Brilio.net - Meski lahir dari keluarga yang berada, namun tak lantas membuat anak-anak seleb merasakan hidup serba enak. Tak sedikit juga yang sudah merasakan berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan kuliah sambil bekerja.

Hal tersebut juga dirasakan oleh deretan anak seleb ini. Tinggal di negeri orang untuk menempuh pendidikan, anak-anak seleb ini dituntut untuk hidup mandiri.

Untuk mencari uang saku tambahan, anak-anak seleb ini nggak segan mencari kerja sambilan. Nggak cuma mencari uang, kerja sambilan yang mereka jalani sekaligus bisa menambah daftar pengalaman mereka sebagai bekal di dunia kerja.

Kisah anak-anak seleb yang menjalani kuliah sambil kerja tersebut pun bikin salut publik. Orang tua mereka pun turut merasakan bangga terhadap pencapaian sang anak.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (7/6), berikut kisah tiga anak seleb kuliah di luar negeri sambil kerja.

Loading...

1. Shawn Adrian, anak Andi Soraya.

Perjuangan anak seleb kuliah sambil kerja Instagram

foto: Instagram/@andisorayabeatrix

Sejak dua tahun lalu, Andi Soraya harus berpisah dengan sang putra, Shawn Adrian yang kuliah di Kanada. Meski memiliki orang tua selebriti, namun hal tersebut tak membuat Shawn bermanja-manja. Ia tetap bekerja keras untuk menghidupi dirinya sendiri.

Shawn Adrian pun nggak segan menjalani kuliahnya sembari kerja sambilan. Nggak tanggung-tanggung, putra Andi Soraya dan Steve Emmanuel ini kerja di tiga tempat sekaligus.

Kisah perjuangan sang anak tersebut baru-baru disampaikan oleh Andi Soraya.

"Kerja sebagai kasier, web developer, terus di toko perkakas dia sebagai asisten untuk mempromosikan salah satu brand mereka," kata Andi Soraya dilansir dari liputan6.com.

Bukan hanya untuk memenuhi tambahan uang saku, keputusan Shawn untuk bekerja sambil kuliah juga untuk menambah pengalaman. Usaha Shawn tersebut pun membuat Andi Soraya bersyukur.

"Jadi ketika mencapai sesuatu itu dari dirinya sendiri. Jadi benar-benar itu usaha saya yang harus bersakit-sakit, menciptakan koneksi sendiri. Itu yang aku syukuri," lanjut Andi Soraya.

2. Sabian Tama, anak Wishnutama.

Perjuangan anak seleb kuliah sambil kerja Instagram

foto: Instagram/@wishnutama

Perjuangan untuk menempuh pendidikan sembari bekerja juga dirasakan putra sulung, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Sabian Tama. Pernah merasakan kuliah di Australia, kehidupan Sabian Tama sebagai mahasiswa nggak melulu serba berkecukupan.

Meski sang ayah merupakan sosok penting sejak sebelum jadi menteri, namun Sabian Tama harus merasakan susahnya bekerja sambil kuliah untuk mencari uang tambahan. Saat kuliah, Sabian pernah bekerja sebagai juru masak di salah restoran Jepang.

Kemandirian Sabian Tama tersebut pun membuat Wishnutama merasa bangga. Sabian Tama sendiri kini sudah menyelesaikan kuliahnya dan kembali di Indonesia.

"Belajar bekerjalah dari bawah sehingga kamu bisa lebih menghargai siapapun dengan tulus. Semangat terus belajar, bekerja dan selalu menjadi orang jujur," tulis Wishnutama saat mengunggah momen Sabian sedang bekerja.

3. Shaloom Razade, anak Wulan Guritno.

Perjuangan anak seleb kuliah sambil kerja Instagram

foto: Instagram/@wulanguritno

Memutuskan kuliah di London, Inggris sejak 2016 lalu, Shaloom Razade juga merasakan suka duka sebagai mahasiswa yang jauh dari keluarga. Selama kuliah, putri Wulan Guritno ini dituntut untuk serba mandiri.

Meski segala kebutuhannya dipenuhi orang tuanya, namun hal tersebut tak lantas membuat Shaloom bermanja-manja.

Selain selalu berusaha untuk menjaga nilainya agar bisa bertahan di London, Shaloom juga nggak segan merasakan kuliah sambil kerja. Apalagi biaya hidup di London tidak murah.

"Pokoknya ada perjanjian dari awal, nilai harus semaksimal mungkin kalau di bawah A, misalnya itu aku akan ditarik kembali ke Indonesia. Jadi aku harus push diri aku sendiri agar nilai aku di atas rata-rata, dan itu juga menjadi kebanggaan buat aku. Aku juga tahu biaya hidup di sana nggak murah, dan aku pernah juga lho nyoba kerja sambilan di sana, iseng ajah sih karena aku pengin tahu. So far so good," ungkap Shaloom seperti dilansir dari fimela.com.

RECOMMENDED BY EDITOR