Brilio.net - Ajang pencarian bakat Indonesian Idol seringkali sukses menelurkan penyanyi-penyanyi top dan berbakat yang kini sukses berkarier di dunia musik Tanah Air.

Ajang yang diadopsi dari Pop Idol asal Inggris ini pertama kali diselenggarakan di Indonesia tahun 2004. Sejak saat itu, Indonesian Idol dianggap sebagai salah satu ajang pencarian bakat terbaik.

Hingga diselenggarakan terakhir tahun 2014, ajang Indonesian Idol total sudah menelurkan delapan pemenang. Lalu seperti apakah kabar kedelapan pemenang tersebut?

Yuk simak ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber di bawah ini.

 

1. Joy Destiny Tobing.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@joydestinytobing


Ajang Indonesian Idol pertama yang diselenggarakan tahun 2004 menelurkan Joy Tobing sebagai juara pertama. Pada saat itu Joy berhasil mengalahkan Delon Thamrin atau Delon Idol.

Kemenangan Joy Tobing sempat tercoreng gara-gara kena masalah. Saat itu Joy dituduh melakukan rekaman tanpa sepengetahuan pihak Fremantlemedia.

Bertahun-tahun berlalu, nama Joy Tobing seolah ditelan bumi. Kini penyanyi 37 tahun tersebut rupanya memang sudah tak terlalu aktif di dunia tarik suara.

Namun Joy terlihat tetap aktif menyanyi untuk sebuah pelayanan gereja di daerah Jakarta Selatan. Ia pun kini sibuk menjadi single parent. Joy kerap mengunggah kebersamaan bersama sang buah hati tercinta, Joshua.

 

2. Mike Mohede.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@mikemohede


Setelah Joy Tobing, ada nama Mike Mohede yang sukses menjadi juara Indonesian Idol edisi kedua. Saat itu, Mike sukses mengalahkan Judika yang keluar sebagai runner up.

Setelah menang Indonesian Idol, nama Mike Mohede semakin bersinar. Ia bahkan sempat terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang yang bertaraf internasional, Asian Idol.

Namun sayangnya, Mike Mohede harus tutup usia pada tanggal 31 Juli 2016 akibat serangan jantung di RS Premier Bintaro. Mike meninggal di usia 32 tahun.

 

3. Ihsan Tarore.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@ihsantarore


Di musim ketiga, ada nama Ihsan Tarore yang menjadi juara pertama Indonesian Idol tahun 2006. Pria kelahiran Kota Medan ini sukses mengungguli Dirly Sompie.

Selepas menjadi juara, karier Ihsan semakin bersinar. Ia tak hanya sukses menyanyi, tapi juga bermain di berbagai film layar lebar, seperti JK, Sang Pencerah, dan Bait Surau. Ihsan pun sempat membintangi beberapa sinetron dan FTV.

Namun di pertengahan 2017 kemarin, penyanyi 28 tahun ini sempat bermasalah dengan juara Indonesian Idol lainnya, Aris Runtuwene. Perseteruan Aris Idol dengan Ihsan terbilang sepele.

Pangkal masalah berawal dari komentar Ihsan yang menyebut Aris Idol dengan sebutan tengil. Tak tanggung-tanggung, Aris Idol pun sempat melaporkan Ihsan Tarore ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Di tahun yang sama, Ihsan sempat menjalin hubungan asmara dengan penyanyi Denada. Sayangnya, hubungan mereka harus kandas di tengah jalan karena isu orang ketiga.

Kini, Ihsan tak cuma sibuk menyanyi dan jadi aktor. Ia juga buka bisnis baru di bidang kuliner. Usaha yang ia beri nama Madang Mamak itu menawarkan masakan rumahan khas Medan.

 

4. Rini Wulandari.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@rinni_w


Rini Wulandari merupakan pemenang termuda Indonesian Idol di tahun 2007. Selepas menjadi juara, Rini kemudian bergabung dengan label Sony BMG.

Penyanyi 27 tahun ini sempat menelurkan beberapa single, seperti Jera, Rapuh, dan juga Tetap Bahagia. Ia pun mengubah ejaan namanya menjadi Rinni dengan dua huruf 'N'.

Rinni kemudian menikah dengan Jevin Julian pada 7 Mei 2017. Keduanya lantas tergabung dalam grup musik Soundwave. Agustus 2017 kemarin, kabar bahagia datang dari pasangan tersebut.

Rinni Wulandari mengumumkan kehamilan pertamanya bertepatan dengan hari ulang tahun sang suami.

 

5. Aris Runtuwene.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@aris_mania08


Setelah Rinni, ada nama Aris Runtuwene yang menjadi juara Indonesian Idol tahun 2008. Aris sukses mengalahkan Gisella Anastasia yang menjadi juara kedua.

Dari para pemenang lainnya, Aris bisa dibilang bernasib paling ironis. Selepas mengikuti Indonesian Idol, nama Aris pun seolah tenggelam dengan kemunculan musisi-musisi lainnya.

Kehidupan Aris kembali ke titik nol. Ia sempat kembali menjalani hari-harinya sebagai pengamen jalanan. Kehidupan rumah tangganya bersama Rosillia Octo Fany pun ikut berantakan.

Konflik rumah tangganya dipicu dugaan perselingkuhan Aris dengan wanita lain hingga kasus KDRT. Beruntung, rumah tangga mereka bisa terselamatkan.

Namun pada Juni 2017, penyanyi 32 tahun ini sempat menghilang tiba-tiba. Sang istri, Fany mengabarkan bahwa Aris telah menghilang selama tiga hari.

Menghilangnya Aris Runtuwene itu rupanya menguak profesi baru juara Indonesian Idol tersebut. Aris rupanya telah beralih profesi sebagai driver taksi online.

Himpitan ekonomi rupanya menjadi alasan Aris beralih profesi. Aris mengaku karier bermusiknya sudah meredup sejak ia menyelesaikan kontrak dengan band Nirwana.

 

6. Igo Pentury.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@igopentury


Igo Pentury berhasil menjadi juara Indonesia Idol di tahun 2010 setelah mengalahkan Citra Scholastika. Usai menjadi juara, penyanyi 24 tahun ini sebenarnya pernah mengeluarkan album perdana yang berjudul Terima Kasih.

Namun setelah itu, nama Igo Pentury seolah ditelan bumi. Ia kalah saing dengan musisi lainnya.

Brilio.net mencoba menelusuri kehidupan Igo Pentury sekarang lewat akun media sosialnya. Terungkap, Igo rupanya baru saja menyelesaikan studi S1-nya di Universitas Trisakti.

Igo baru saja wisuda 8 Oktober 2017 kemarin.

"2010 - 2017. Sebuah perjalanan akademisi yang begitu lama yang dalam masa-masa akhir selalu ada suasana yang dipertanyakan, ditunggu, dipermasalahkan. Namun Tuhan Yesus itu baik, lewat proses ini bukan hasil yang Tuhan minta namun usaha dan semangat yang DilihatNya. I Love Seven Years," tulis Igo.

 

7. Regina Ivanova.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@ivanova.regina


Regina Ivanova merupakan penyanyi kafe yang sukses menjadi juara Indonesia Idol di musim ketujuh. Regina sukses mengungguli Kamasean Matthews.

Selepas ajang Indonesian Idol, Regina pun sempat menelurkan beberapa single, seperti Kemenangan, Terlalu Indah, dan Aku Jatuh Cinta.

Kini, lima tahun berlalu, Regini masih aktif di dunia tarik suara. Tanggal 13 Oktober 2017 kemarin, Regina bahkan sempat dipercaya menjadi juri audisi Indonesian Idol 2017 di Kota Padang.

 

8. Nowela Elizabeth Auparay.

kabar pemenang indonesian idol kini © 2017 instagram
foto: Instagram/@mikhelia

Nowela Auparay merupakan juara Indonesian Idol terakhir tahun 2014. Saat itu, Nowela yang menyanyikan lagu Membawa Cinta sukses mengalahkan Husein Alatas.

Sama seperti juara Indonesian Idol lainnya, Nowela juga sempat mengeluarkan beberapa single, antara lain Membawa Cinta (2014), Kehabisan Kata (2015), Cinta Kita Beda (2015), dan Kekasih Bukan (2016).

Nowela merupakan sosok yang selalu dekat dengan Regina. Keduanya kerap menghadiri acara bersama-sama. Terakhir, Nowela dan Regina sempat menghadiri resepsi pernikahan Rinni Wulandari dan Jevin Julian di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan.