Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Selebritis
Agustin Wahyuningsih (brl/tin)

21 Juli 2019 14:01

Kampanye tolak plastik, Kaka Slank: DKI Jakarta harus malu

Kaka berharap Jakarta bisa menjadi trendsetter..

Kampanye tolak plastik, Kaka Slank: DKI Jakarta harus malu

View Image



foto: Instagram Dinas Lingkungan Hidup DKI @dinaslhdki

Brilio.net - Problem sampah plastik telah menghantui di seluruh belahan bumi, tak terkecuali Indonesia. Kampanye tolak plastik terus digaungkan. Salah satunya dalam acara Pawai Bebas Plastik di Bundaran HI, menuju Monas, Jakarta Pusat pada Minggu (21/7) pagi tadi.

Acara yang dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti itu merupakan aksi terbesar di Indonesia untuk menolak plastik sekali pakai.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

"a movement must start from yourself,a matter that intrigued your heart then sending a signal to your brain giving instructions to move your legs,hands and your whole body to make a move" . . . Pawai Bebas Plastik adalah gerakan bersama dan aksi terbesar di Indonesia, yang mengajak masyarakat menunjukkan komitmennya untuk menolak plastik sekali pakai (#TolakSekaliPakai) pada : Minggu, 21 Juli 2019 06.00 WIB – 10.00 WIB Bundaran HI - Lapangan Aspirasi Monas Titik temu : Area CFD depan Hotel Kempinski. Agenda acara : Pawai, Orasi, Flashmob, Monster Plastik dan Pertunjukan Musik. Akan dihadiri oleh : Susi Pudjiastuti Kaka dan Ridho Slank Navicula @naviculamusic Dan masih banyak lagi! MC : Veronika @veronika.twns dan Valerie @valerie.twns (Twins of Asia's Next Top Model 5) Mau hadir sebagai peserta Pawai? Daftarkan dirimu di bit.ly/pawaibebasplastik dan jangan lupa untuk membawa poster yang menyuarakan #TolakSekaliPakai #tumblerforever #rockandrollterus #ngerock #alami

A post shared by Kaka SLANK (@fishgod) on

Dalam acara itu juga ada Kaka dan Ridho Slank, band Navicula dari Bali, dan banyak lagi.

Menanggapi kampanye tolak plastik ini, Kaka memiliki pendapat sendiri.

Loading...

"Sebetulnya DKI Jakarta harus malu, Bali sudah duluan, Balikpapan juga sudah, Bogor dan Banjarmasin sudah duluan juga, Jakarta harus jadi trendsetter tolak plastik sekali pakai," kata Kaka di sela-sela kampanye tolak plastik sekali pakai di Taman Aspirasi Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, seperti dilansir Brilio.net dari Antara, Minggu (21/7).

Kaka mengatakan kampanye tolak plastik sekali pakai yang dilakukan dengan aksi pawai jalan kaki dari Bundaran HI menuju Monas adalah untuk mengajak pemerintah DKI Jakarta agar ikut berkomitmen mengurangi sampah plastik dengan menolak penggunaan plastik sekali pakai.

Aksi pawai yang dipimpin Susi Pudjiastuti itu diikuti peserta yang datang dari berbagai wilayah seperti, Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor dan Sukabumi.

Kaka mengatakan mengurangi sampah plastik tidak sulit, cukup sederhana dimulai dari diri sendiri.

"Minum tes es manis jangan pakai sedotan, minum kelapa muda tinggal langsung aja," ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ada apa di Bundaran HI - Sudirman ... ? Siapa Jakartans yang pagi ini kaget melihat rombongan yang meng-Kampanyekan #TolakPlastikSekaliPakai (21/7/19).... . . Kenapa? Yak kita sudah tau setiap hari berapa kali kita buang sampah berupa plastik? 2-3-4-5 Kali? Atau bahkan lebih . . Terlihat Ibu Menteri @susipudjiastuti115 @fishgod - Ridho Slank dan juga Sekdis #DinasLHDKIJakarta @yusiono Kasie PS @wy_rahma bersama para warga Jakarta, slankers, dan @pandulaut.id bersinergi agar Jakarta tetap terjaga lingkungannya. . . "Sampah Plastik? TIDAK ! Buang Sampah Sembarangan? TENGGELAMKAN!", ujar Susi bersama warga @dkijakarta @aniesbaswedan #saynotoplastic #plasticwar

A post shared by Dinas Lingkungan Hidup DKI (@dinaslhdki) on

Seperti yang disampaikan Kaka, terdapat sejumlah kota di Indonesia yang memiliki peraturan daerah kurangi kantong plastik yakni Kota Bogor, Denpasar, Bali, Balikpapan dan Banjarmasin.

Kota Bogor salah satunya telah mencanangkan program "Botak" yakni Bogor tanpa kantong plastik yang dimulai dari tanggal 1 Desember 2018. Program ini melarang setiap pasar swalaya dan toko swalayan menyediakan kantong plastik kepada pembeli.

Kampanye ini juga menyuarakan agar pemerintah daerah seperti Pemprov DKI Jakarta untuk tidak ragu menerbitkan peraturan daerah terkait pembatasan penggunaan kantong plastik, menyusul terbitnya Putusan Mahkamah Agung Nomor 29 P/HUM/2019.

Kampanye tolak plastik sekali pakai dimulai dari Bundaran HI menuju Taman Aspirasi Monas. Menurut Kaka, pemilihan lokasi karena sangat tepat mengingat ada banyak orang yang akan mendengar seruan tolak plastik sekali pakai.

"Kenapa di CFD karena semua komunitas ada di sini, dari mulai pelari ada, orang yang suka jalan dan tukang makan juga ada pun banyak, kita kampanye pas tempatnya," tutur Kaka.

Kaka optimistis Indonesia umumnya, Jakarta khususnya bisa mengurangi sampah plastik yang saat ini menjadikan negara Indonesia sebagai produsen sampah plastik yang dibuang ke laut nomor dua di dunia. Cara itu dilakukan dengan mengubah pola pikir.

"Pola pikir ini kita ubah pelan-pelanlah, pasti bisa," tukas Kaka.

Dalam kampanye itu, Kaka dan Ridho Slank juga berkesempatan tampil menyanyikan sejumlah tembang Slank untuk menghibur para peserta pawai.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Slank Grup Band Sampah Plastik Menteri Susi Pudjiastuti Peduli Lingkungan Selebriti Musisi Indonesia
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE