Brilio.net - Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh belahan dunia. Saat Ramadan, kita dianjurkan untuk berpuasa sebulan penuh dengan menahan haus dan lapar.

Momen Ramadan yang hanya datang setahun sekali ini tentu menyimpan banyak kenangan indah. Kenangan itu menjadi sebuah nostalgia saat diingat di tahun selanjutnya.

Aktor tampan Kiki Farrel salah satu selebriti yang memiliki kenangan tak terlupakan saat Ramadan. Pria 34 tahun itu menceritakan kisah lucunya berpuasa saat masih kecil. Kiki mengaku saat menginjak Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia pernah buka puasa setiap azan berkumandang. Padahal, buka puasa sendiri hanya boleh dilakukan setiap azan Magrib. Menurutnya, itu menjadi pengalaman lucu yang masih diingat hingga saat ini.

"Kalau waktu kecil kan misal puasa itu kayak latihan gitu, setengah hari. Misalnya dzuhur kita makan, nanti lanjut lagi. Tapi waktu itu sih udah lumayan gede juga udah SMP jadi setiap azan itu makan," kata Kiki Farrel saat ditemui media.

Selain itu, saat pulang sekolah ia kerap memanjat pohon dan makan diam-diam.

"Jadi kalau pulanh sekolah suka makan meses, lucu banget sih. Yang nggak terlupakan juga tuh pas tarawih, saat ceramah dulu ada buku gitu ditandatangan sama penceramah, seru lah," tambahnya

Momen lucu sering berbuka puasa sebelum waktunya tentu saja hanya dilakukan saat waktu kecil. Kini ia sudah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

"Ya sekarang kita udah dewasa, ya menyiasatinya ya pas sahur harus makan makanan cukup sehat dan minumannya supaya tahan lapar," ucapnya.

Selama bulan Ramadan, Kiki Farrel seolah punya tradisi khusus. Biasanya, setiap awal Ramadan pemain sinetron Cinta Kirana ini selalu menyempatkan untuk buka puasa dan sahur bersama orang tuanya di rumah.

"Biasanya kayak gitu, yang namanya pertama pengennya di rumah. Kayak menyambut puasa pertama, mama masak, harus wajib di rumah," katanya.

Sebagai salah satu seleb yang sibuk dengan kegiatan syuting, ia selalu mengantisipasi cari makanan yang simpel untuk berbuka dan sahur. Beruntungnya sudah banyak restoran cepat saji yang menyediakan makanan yang cukup hanya dipanaskan sebelum disantap.

"Kalo kerjaan nggak ada masalah nggak buka puasa di rumah. Aku juga udah nyiapin makanan buat buka puasa yang simpel. Kaya sukiyaki set. Jadi tinggal dimasukin ke microwave jadi ya udah bisa kita makan," ujar Kiki Farrel.

Bagi Kiki Farrel, menjalani puasa di masa pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan. Untungnya, karena sudah ada pengalaman tahun lalu, dirinya mulai terbiasa menjalani aktivitas di masa pandemi.

"Jadi sebenernya ini bukan pertama, tahun kemaren pandemi awal-awal kita belum terbiasa, ke luar nggak bisa, solat tarawih belum dibuka, jadi di rumah aja. Tapi ini tahun kedua, kedua kalinya kita puasa di pandemi, sekarang sih udah terbiasa. Udah agak longgar ya," tutup Kiki Farrel.