Brilio.net - Setelah kurang lebih empat bulan keliling dunia, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya kembali ke Tanah Air pada Sabtu (22/2) lalu. Raffi dan Nagita bersama rombongannya telah mengunjungi 25 negara. Tak heran pasangan yang menikah pada 17 Oktober 2014 ini harus mengeluarkan biaya yang fantastis.

Walau banyak biaya yang ia keluarkan, Raffi merasakan energi baru saat tiba di Tanah Air. "Kemarin Alhamdulillah ngelewatin 25 negara, 4 bulan, jadi 3-4 hari pindah, tapi seru banget. Ternyata benar-benar ngerasain energi baru. Setiap negara mengalami kejadian luar biasa," kata Raffi seperti dikutip dari merdeka.com yang melansir dari Insert Investigasi, Senin (24/2).

Raffi harus menggelontorkan uang mencapai miliaran rupiah untuk keliling dunia. Ia mengungkap, biaya paling mahal dihabiskan untuk penginapan serta makan.

"Nggak tahu kalau ditotalin nggak tahu. (Rp 5 miliar) lebihlah, lebih. (Kalau 10 miliar) mungkin, bisalah itu, mungkin," cerita Raffi.

Raffi Ahmad habiskan Rp 10 M keliling dunia © 2020 instagram.com

Loading...

foto: Instagram/@raffinagita1717

Raffi mengatakan untuk biaya makan saja ia bisa merogoh kocek mencapai jutaan rupiah untuk sekali makan.

"Makan kalau di Eropa makan tuh mahal. Karena nggak ada warteg kan di situ, makan siang pasti 10 orang bisa 1 juta sampai 1,5 juta. Belum makan malam. Jadi satu hari pasti keluar Rp 2-3 juta buat makan," kata Raffi.

Bahkan, lanjut dia, ada juga yang sampai Rp 20 juta-Rp 30 juta sekali makan kalau weekend. "Kebetulan kita memang lamanya di Eropa sampai dua bulan," ungkap dia.

Raffi Ahmad habiskan Rp 10 M keliling dunia © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@raffinagita1717

Selain makan, hotel dan penerbangan juga menjadi pengeluaran terbesar. "Hotel juga aku cari yang bintang 4, bintang 5. Hotel juga bukan buat gaya-gayaan, sebenarnya untuk keamanan," katanya.

Raffi Ahmad habiskan Rp 10 M keliling dunia © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@raffinagita1717

"Alhamdulillah kita juga banyak yang bantu. Pusing di hotel sih pusing, hotel sama penerbangan, hotel deh dikali 120 hari. Terus makannya, di Eropa tuh yang paling mahal. Anggap kita ada 10 orang, satu kali makan pasti di atas sejuta," cerita Raffi.

RECOMMENDED BY EDITOR