah sakit. Selain perawatan medis, Jacky juga telah menjalani pengobatan alternatif. Namun, pada akhirnya takdir berkehendak lain.

2. Oon Project Pop.

seleb meninggal diabetes © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Muhammad Fachroni atau yang lebih populer dengan nama Oon Project Pop meninggal dunia pada Jumat, 13 Januari 2017 lalu. Pria berusia 44 tahun meninggal karena komplikasi penyakit diabetes yang dideritanya. Penyakit diabetes telah diderita Oon selama enam tahun terakhir. Penyakitnya itu kemudian menjalar ke jantung dan ginjal yang mengharuskannya cuci darah seminggu sekali.

3. Tata Dado.

seleb meninggal diabetes © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Safei Salifan Dado atau yang lebih dikenal sebagai Tata Dado merupakan komedian yang meninggal dunia karena diabetes pada tahun 2013. Komplikasi penyakit membuat ia terserang stroke dua tahun sebelumnya. Ia meninggal dunia pada usia 47 tahun.

4. Djudjuk Srimulat.

seleb meninggal diabetes © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Pelawak Djudjuk Srimulat menutup usia pada Februari 2015 lalu. Ia diketahui cukup lama menderita komplikasi penyakit diabetes dan kanker. Djudjuk meninggal dunia di Yogyakarta pada umurnya 67 tahun. Semasa hidupnya, ia dikenal dengan peran sebagai nyonya besar di banyak pentas grup Srimulat.

5. Mara Karma.

seleb meninggal diabetes © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Selain Jacky Zimah, pedangdut senior lain yang meninggal dunia karena penyakit diabetes ialah Mara Karma. Ia meninggal dunia di usia 63 tahun, tepatnya pada bulan Mei 2015. Mara Karma dikenal lewat lagu berjudul Resesi Dunia di era 80-an. Saat itu, ia bersaing dengan grup dangdut Rhoma Irama.

6. Frans Tumbuan.

seleb meninggal diabetes © 2019 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Aktor dan pengusaha Frans Tumbuan meninggal dunia karena penyakit diabetes di usia 75 tahun, tepatnya pada tanggal 23 Maret 2015 lalu. Selama hidupnya, berbagai film telah dibintangi Frans. Ia memulai kariernya lewat film berjudul Bung Kecil pada 1978. Era 1990-an merupakan masa keemasan bagi Frans Tumbuan.

7. Suzanna.

seleb meninggal diabetes © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Ratu film horor Indonesia, Suzanna meninggal di usia 66 tahun pada Oktober 2008 lalu. Perempuan bernama lengkap Suzanna Martha Frederika van Osch itu menderita komplikasi penyakit diabetes melitus yang telah lama diderita.

RECOMMENDED BY EDITOR