Brilio.net - Ketika berbicara tentang kehidupan kalangan selebriti, orang-orang akan fokus pada hidup mewah yang serba berkecukupan karena upah yang besar. Karena predikat itu orang melupakan bahwa ada beberapa selebriti yang memulai karir dari bawah sebelum mereka terkenal dan hidup berkecukupan seperti sekarang.

Ya, beberapa seleb Tanah Air memang memulai karier dari bawah. Bahkan ada yang sempat menjadi kuli bangunan dengan upah yang kecil meski pekerjaannya sangat melelahkan.

Penasaran siapa saja seleb yang pernah bekerja menjadi kuli bangunan sebelum menjadi artis dan terkenal seperti sekarang? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (28/5), ini dia deretan selebriti yang sempat bekerja keras sebagai kuli bangunan sebelum terkenal sebagai artis.

1. Oppie Kumis.

seleb yang sempat jadi kuli bangunan Berbagai sumber

foto: Instagram/@opiekumis17

Komedian Oppie Kumis adalah salah satu komedian yang sudah sangat terkenal. Dengan ketenarannya juga Oppie sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi kekayaan.

Namun belum banyak yang tahu bahwa Oppie Kumis juga adalah sosok pekerja keras di masa lalu. Dilansir dari kapanlagi.com, Jumat (28/5), Oppie pernah menjadi kuli bangunan, bahkan pernah merasakan yang namanya hanya diberi upah Rp 12 ribu dalam sehari. Tentu sangat jauh dibandingkan honornya setelah menjadi komedian ternama.

2. Andika Kangen Band.

seleb yang sempat jadi kuli bangunan Berbagai sumber


foto: Instagram/@babang_andikamahesa

Siapa yang nggak kenal dengan artis sekaligus vokalis Kangen Band, Andika Mahesa atau yang akrab disapa dengan Andika Kangen band atau juga 'Babang Tamvan.'

Sebelum tergabung dalam Kangen Band lalu terkenal sebagai seorang artis, Andika pernah bekerja sebagai kuli bangunan. Bukan hanya sebagai kuli bangunan saja, namun dia sempat berjualan cendol juga demi bisa mencari nafkah untuk melanjutkan hidup.

3. Azis Gagap.

seleb yang sempat jadi kuli bangunan Berbagai sumber


foto: Instagram/@gagapofficial

Azis Gagap adalah komedian yang tergabung di acara Opera Van Java (OVJ) yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta. Masa kejayaan OVJ bersama Azis Gagap terjadi ketika Azis Gagap masih bermain bersama dengan Andre Taulany, Sule, Parto, Nunung dan ada beberapa artis lain.

Dilansir dari kapanlagi.com, Azis pernah bercerita bahwa sebelum jadi artis dia adalah seorang kuli bangunan. Profesi itu memang menjadi pilihan yang bisa dipilih karena dia hanya memiliki Ijazah Sekolah Dasar (SD).

Namun Azis nggak pernah malu mengakui itu, karena Azis juga sudah pernah mengatakan bahwa dia akan mengerjakan apa saja yang bisa dikerjakan asal itu pekerjaan yang halal.

4. Tukul Arwana.

seleb yang sempat jadi kuli bangunan Berbagai sumber


foto: Instagram/@tukul.arwanaofficial

Komedian sekaligus presenter Tukul Arwana adalah salah satu contoh sosok komedian yang sukses di industri hiburan. Namun, siapa sangka bahwa tukul adalah sosok yang pernah bekerja sebagai kuli bangunan di masa lalu. Selain itu, Tukul juga pernah merasakan momen dimana dia harus diusir dari kontrakan karena sudah menunggak uang sewa.